Inilah 13 Cara Merawat Daerah Kewanitaan secara Tradisional

Cara Merawat Daerah Kewanitaan secara Tradisional – Merawat daerah kewanitaan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap harinya. Hal ini karena kondisi di daerah kewanitaan bersifat lembab. Sehingga sangat mudah untuk diserang bakteri dan jamur. Alhasil daerah kewanitaan Anda menjadi bau tidak sedap dan juga gatal. Oleh sebab itu, Anda harus menerapkan cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional setiap hari. Dengan begitu, daerah kewanitaan Anda menjadi sehat dan juga wangi.

Cara Merawat Daerah Kewanitaan secara Tradisional

Cara Merawat Daerah Kewanitaan secara Tradisional
Cara Merawat Daerah Kewanitaan secara Tradisional

Tahukah Anda, untuk merawat kesehatan alat reproduksi wanita lebih membutuhkan perhatian khusus dibanding dengan alat reproduksi pria. Hal ini karena di dalam alat reproduksi wanita, terdapat berbagai macam lapisan, saraf, dan juga bagian yang sangat sensitif dibandingkan alat reproduksi pria. Oleh sebab itu bila Anda melakukan perawatan pada daerah kewanitaan Anda, harus berhati – hati dan tidak boleh asal. Tujuannya agar daerah kewanitaan Anda tetap sehat.

1. Menggunakan Air Dingin dan Hangat

Penggunaan air dingin dan hangat, bertujuan untuk menjaga pH kulit yang ada di daerah kewanitaan Anda. Air hangat digunakan untuk membuat pori – pori kulit menjadi terbuka. Sehingga akan memudahkan Anda untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam pori – pori kulit tersebut. Kemudian air dingin digunakan untuk menutup pori – pori kulit yang telah dibersihkan. Tujuannya agar kotoran yang ada di daerah kewanitaan, tidak mudah masuk.

2. Menggunakan Air Biasa

Cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional yang berikutnya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan air biasa. Anda hanya perlu membasuh daerah kewanitaan Anda dengan air biasa secara perlahan. Dengan begitu daerah kewanitaan Anda akan terbebas dari bakteri dan jamur, yang mengakibatkan bau tidak sedap. Hal ini karena kondisi daerah kewanitaan sangatlah lembab. Oleh sebab itu, Anda harus membasuh daerah kewanitaan Anda sesering mungkin. Khususnya setelah buang air kecil.

3. Menggunakan Daun Lemon

Pada daun lemon, terdapat kandungan limonene yang memiliki sifat antibiotik, anti alergi, dan juga anti mikroba. Daun lemon ini digunakan untuk meminimalisir bau tidak sedap yang ada di daerah kewanitaan Anda. Anda hanya perlu membuat ramuan herbal dari daun lemon tersebut. Caranya rebus 5 lembar daun lemon selama 10 menit. Kemudian diamkan sampai ramuannya dingin. Lalu basuh daerah kewanitaan Anda dengan menggunakan ramuan daun lemon tadi.

4. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Khususnya kulit yang ada di daerah kewanitaan. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya tersebut untuk membersihkan dan merawat daerah kewanitaan. Caranya sangatlah mudah, Anda siapkan 1 buah lidah buaya. Kemudian potong lidah buaya menjadi dua. Lalu ambil gel lidah buaya dengan menggunakan sendok. Selanjutnya campurkan gel lidah buaya ke dalam air. Basuh vagina dengan gel tersebut.

5. Menggunakan Yoghurt

Ada banyak manfaat yang ada dalam yoghurt. Seperti menjaga kesehatan badan. Namun tahukah Anda, yoghurt ternyata ampuh digunakan untuk merawat daerah kewanitaan Anda. Hanya dengan mengoleskan yoghurt ke daerah kewanitaan Anda, maka dapat menghilangkan bau tidak sedap yang muncul akibat adanya jamur dan bakteri jahat di sekitar vagina. Cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional ini tergolong aman untuk diterapkan.

Baca Juga: Ini Dia 12 Cara Memutihkan Daerah Kewanitaan Yang Perlu Anda Tahu!

6. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih dipercaya ampuh untuk merawat dan membersihkan daerah kewanitaan. Hal ini karena daun sirih memiliki kandungan anti bakteri, yang dapat menangkal tumbuhnya jamur di daerah kewanitaan Anda. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menggunakan 7 lembar daun sirih hijau atau merah.  Kemudian rebus hingga 5 menit. Lalu dinginkan air rebusan daun sirih tersebut. Bila sudah, Anda basuhkan ke daerah kewanitaan Anda secara perlahan.

7. Menggunakan Kunyit

Cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional berikutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah – rempah yang biasa digunakan untuk membuat masakan rumahan. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata kunyit ini, memiliki manfaat untuk merawat daerah kewanitaan. Anda bisa menggunakan ramuan kunyit untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di daerah kewanitaan. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menumpuk kunyit dan asam jawa sampai halus. Kemudian larutkan ke dalam air hangat. Lalu minum airnya.

8. Rajin Membersihkan Vagina saat Menstruasi

Ketika Anda sedang mengalami menstruasi, maka Anda harus rajin untuk membersihkan daerah kewanitaan. Hal ini karena kondisi daerah kewanitaan saat menstruasi, dua kali lebih lembab dari biasanya. Oleh sebab itu, Anda harus sering mengganti pembalut setiap kali buang air kecil. Sangat disarankan untuk membersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat. Tujuannya agar daerah kewanitaan Anda terbebas dari bakteri, yang membuat vagina terasa gatal.

9. Mencukur Bulu Kemaluan

Bulu kemaluan bertugas untuk melindungi alat reproduksi dari keringat, bakteri, gesekan, dan kotoran, agar tidak mudah masuk. Usahakan untuk tidak membiarkan bulu kemaluan Anda memanjang dan tidak terawat. Hal ini akan membuat daerah kewanitaan mengeluarkan bau tidak sedap, akibat dari bakteri yang menempel di bulu kemaluan Anda. Oleh sebab itu, rutinlah untuk mencukur daerah kemaluan Anda. Gunakan krim khusus agar vagina Anda tidak lecet.

10. Hindari Penggunaan Sabun Mandi

Sabun mandi sangat tidak disarankan untuk digunakan di daerah kewanitaan. Itu karena daerah kewanitaan tersebut harus dalam kondisi pH 3,5 hingga 4,5. Oleh sebab itu bila Anda sering membersihkan daerah kewanitaan dengan menggunakan sabun mandi, harus dihentikan sekarang juga. Kegiatan tersebut hanya akan membuat daerah kewanitaan Anda menjadi gatal – gatal, bau tidak sedap, jamur, iritasi, ruam, hingga gangguan kulit lainnya.

11. Menggunakan Celana Dalam secara Tepat

Penggunaan celana dalam yang tepat adalah cara yang ampuh dalam merawat daerah kewanitaan. Anda harus menggunakan celana dalam yang berbahan katun, agar daerah kewanitaan Anda memiliki sirkulasi udara. Sehingga tidak membuat kondisi daerah kewanitaan menjadi lembab. Tidak hanya itu, celana dalam katun juga dapat menyerap keringat. Hindari menggunakan celana dalam berbahan nilon, karena bersifat lembab dan panas.

12. Menjaga Pola Makan

Perawatan daerah kewanitaan ternyata juga bisa dilakukan dengan cara menjaga pola makan. Anda harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan setiap harinya. Hal ini karena makanan tersebut dapat meminimalisir pertumbuhan bakteri jahat, yang dapat membuat daerah kewanitaan Anda menjadi harum. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat. Tujuannya agar daerah kewanitaan Anda tidak mengeluar bau tidak sedap.

13. Jaga Vagina agar Selalu Kering

Cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional selanjutnya adalah menjaga vagina agar selalu kering. Hal ini akan membuat daerah kewanitaan Anda terbebas dari kondisi lembab. Sehingga daerah kewanitaan Anda tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Bila celana dalam Anda sudah mulai basah, maka segeralah untuk mengganti dengan yang kering. Pastinya kondisi daerah kewanitaan yang selalu kering, akan membuat Anda nyaman selama beraktivitas.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar Terhindar Dari Penyakit

Ada banyak cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional yang bisa Anda lakukan di rumah. Cara tersebut sangatlah mudah dan aman untuk diterapkan setiap hari. Hal ini karena bahan yang digunakan tergolong tradisional yang sudah dipastikan keamanannya. Namun perlu Anda ingat bahwa harus menerapkan setiap cara dengan benar. Tujuannya agar daerah kewanitaan Anda menjadi terawat, sehat, dan harum setiap harinya.

About Alvindayu

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *