11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga, Jarang Orang Tahu

By

Hampir semua orang beranggapan bahwa memiliki tubuh gemuk adalah mimpi buruk dalam hidupnya. Apalagi bagi mereka yang perempuan. Sehingga mereka akan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Karena dengan memiliki postur tubuh yang ideal mampu menunjang penampilan dan menambah rasa percaya dirinya ketika melakukan sesuatu atau berjalan-jalan di tempat umum. Adakah cara menurunkan berat badan tanpa diet?

Tentu ada, bahkan ada banyak cara yang bisa dilakukan. Hanya saja masih ada banyak orang yang belum mengetahuinya. Jika kamu juga belum tahu, berikut  ini adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menurunkan berat badan tanpa harus repot melakukan diet.

1.  Minum air putih secara rutin

Cara menurunkan berat badan tanpa diet yang pertama untuk menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga yang bisa kamu lakukan secara mudah adalah dengan rutin meminum air putih. Apabila kamu tidak bisa meminum air putih secara berlebihan, maka bisa diganti dengan cara meminum meminum air jeruk atau meminum minuman yang berkarbonasi. Nah minuman berkarbonasi yang dimaksud di sini adalah air putih biasa yang dialiri gelembung gas karbondioksida. Kenapa bisa? Karena minuman tersebut tidak mengandung gula dan tidak mengandung kalori. Sehingg dengan tidak adanya kandungan ini mampu membuat kamu merasa kenyang yang lebih lama. Contoh dari minuman berkarbonasi seperti sparkling water.

2. Sarapan setiap hari

Sarapan setiap pagi di setiap harinya dipercaya mampu menurunkan berat badan seseorang. Namun banyak orang yang salah anggapan dengan ini. Mereka menganggap bahwa, dengan tidak sarapan saat pagi hari dipercaya mampu mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubunya sendiri.

Kenyataan yang benar itu, jika seseorang tidak sarapan setiap hari maka akan memaksa dirinya untuk lebih sering makan di sepanjang hari. Maka dari itu, yuk mulai rutin untuk sarapan disetiap harinya jika kamu sangat mendambakan memiliki postur tubuh yang ideal!

3. Mengunyah makanan secara pelan-pelan

Cara menurunkan berat badan tanpa diet ketiga adalah dengan kunyah makanan secara perlahan. Dengan cara mengunyah makanan secara pelan-pelan saat makan kamu telah berkontribusi pada tubuhmu sendiri untuk membentuk postur yang ideal. Kenapa bisa? Karena ketika makan secara perlahan-lahan kamu akan lebih cepat merasa kenyang. Selain itu juga, makanan yang kamu makan akan lebih mudah untuk dicerna oleh enzim-enzim di mulut. Begitu juga kalori yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit.

4. Tidurlah dalam waktu 7-8 jam perhari setiap hari

Ini merupakan cara yang paling mudah jika ingin menurunkan berat badan tanpa perlu susah-susah berdiet atau melakukan olahraga secara rutin. Pernyataan ini telah dibuktikan dengan sebuah jurnal yang dipublikasiakan pada tahun 2013 dalam “Jurnal Nature Communications”. Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa, mereka yang kurang tidur dalam satu hari akan lebih banyak membutuhkan asupan makanan, secara tidak langsung akan menambah jumlah asupan makanan berkalori tinggi yang masuk ke dalam tubuhnya. Ini akan menyebabkan berat badannya semakin meningkat.

Hal ini diakibatkan oleh sinyal otak manusia yang berfungsi memberi informasi kenyang akan terganggu kinerjanya saat seseorang melakukan aktivitas ketika mengantuk. Tentunya, akan terlambat memberi tahu keadaan kenyang meskipun sudah memakan makanan yang banyak.

5. Jauhkan diri dari makanan tertentu

Cara menurunkan berat badan tanpa diet  kelima adalah dengan menjauhkan diri dari maknaan tertentu. Maksud menjauhkan diri dari makanan tertentu adalah, menjauhkan diri kamu dari makanan yang mengandung MSG, makanan yang mengandung cokelat atau cokelat, permen, keripik, aneka jenis cookies, dan permen.

Kamu bisa untuk tidak memakan makanan tersebut, namun ketika berada di depan mata maka kamu tak akan pernah bisa mengontrol diri. Oleh karenanya, jika ingin memiliki tubuh ideal cobalah untuk menjauhkan diri dari makanan yang disebutkan di atas.

6. Saat makan, jauhkan diri dari barang elektronik

Cara ini bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan. Saat makan, jauhkanlah diri dari perangkat elektronik seperti Tv, Hp, atau komputer. Karena, jika kamu makan sambil menonton Tv atau bermain Hp maka konsentrasimu akan terpecah. Saat konsentrasi ini terpecah, kamu tak akan pernah sadar seberapa banyak makanan yang telah kamu habiskan. Bukan itu saja, ketika seseorang makan dengan konsentrasi yang tepecah akan lebih cepat merasakan lapar.

7. Konsumsi lebih banyak makanan berserat

Cara menurunkan berat badan tanpa diet  ketujuh adalah dengan konsumsi lebih banyak makanan berserat. Makanan berserat adalah salah satu contoh jenis makanan yang mampu membantumu untuk menurunkan berat badan. Karena makanan berserat bisa berubah menjadi gel ketika bertemu dengan air. Nah dari gel yang telah dibentuk inilah mampu memenuhi lambung dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa kembali diserap oleh tubuh. Dengan demikian, kamu akan merasa kenyang lebih lama dari biasanya.

8. Saat makan, gunakanlah piring yang berwarna merah

Mungkin sedikit terdengar aneh bagi sebagian orang. Tapi sesungguhnya dengan menggunakan piring berwarna merah ketika makan mampu mengurangi nafsu seseorang ketika makan. Berbeda halnya dengan menggunakan piring berwarna putih atau piring berwarna biru.

Hal tersebut terjadi karena, sesuatu yang berwarna merah akrab diiibaratkan sebagai otak. Yang mana memiliki tanda atau peringatan kepada seseorang untuk berhenti makan. Unik bukan?

9. Jangan pernah takut dengan makanan yang mengandung karbohidrat

Cara menurunkan berat badan tanpa diet  ke 9  jangan takut makan makanan berkarbohidrat. Ketika kamu mendambakan untuk memiliki berat badan yang ideal, janganlah takut terhadap makanan yang mengandung karbohidrat, karena ini mampu menyiksa dirimu sendiri. Hanya saja, ketika akan memakan makanan yang mengandung karbohidrat pilihlah makanan yang memiliki serat tinggi, seperti nasi merah, kentang, roti gandum, atau makanan lainnya.

10. Jangan pernah takut untuk mengkonsumsi pemanis buatan

Bagi kebanyakan orang akan enggan untuk mengkonsumsi makanan  yang memiliki pemanis buatan karena takut berat badannya meningkat. Namun, kali ini kamu tidak usah takut lagi terhadap makanan yang berisi pemanis buatan. Pemanis buatan di sini seperti, hiasan kue, bumbu makanan, atau saus.

Sejatinya pemanis buatan itu adalah sebuah hiasan yang terdapat pada makanan untuk menarik minat seseorang untuk memakannya. Namun ketika kamu mengkonsumsi makanan yang berisi pemanis buatan, tetap untuk tidak berlebihan.

11. Kurangi untuk meminum minuman berwarna

Cara menurunkan berat badan tanpa diet ke 11, apabila mendambakan memiliki berat badan yang ideal tanpa olahraga atau diet, sebaiknya kamu harus bisa mengontrol diri untuk mengurangi minuman yang memiliki warna. Memang minuman ini akan menarik jika ada di depan matamu, namun minuman berwarna memiliki kandungan kalori yang tinggi. Tentu ketika kamu telah meminum minuman berwarna tak akan pernah bisa mengurangi rasa lapar.

Jika kamu haus, alangkah baiknya untuk meminum air putih biasa, air mineral, atau jus buah asli. Atau bisa kamu alihkan dengan meminum jus sayuran murni yang bernutrisi dan memiliki rendah kalori sehingga mampu juga menahan rasa lapar kamu.

Itulah 11 cara menurunkan berat badan tanpa diet atau olahraga dengan alami. Ingat, cara tersebut harus dilakukan secara rutin di setiap harinya. Jangan hanya baru melakukan beberapa hari atau minggu memilih menyerah. Karna semuanya butuh proses untuk hasil yang maksimal.

Tinggalkan komentar