4 Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah yang Mudah Dilakukan

By

Sumbersehat.com – Cara menurunkan berat badan di rumah, cocok dipratikkan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Sebab, melakukan aktivitas di luar rumah adalah hal yang cukup mengkhawatirkan. Meskipun begitu banyak orang yang tetap semangat untuk menurunkan berat badan meskipun di rumah saja.

Tidak kita pungkiri, bahwasanya ketika lebih banyak waktu yang kita gunakan di rumah akan memunculkan rasa untuk lebih banyak makan. Bahkan lebih dari itu, tubuh kita juga jarang bergerak dan lebih banyak rebahan. Nah, bagi yang pusing dengan berat badan yang bertambah, ikuti cara menurunkan berat badan di rumah!

Inilah Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah

Meski di rumah saja namun memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan ternyata masih sangat bisa untuk dilakukan. Karena ada cara menurunkan berat badan di rumah yang cukup mudah untuk Anda praktekkan, diantaranya:

Tetaplah Bergerak Meskipun di Rumah Saja

Cara menurunkan berat badan di rumah yang pertama adalah tetaplah bergerak. Lakukanlah aktivitas berupa gerakan apa saja seperti yoga, berkebun bahkan membersihkan rumah dapat membantu Anda dalam membakar kalori.

Baca juga : 7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 30 Hari

Cobalah mulai sekarang jadwalkan aktivitas bergerak yang sekiranya memungkinkan untuk Anda lakukan. Jika Anda kesulitan melakukannya, cari kelas olahraga yang menawarkan streaming. Atau jika Anda suka menonton Youtube di sana ada banyak referensi olahraga yang dapat Anda lakukan selama di rumah saja.

Pastikan Tercukupi Kebutuhan Cairan di Dalam Tubuh

Cara menurunkan berat badan di rumah yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah terpenuhinya cairan di dalam tubuh. Ketika seseorang mengalami dehidrasi maka akan berakibat pada asupan makan yang berlebih.

Maka sudah bisa dipastikan bukan apa yang akan terjadi berikutnya? Ya, jika Anda mengabaikan kebutuhan cairan dalam tubuh maka tidak heran jika Anda akan makan lebih banyak. Minumlah lebih banyak air putih, setidaknya 2 liter sehari atau bisa disesuaikan dengan berat dan kondisi badan.

Konsumsilah Makanan Berserat Lebih Banyak

Apa saja yang termasuk makanan berserat itu? Buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa memakan makanan berserat membuat kenyang lebih lama. Itu berarti cocok untuk cara menurunkan berat badan di rumah

Selain itu, manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan adalah dapat meningkatkan kesehatan usus dan berisiko rendah terkena penyakit kronis. Latihlah diri Anda untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran mulai saat ini juga.

Karena salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap naik atau turunnya berat badan adalah dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Mengonsumsi makanan berserat adalah cara menurunkan berat badan di rumah yang sangat direkomendasikan bagi Anda.

Kurangilah Aktivitas Duduk dan Rebahan

Lebih banyak duduk dan rebahan menyebabkan tubuh kita kurang bergerak. Namun justru dua aktivitas inilah yang paling menggoda untuk dilakukan ketika kita lebih banyak di rumah. Padahal ketika kita lebih banyak duduk ataupun rebahan dapat berdampak negatif pada tubuh.

Dampak tersebut adalah munculnya masalah punggung hingga berpengaruh terhadap naik dan turunnya berat badan. Hal ini dikarenakan kalori akan lebih sulit untuk terbakar yang mengakibatkan berat badan Anda akan naik. Solusinya adalah cobalah untuk lebih banyak melakukan aktivitas berdiri maupun peregangan ringan.

Baca juga : 6 Tips Diet Santai dengan Melakukan Puasa Intermiten

Aktivitas seperti menerima telepon atau di depan komputer cobalah untuk melakukannya sembari berdiri. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang berdiri enam jam sehari dapat mengalami penurunan berat badan lebih cepat.

Demikian cara menurunkan berat badan di rumah yang cukup mudah untuk Anda lakukan bukan? Beberapa hal seperti memakan sayuran, melakukan peregangan, meminum air putih lebih banyak mungkin masih jarang Anda lakukan. Padahal ini sangat berpengaruh terhadap naik maupun turunnya berat badan Anda.

Jika Anda belum bisa melakukan keempat cara menurunkan berat badan di rumah di atas sepenuhnya. Maka, cobalah untuk memulai dari hal yang menyenangkan untuk Anda lakukan. Mungkin Anda dapat memulainya dengan membuat jadwal olahraga terlebih dahulu sehingga memastikan tubuh Anda tetap bergerak meski di rumah saja.

Dapatkan tips diet sehat dan cepat lebih banyak lagi dan lebih ampuh lagi dengan selalu menyimak artikel-artikel dari Sumber Sehat.

Tinggalkan komentar