21 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sehat dan Alami Tanpa Risiko

By

Berat badan yang ideal dan sehat adalah harapan yang dimiliki semua orang. Banyak orang menilai mempunyai kelebihan berat badan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, mulai dari gangguan pernapasan sampai stroke dapat terjadi. Oleh karena itu, kita memerlukan cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami terutama bagi penyandang obesitas atau orang yang mempunyai obesitas.

Bagaimana sih kita mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat? Hal tersebut dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi asupan yang sehat, olahraga yang rutin dan mulai memulai gaya hidup yang mendukung kesehatan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat dan Alami

Pernahkan anda mendengar GIGO, Garbage In Garbage Out?

Artinya semua yang masuk ke dalam tubuh kita yang baik maka akan menghasilkan hasil yang baik dan semua hal buruk yang masuk akan menghasilkan hal yang buruk.

Sebelum kita lanjut, mari kita bahas hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam menurunkan berat badan khususnya bagi yang kelebihan berat badan atau belum mempnyai bobot yang ideal. Inilah yang perlu diperhatikan dalam menurunkan berat badan:

Sarapan

Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami pertama kita harus menjaga asupan sarapan pagimu, karena sarapan pagi merupakan kunci dalam menurunkan berat badan. Asupan makanan yang sehat dan rendah lemak serta mengandung serat kita butuhkan di pagi hari.

Konsumsi makanan seperti gandum, aneka buah, telur, sayur serta yogurt rendah lemak, atau kita langsung menggabungkannya dan membuatnya menjadi smoothies. Untuk telur kita dapat mengolahnya menjadi berbagai variasi, seperti orak-aik, omelet dan sebagainya.

Cemilan Pagi

Yang kedua setelah arapan, perhatikan cemilan pagi kita. Caranya perbanyak asupan tubuh seperti buah-buahan yang segar.

Perbanyak konsumsi buah-buahan, karena setelah sarapan biasanya kita merasa lapar dan cara kita menghilangkan adalah memakan buah. Cara ini sangat efektif terutama bagi yang ingin menurunkan berta badannya. Buah dapat ita konsumsi langsung atau kita olah dulu menjadi salad buah.

Makan Siang

Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alamiketiga adalah mengatur makan siang kita. Mulailah mengonsumsi sayur-sayuran dan buah, bisa dalam bentuk salad atau olahan lainnya. Tambahkan sedikit protein seperti ayam dan  ikan tuna. seperti

Jauhilah makanan dengan lemak yang jenuh seperti aneka olahan keju atau pasta. Sebagi gantinya kita dapat mengkonsumsi makanan dengan lemak tak jenuh seperti singkong atau alpukat.

Cemilan Siang

Yang keempat adalah, memperhatikan cemilan siang. Setelah makan siang biasanya perut kita merasa lapar kembali.

Cara mengilangkan rasa lapar yang baik adalah dengan mengkonsumsi buah dan biji-bijian. Konsumsi biji-bijian seperti almond atau kenari sebagai cemilan.

Makan Malam

Makan  adalah hal kelima yang perlu diperhatikan. Konsumsi sayur dan buah serta ditambah protein seperti dada ayam atau salmon. Pilihlah bahan makanan yang segar dan bagus bukan yang diawetkan.

Minuman

Anda juga harus memerhatikan asupan minuman dalam tubuh. Yaitu dengan cara konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup banyak, jika dihitung, minimal 2 liter per hari. Bisa juga dipadukan dengan minum the hijau atau kopi tetapi dengan takaran dan ukuran yang tepat

Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat dan Alami

Menurunkan berat badan yang sehat memerlukan pengetahuan, komitmen dan konsistensi. Perlu tekad dalam melakukannya.

Inilah beberapa tips yang diperlukan untuk menurunkan berat badan secara sehat dan yang pasti alami, mari kita langsung masuk ke pembahasannya.

Menambah Asupan Protein

Dalam menurunkan berat badan, protein menjadi nutris yang paling berpengaruh. Pada saat kita mengkonsumsi protein, maka terjadilah pembakaran kalori. Makin banyak protein yang masuk maka pembakaran kalori makin tinggi.

Makanan yang mengandung protein seperti telur, ayam dan tempe/tahu. Protein dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan nafsu makan menjadi berkurang.

Menghindari makanan kemasan atau olahan

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami adalah hindarilah konsumsi makanan kaleng atau kemasan yang banyak dijual. Mengapa?

Karena makanan tersebut mempunyai kandungan kalori, gula dan lemak yang tinggi. Jika kita mengurangi konsumsi bahan makanan ini, secaraa tidak langsung kita membantu udaha kita menurunkan berat badan.

Memenuhi stok makanan dan camilan sehat di rumah

Menjalani diet dalam menurunkan berat bedan tidak berarti tidak makan atapi mengganti asupan makan yang kita konsumsi menjadi yang sehat dan organik.

Cobalah mengganti makanan yang kurang sehat menajdi makanan yang sehat. Mulai menyimpan buah, kacang-kacangan dan telur rebus serta yogurt sebagi camilan sehat kita.

Membatasi konsumsi gula

Kita Kadang tidak sadar, mengkonsumsi gula melebihi kadar yang di rekomendasikan secara medis. Kelebihan konsumsi gula akan disimpan dalam bentuk lemak dan membuat bobot kita semakin meningkat. Kurangi makan makanan kemasan dan carilah alternatif pemanis yang sehat selain gula.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami lainnya adalah dengan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Konsumsi  sayur dan buah merupakan salah satu cara efektif untuk diet dan mengurangi berat badan secara alami. Kandungan vitamin, serat dan mineral sangatlah tinggi, dan juga kandungan kalorinya juga rendah.

Konsumsilah sayur dan buah yang ditanam secara organik, karena selain lebih sehat dan kandungan nutrisi di dalamnya lebih tinggi. Buah seperti apel, jeruk, kiwi, alpukat, melon dan pisang ini sangat cocok untuk membantu proses diet tubuh.

Banyak Minum Air Putih

Minum air putih sangat baik bagi tubuh kita. Minum air putih sebelum makan sangat dianjurkan, karena dapat meningkatkan metabolisme serta membuat Anda lebih kenyang.

Air putih tidak mengandung kalori, tapi mengandung mineral yang diperlukan bagi tubuh. Gantilah minuman soda atau minuman yang mengandung gula, kemudian gantilah dengan minum air putih. Ini merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami paling disarankan.

Mengganti makanan menjadi Rendah Lemak

Gantilah makanan yang kita konsumsi dengan yang mengandung rendah lemak. Makanan seperti susu, yogurt dan bahan makanan yang Anda konsumsi, carilah dengan versi yang lebih rendah kandungan lemak jenuhnya.

Rutin minum kopi tanpa gula

Apakah anda tahu kalau kopi cocok dikonsumsi bagi yang menjalankan diet? Kopi dapat menambah energi dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Kafein di dalam kopi membantu proses metabolisme serta mengurangi resiko diabetes.

Kopi yang harus dikonsumsi bukanlah seperti es kopi yang kekinian yang banyak mengandung gula, tapi kopi hitam yang tidak mengandung gula.

Minum teh hijau tanpa gula

Teh hijau membantu meningkatkan energi di tubuh dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Konsumsi the hijau sangat dianjurkan untuk menunjang diet Anda. Ini adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami paling sering dan paling banyak orang lakukan.

Membatasi konsumsi karbohidrat

Nasi dan roti adalah jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Mengkonsumsi nasi dan roti yang berlebihan akan meningkatkan kandungan gula dalam darah.

Kandungan gula yang berlebih akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak, dan membuat bobot tubuh kita makin besar.

Kita tidak bukan tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat tapi menggantinya dengan karbohidrat yang lebih kompleks, seperti : nasi merah atau roti gandum.

Mengatur porsi makan

Sesuaikan porsi makan kita banyak, sesuaian kandungan kalorinya. Anda dapat konsultasi dengan ahli gizi untuk mengatur porsi makan sesuai kalori dan nutrisi yang kita butuhkan. Ini adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami paling wajib dilakukan.

Makan dengan perlahan

Makan secara perlahan dan kunyahlah sebanyak 33 kali. Makan secara perlahan dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk, dan mengunyah sebanyak 33 kali dapat membantu proses proses pembakaran kalori.

Mengunyah secara perlahan dapat memberi waktu otak untuk memberitahu jika perut kita kenyang sehingga kita makan tidak sebanyak biasa.

Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup sangat dibutuhkan dalam diet sehat. Kurang tidur dapat mengganggu produksi hormon yang mengatur nafsu makan. Hal ini akan membuat anda sering makan.

Mengkonsumsi probiotik

Mengkonsumsi probiotik amat baik bag tubuh kita, karena dalam probiotik terdapat banyak bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Makan seperti tahu, tempe, yogurt sangat baik. Konsumsi prebiotik dapat juga mencegak penumpukan lemak dan mengurangi nafsu makan.

Mulai rajin berolahraga

Olahraga atau aktivitas fisik sangat baik membakar kalori. Maka perbanyaklah aktivitas tersebut, karena makin banyak kalori yang terbakar maka makin cepat berat badan kita turun. Ini adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami paling bagus, selain bisa nurunin berat badan juga bisa bikin tubuh sehat.

Jogiing, senam pagi atau naik sepeda dapat meningkatkan massa otot dan mengurangi endapat lemak dalam darah serta meningkatkan metabolisme tubuh,

Cara Diet dengan Ketofastosis

Disamping cara diet konvensional, ada pula cara diet yang saat ini populer yaitu diet ketofastosis. Diet ini mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak serta protein.

Diet ketofastosis mengatur asupan yang masuk yaitu 75% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat. Diet keto ini dibarengi juga dengan berpuasa.

Diet ketofastosis baik untuk pengobatan neurologis seperti epilesi. Diet ini dapat meningkatkan sensivitas insulin sehingga baik bagi enderita diabetes tipe-2. Dan dapat mengurangi penggunaan obat diabetes.  Untuk diet ini akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Diet dalam mengurangi berat badan selain membutuhkan pengaturan asupan makanan tapi membutuhkan tekad, konsistensi dan kedisiplinan. Jika kita tidak konsisten, maka penurunan berat badan akan membutuhkan waktu yang lama.

Tinggalkan komentar