Cara Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar Dengan 5 Langkah Mudah

Cara menjaga tubuh sehat dan bugar dengan 5 langkah mudah. Tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang dari berbagai jenis kalangan, baik kaya ataupun miskin, tua ataupun muda dan lain sebagainya. Dengan tubuh yang memiliki kebugaran optimal, anda dapat melakukan banyak aktifitas tanpa takut terjangkit penyakit yang sewaktu-waktu mengintai bukan?

Inilah yang membuat kesehatan merupakan hal berharga yang harus dijaga oleh semua orang tak terkecuali anda. Berbagai macam produk kesehatan dipasarkan untuk membuat daya tahan tubuh selalu kuat. Orang juga ramai memeriksakan dirinya ke dokter walaupun tubuh tidak memiliki gejala penyakit tertentu. Hal ini dilakukan tentu saja untuk menjaga kestabilan tubuh agar tetap sehat dan bugar

tubuh sehat
tubuh sehat

Jika tubuh sakit, bukan hanya kegiatan sehari-hari yang terganggu. Anda harus menguras persediaan uang anda untuk pergi ke dokter. Belum lagi berapa obat-obatan yang harus anda minum setiap harinya. Kondisi ini tidak akan anda alami jika tubuh sehat dan tidak bermasalah dengan sakit tertentu. Oleh karena itu anda harus menjaga daya tahan tubuh tetap optimal dan mengatur gaya hidup yang anda adopsi.

Hal yang perlu dihindari agar menjaga tubuh sehat

Gaya hidup di zaman modern ini kerap kali memprihatinkan. Hal ini dikarenakan kemunculan makanan-makanan instan yang terlihat menggugah selera padahal berpengaruh buruk pada kesehatan seseorang. Meskipun instan dan penyajian yang cepat yang berguna bagi para pekerja yang tak memiliki waktu istirahat yang cukup. Namun tetap saja makanan instan tak sepenuhnya memerhatikan gizi yang ada dalam makanan.

Selain itu, kebiasaan tidak tidur hingga larut malam membuat kesehatan seseorang terganggu. Begadang tidak baik karena dapat mengundang berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh sehat. Factor angin malam dan udara dingin yang berhembus lah yang membuat tubuh cepat merasakan sakit. Akibatnya anda akan mendapati tubuh yang merasa lemas ketika bangun di pagi hari.

Oleh karena itu penting untuk memulai hidup sehat dengan perilaku yang menjaga tubuh dari serangan penyakit-penyakit berbahaya. Dewasa ini ada banyak langkah alami dan modern yang bisa anda mulai. Tergantung dengan selera anda dalam merawat daya tahan tubuh menjadi lebih maksimal.

Bila anda ingin tahu cara yang murah dan mudah untuk dilakukan, mengapa anda harus memilih cara dengan uang yang lebih mahal? Anda penasaran bagaimana cara-cara alami membuat tubuh sehat? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rutin mengonsumsi makanan berserat

Makanan berserat merupakan salah satu makanan yang memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan tubuh. Selain itu, tubuh akan terhindar dari serangan bakteri yang merugikan bagi kesehatan. Tidak hanya itu, untuk anda yang menderita sembelit yang selalu melilit, mengonsumsi makanan berserat adalah solusi utamanya. Melalui makanan tersebut, pencernaan akan terangsang sehingga akan mudah untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh kira.

Tubuh sehat adalah tubuh yang rutin mengeluarkan kotoran secara teratur sehingga apabila anda rutin mengonsumsi makanan berserat anda akan merasakan tubuh yang lebih segar dan bugar. Kotoran yang menumpuk di tubuh akan berubah menjadi racun sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Tumpukan lemak akan membuat tampilan tubuh tidak menarik dan mudah lemas.

2. Jangan pernah tinggalkan sarapan di waktu pagi

Jangan lupa untuk selalu sarapan sebelum anda memulai hari. Sarapan merupakan hal terpenting untuk membuat tubuh lebih bersemangat menjalani hari. Bahkan para ahli telah menganjurkan untuk selalu melakukan sarapan setidaknya sebelum pukul 9 pagi. Bila anda tidak sarapan dengan kondisi perut kosong, tubuh akan mudah lemas.

Akibatnya, anda tidak bersemangat menjalani aktifitas sehari-hari.  Sarapan juga akan mencegah resiko obesitas dan menjaga agar tubuh sehat dan sempurna.

3. Konsumsi makanan dengan 4 sehat dan 5 sempurna

Makanan 4 sehat dan 5 sempurna membuat kondisi tubuh lebih optimal. Adapun makanan tersebut meliputi nasi, sayur, lauk, buah dan susu. Nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia merupakan sumber karbohidrat yang berguna sebagai tenaga bagi tubuh. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena malah akan membuat tubuh lemas sehingga malas menjalani kegiatan sehari-hari.

Susu mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kekokohan tulang. Selain itu, susu dapat meningkatkan performa energy lebih baik dibandingkan mineral lainnya. Inilah yang membuat anda yang memiliki anak dalam pertumbuhan mesti rutin meminum susu. Tubuh sehat akan mudah didapatkan bila anda membiasakan diri dan keluarga untuk rutin meminumnya.

Kemudian, kontrol pola makan anda. Jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Makanan yang dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi tumpukan lemak yang membuat anda memiliki berat badan berlebihan. Obesitas tentunya bukan hal yang nyaman bagi semua orang.

Selain membuat tampilan lebih tidak percaya diri, obesitas dapat mengundang resiko penyakit diabetes dan jantung koroner. Tekanan gula dalam darah akan selalu mengalami penaikan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih.  Hal tersebut akan mengganggu kinerja sebagai tubuh sehat.

4. Hindari mengonsumsi junk food atau makanan instan

Makanan instan dianggap praktis karena proses penyajian yang cepat serta rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan makanan jenis lainnya. Makanan ini selalu dikonsumsi sebagai pengganti makanan berat. Terlebih bagi para pekerja dan mahasiswa yang tinggal di asrama dan memerlukan penghematan uang. Makanan instan umumnya memiliki harga yang lebih bersahabat di kantong masyarakat Indonesia.

Namun, tahukah anda jika makanan instan sering mengandung hal yang tidak baik untuk tubuh. Dalam sebungkus mie instan misalnya banyak terdapat kandungan zat kimia yang memiliki dampak buruk bila terlalu sering dikonsumsi. Beberapa mie bahkan ada yang mengandung pengawet yang berbahaya bila masuk ke dalam tubuh sehat.

Tidak hanya mie instan saja, humberger, pizza, minuman-minuman bersoda dan makanan instan lainnya tidak baik bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk menghindarinya, konsumsi cukup 2 kali saja dalam seminggu. Lalu ganti dengan sayur dan buah yang lebih sehat untuk tubuh.

5. Rutin mengonsumsi air putih

Anda perlu minum air putih minial 1,5 liter atau 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehat.  Hal ini dikarenakan 70% dari tubuh kita terdiri dari cairan. Inilah alasan mengapa anda harus rutin mengonsumsi air putih. Tanpa campuran dengan air yang lain, cukup air putih secara alami akan menetralisir kandungan  racun yang terdapat dalam tubuh.

Air putih bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan dahaga saja tetapi penting untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan mudah merasakan kelelahan yang luar biasa. Berbeda dengan orang yang selalu membiasakan diri meminum air putih setiap hari secara rutin.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana menjaga agar tubuh sehatdengan langkah-langkah yang dapat anda terapkan sendiri di rumah. Semoga informasi ini membantu anda yang selalu ingin membuat tubuh selalu sehat dengan cara alami. Selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *