8 Cara Menjaga Paru-Paru yang Mudah untuk Dilakukan

Banyak orang mencari cara menjaga paru-paru agar tetap sehat. Tidak mengherankan sebab paru-paru punya peran yang penting bagi tubuh. Paru-paru bertugas meneruskan oksigen ke sel darah merah sekaligus membawa karbon dioksida keluar.

Apabila paru-paru bermasalah, maka sistem pernapasan manusia pun juga ikut terganggu. Gaya hidup modern yang tidak seimbang, lekat dengan polusi, kebiasaan tidak sehat, serta ancaman virus bisa menyebabkan kesehatan paru-paru terancam.

Memang ada obat untuk menjaga kesehatan paru-paru, tapi lebih baik menjaga dengan mengubah cara hidup. Sebab, efek obat-obatan, lama-kelamaan tidak baik serta tidak jangka panjang.

Ada beberapa cara menjaga paru-paru yang mudah untuk dilakukan, lho. Anda tidak perlu berobat atau ikut terapi. Cara menjaga paru-paru ini bisa dlakukan oleh siapa saja dan akan memberikan efek positif jangka panjang.

Ini 8 Cara Menjaga Paru-paru yang Wajib Anda Lakukan

Terapkan kebiasaan-kebiasaan berikut supaya paru-paru anda tetap sehat:

Rajin mencuci tangan

Apa hubungannya mencuci tangan dengan kesehatan paru-paru? Nah, mencuci tangan merupakan salah satu cara menjaga paru-paru yang paling gampang dilakukan. Dengan mencuci tangan yang benar, anda telah mengurangi risiko terkena infeksi dan virus yang bisa masuk lewat pori.

Bernapaslah dalam-dalam

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang juga mudah dilakukan adalah melakukan deep breathing atau bernapas dalam-dalam. Dengan teknik ini, udara yang masuk ke dalam rongga paru-paru akan lebih banyak sehingga kerjanya juga lebih maksimal.

Hindari kebiasaan merokok

Rokok mengandung zat kimia berbahaya seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida. Menghirup sebatang rokok berarti memasukkan zat-zat tersebut ke dalam paru-paru anda. Jika anda ingin hidup dengan paru-paru yang sehat sampai tua maka jangan merokok.

Selain berbahaya bagi diri sendiri, merokok juga bisa membahayakan orang lain yang menghirup asap rokok anda. Maka, mulai sekarang kurangi kebiasaan merokok pelan-pelan, lalu hilangkan sebagai cara menjaga paru-paru.

Konsumsi makanan yang baik untuk paru-paru

Mengonsumsi makanan seperti apel, sayuran hijau, bawang putih, dan ikan salmon juga menjadi cara menjaga kesehatan paru-paru anda. Apel mengandung senyawaphytochemical. Fungsi dari senyawa ini yaitu mengurangi peradangan.

Sayur hijau dan bawang putih mengandung antioksidan. Sedangkan ikan salmon baik dikonsumi karena tinggi omega 3. Bisa dikatakan makan-makanan tersebut sebagai obat untuk menjaga kesehatan paru-paru alami.

Jaga kebersihan lingkungan

Terkadang anda tidak bisa mengontrol apa yang terjadi di luar. Mungkin setiap hari anda melewati jalanan yang penuh polusi. Atau mungkin anda bekerja di tempat yang banyak perokok aktifnya. Lingkungan yang seperti ini bisa memberikan efek buruk bagi paru-paru anda.

Sebaiknya pakai masker untuk menghindari paparan polutan dari luar. Selain itu, pastikan lingkungan rumah anda juga bersih dan bebas debu. Rajin-rajin membuka jendela agar sirkulasi udara lancar.

Ganti pengharum ruangan sintetis dengan diffuser atau wewangian alami. Bila perlu, anda bisa menanam tanaman hijau di rumah sebagai sumber oksigen tambahan. Langkah itu bisa menjadi cara menjaga paru-paru yang efektif.

Berolahraga secara teratur

Cara menjaga paru-paru selanjutnya yaitu membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur. Gerakan-gerakan pada saat berolahraga tidak hanya bisa menjaga kesehatan paru-paru, melainkan juga menjaga jantung.

Namun, hati-hati dalam memilih olahraga. Pastikan olahraga sesuai dengan umur dan porsi tubuh anda. Anda bisa memilih jogging, berenang, hingga senam aerobik, lakukan setidaknya 30 menit setiap hari.

Hindari paparan udara kotor

Menghindari paparan udara kotor atau polutan merupakan cara menjaga kesehatan paru-paru yang sering diabaikan. Jika anda sedang berada di lingkungan dengan udara yang tidak bersih, sebaiknya kenakan masker.

Memang mungkin terasa agak sesak karena belum terbiasa, tapi jika anda menggunakannya, maka bisa memberikan efek yang penting lagi. Misalnya, menggunakan masker jika bekerja di lingkungan berasap.

Udara kotor dapat membuat paru-paru anda dimasuki udara yang penuh dengan karbondioksida dan zat lain yang buruk. Sehingga, harus dihindari. Kebiasaan mengenakan masker juga wajib diterapkan seperti saat ini yang mana kita sedang dilanda wabah corona.

Baca juga : Berikut 5 Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan untuk Cegah Serangan Penyakit!

Check up kesehatan secara rutin

Check up rutin merupakan tindakan opsional, tetapi sebenarnya penting untuk dilakukan. Pengecekan secara berkala bisa memperlihatkan bagaimana kondisi paru-paru anda dari waktu ke waktu.

Apabila paru-paru anda sehat, maka anda bisa menerapkan cara menjaga paru-paru di atas untuk memelihara kesehatannya. Apabila ada kendala, anda berkonsultasi dengan ahlinya.
Nah, bagaimana? Untuk punya paru-paru yang sehat ternyata mudah sekali ya caranya! Yuk, mulai perhatikan kesehatan tubuh anda karena itu merupakan aset masa depan kita semua.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *