Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali memperhatikan kesehatan tubuh mereka khususnya bagian-bagian vital seperti hidung, mulut, dan tenggorokan. Hal ini disinyalir karena virus corona dapat masuk melalui saluran pernafasan dan menginfeksi bagian tubuh lainnya. Sehingga organ pertama yang harus selalu dijaga kesehatannya adalah tenggorokan.

Selain itu, kekhawatiran berlebih masyarakat membuat infeksi ringan pada tenggorokan menjadi penyakit yang begitu menakutkan. Apalagi di tengah musim yang tak menentu, semakin memperparah kondisi ini. Sehingga kebanyakan media terbanjiri oleh tips sampai cara yang tepat dalam menjaga tenggorokan. Untuk anda, ikuti cara menjaga kesehatan tenggorokan berikut ini!

cara menjaga kesehatan tenggorokan
kesehatan tenggorokan

Inilah Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Berikut ini tips menjaga kesehatan tenggorokan yang harus Anda lakukan di masa pandemic seperti sekarang ini:

Hindari berbagi alat makan

Mungkin bagi sebagian masyarakat hal ini menjadi kebiasaan atau tindakan wajar yang dilakukan sehari-hari. Namun, melihat kondisi sekarang rasanya anda harus menghindari kegiatan berbagi alat makan. Tentu hal ini disebabkan karena dengan berbagi alat makan semakin mempermudah bakteri masuk ke dalam tubuh anda.

Menghindari suhu dingin

Cara menjaga kesehatan tenggorokan yang kedua adalah dengan menghindari suhu dingin. Perlu anda ketahui bahwa di beberapa waktu, panas tubuh anda khususnya yang terdapat di leher dapat menghilang secara perlahan apabila tidak dijaga. Sehingga tanpa anda sadari, ketika panas di leher anda menurun, risiko beberapa penyakit seperti batuk, radang, demam, sampai flu dengan mudah menyerang anda.

Terdapat antisipasi yang bisa anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi. Salah satunya adalah menggunakan syal, pakaian tebal di area leher (turtle neck), dan menggunakan penghangat tubuh seperti minyak kayu putih di sekitar leher.

Kumur dengan air garam

Cara menjaga kesehatan tenggorokan yang satu ini mungkin tidak asing bagi anda yang lahir di tahun 90-an. Sebagai salah satu cara lama dalam menjaga kesehatan mulut maupun tenggorokan, berkumur air garam juga telah diteliti secara ilmiah. Nyatanya, kandungan di dalam garam dapat secara efektif menetralisir keadaan mulut dan tenggorokan anda.

Rajin menggosok gigi

Cara menjaga kesehatan tenggorokan ini bisa jadi terdengar sedikit tidak masuk akal bila dikaitkan dengan organ tenggorokan. Namun, bila anda menyadari manfaat dari menggosok gigi untuk menghindari bakteri dan membersihkan kuman yang anda di mulut, maka anda akan memahami hubungan di antara keduanya.

Secara tidak langsung kegiatan menggosok gigi mampu menghalau masuknya bakteri atau kuman untuk menginfeksi saluran pernafasan maupun pencernaan yang masuk melalui mulut. Sehingga organ tenggorokan anda akan terjaga kesehatannya.

Cukupi kebutuhan air mineral

Permasalahan mengenai tenggorokan tak melulu berbicara mengenai bakteri dan kuman. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah dehidrasi. Dehidrasi yang tak segera anda atasi akan melukai permukaan tenggorokan secara perlahan. Tentu hal ini dapat berdampak buruk pada elastisitas tenggorokan anda nantinya.

Sehingga jalan terbaik adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air mineral. Cara menjaga kesehatan tenggorokan ini juga dapat membantu menjaga kelembapan tubuh anda, khususnya pada bagian tenggorokan.

Hindari debu dan polusi

Kesehatan tenggorokan juga harus dijaga dari bahaya polusi udara maupun debu. Cara menjaga kesehatan tenggorokan dapat dilakukan dengan menggunakan masker pada saat keluar ruangan atau bahkan ketika anda sedang membersihkan barang-barang lama. Tentu debu yang ditimbulkan dapat menginfeksi saluran tenggorokan anda.

Berhenti merokok

Kini rokok menjadi barang yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa masyarakat di bawah umur pun sudah mengonsumsi rokok sebagai ajang untuk pamer diri. Namun, tahukah anda bahaya rokok tidak hanya menginfeksi paru-paru saja, melainkan beberapa penyakit lain juga dapat menyerang bila kebiasaan rokok tidak dihentikan segera.

Beri jarak dengan orang sakit

Bila anda telah menjaga kesehatan tenggorokan secara sungguh-sungguh, bukan berarti anda sudah terlepas sepenuhnya terhadap bahaya yang mengintai dari penyakit tenggorokan. Ketika anda tidak menjaga jarak terlebih dari orang yang menderita penyakit tenggorokan, maka hal ini sama saja memberi peluang bagi bakteri atau virus untuk dengan mudah menginfeksi tubuh anda.

Cara menjaga kesehatan tenggorokan ketika anda berada di posisi demikian adalah memberi jarak atau ruang saat kebetulan berdekatan dengan orang sakit. Anda juga sebisa mungkin dapat memberi jarak pada orang asing sekalipun, karena anda tak pernah tahu seberapa kuat imun tubuh anda, atau keadaan kesehatan orang di sekitar anda.

Gunakan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur juga termasuk cara menjaga kesehatan tenggorokan. Menggunakan obat kumur di pagi hari atau segera setelah selesai makan dapat membantu anda untuk menjaga diri dari bahaya infeksi tenggorokan. Selain itu, dengan berkumur juga membantu menyegarkan napas sehingga ampuh dalam meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara dengan orang lain.

Istirahat yang cukup

Memiliki waktu tidur atau beristirahat yang cukup merupakan bagian terpenting untuk meningkatkan imun tubuh anda, sehingga kesehatan tenggorokan juga dapat terjaga dengan baik. Sejauh ini istirahat yang cukup adalah cara menjaga kesehatan tenggorokan paling mudah dan paling menyenangkan yang dapat anda lakukan.

Obat Sakit Tenggorokan Ampuh

Selain beragam cara menjaga kesehatan tenggorokan di atas, anda juga perlu mengetahui beberapa obat yang terbukti ampuh membantu anda dalam meredakan sakit tenggorokan. Obat-obatan di bawah ini dapat anda beli di berbagai apotik sampai minimarket terdekat.

Aspirin

Obat yang pertama adalah aspirin. Selain meredakan kepala berdenyut, pusing, sampai demam, ternyata aspirin juga dapat membantu anda untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun perlu diingat, aspirin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak atau remaja karena dapat meningkatkan pembengkakan pada hati atau otak (sindrom reye).

Ibuprofen

Ibuprofen diyakini sebagai solusi paling baik untuk mengobati peradangan. Selain itu, ibuprofen juga membantu anda mengurangi rasa sakit secara sementara. Bila anda mengalami gejala peradangan atau batuk kering maka ibuprofen menjadi solusi pertama yang dapat anda coba.

Paracetamol

Obat sakit tenggorokan ampuh yang terakhir adalah paracetamol. Memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan akibat nyeri pada tenggorokan, paracetamol juga membantu menurunkan demam yang biasanya menyertai ketika peradangan terjadi.

Buah untuk Sakit Tenggorokan

Bila anda merasakan gejala awal sakit tenggorokan, sebaiknya anda mengonsumsi buah-buahan sehat di bawah ini:

Pisang

Tekstur lembut dan kandungan serat cukup tinggi yang dimiliki pisang sangat sesuai bagi anda yang sedang mengalami peradangan atau sakit tenggorokan. Mual yang biasanya ditimbulkan saat peradangan juga dapat diredam dengan pisang.

Delima

Delima sebagai buah yang kaya akan vitamin dan membantu meningkatkan imun tubuh dapat anda manfaatkan kala sakit tenggorokan menyerang. Sebagai contoh, anda dapat membuat jus delima atau delima smoothie.

Jahe dan kunyit

Terakhir, masyarakat zaman dahulu sudah tak asing dengan dua bumbu dapur ini. Jahe dan kunyit dapat meredakan peradangan pada tenggorokan, khususnya ketika anda mengalami batuk berdahak.

Nah, di atas adalah 10 cara menjaga kesehatan tenggorokan sampai beberapa buah untuk sakit tenggorokan. Jangan lupa untuk makan makanan sehat serta perbanyak minum air putih untuk menjaga imun tubuh sebagai senjata utama dalam menghalau berbagai penyakit.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *