7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar

Sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan telinga cukup mudah dilakukan dan harus rutin. Banyak orang yang hanya asal-asalan membersihkan telinga. Yang penting asal memakai cotton bud tapi tanpa tahu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga yang benar.

Padahal, jika kita tidak melakukannya dengan benar akibatnya bisa saja fatal. Mulai dari terjadi gangguan pendengaran, hingga keseimbangan yang ikut terganggu. Tentu saja ini bukan hal yang Anda inginkan bukan? Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan telinga yang tepat. Simak yuk caranya!

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Mudah Dilakukan

Berikut ini cara menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar, di antaranya:

Jangan Biasakan Mengorek Telinga

Adanya kotoran di liang telinga dalam jumlah sedikit adalah sesuatu yang normal. Fungsi dari kotoran tersebut adalah agar kotoran dan debu tidak masuk ke liang telinga. Namun terkadang, penumpukan kotoran yang terlalu banyak dapat menyebabkan telinga terasa gatal atau tersumbat.

Baca juga : Simak 6 Cara Mengelola Ekspektasi agar Tidak Mudah Baper

Makanya, banyak orang mengambil tindakan dengan menggunakan cotton bud, penjepit kertas ataupun penjepit rambut. Namun ketahuilah, kebiasaan ini bisa melukai telinga. Bahkan, dapat menyebabkan kotoran masuk ke telinga lebih dalam lagi.

Maka, tindakan yang baik sebagai cara menjaga kesehatan telinga adalah jangan sering-sering mengorek telinga. Karena, sebenarnya telinga bisa membersihkan kotoran ini secara alami. Akan tetapi jika sudah terlalu menumpuk sebaiknya hubungi dokter THT.

Jangan Dekatkan Telinga dengan Suara yang Terlalu Keras

Apakah Anda sering menggunakan earphone? Jika ya, maka jangan menggunakan earphone selama 1 jam terus menerus. Cobalah berikan waktu istirahat untuk telinga selama 15 menit sebelum melanjutkan mendengarkan musik. Itu merupakan cara menjaga merawat telinga agar tidak tuli.

Selain itu, hindari mendengarkan musik dengan menggunakan earphone dalam jangka waktu lama dengan volume yang keras. Jika Anda membiarkan volume keras diperdengarkan di telinga Anda, maka tak ayal jika nantinya ini yang menyebabkan telinga Anda sakit.

Jangan Menggunakan Ear Candle

Cara menjaga kesehatan telingan berikutnya adalah hindari membersihkan telinga dengan menggunakan ear candle. Meskipun cara ini sangat populer,  tapi ternyata, para dokter tidak menganjurkan hal tersebut untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan belum terbukti efektif dan tidak jelas apa manfaatnya untuk kesehatan telinga.

Efek samping penggunaan ear candle adalah dapat menyebabkan cedera telinga. Cedera tersebut seperti terasa terbakar dan tersumbatnya saluran pada telinga. Jadi jika Anda sering menggunakan ear candle harap berhati-hati ya!

Jagalah Telinga Agar Tetap Kering

Telinga yang basah atau lembap dapat menjadi tumbuhnya bakteri dan jamur pada telinga. Jika telinga dibiarkan, maka akan memicu iritasi dan infeksi pada telinga. Menggunakan handuk merupakan cara membersihkan telinga yang tepat, terutama setelah mandi atau berenang.

Upaya menjaga kebersihan telinga ini juga penting untuk kejelasan pendengaran anda. Sehingga, kita bisa simpulkan bahwa cara menjaga kesehatan telinga terbaik adalah dengan menjaga kebersihannya.

Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa berolahraga juga menjadi cara menjaga kesehatan yang tepat. Olahraga yang bisa anda lakukan yaitu berlari, berjalan dan bersepeda. Itu karena latihan ini bisa membuat kinerja jantung secara maksimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali telinga.

Jika aliran darah lancar, maka telinga anda dapat bekerja optimal dan tetap sehat. Lakukan latihan kardio tersebut setidaknya 30 menit setiap hari. Selain terlinga, ada banyak sekali manfaat lainnya.

Baca juga : 7 Jenis Penyakit Gangguan Jiwa yang Paling Banyak Diderita

Mengelola stres

Mungkin anda belum banyak mendengar tentang hubungan antara kegelisahan dan stres dengan penyakit tinitus. Tinnitus merupakan salah satu gangguan pada telinga yang mana telinga mendengarkan suara mendengung.

Stres tinggi membuat tekanan pada aliran darah, syaraf hingga panas tubuh dan bisa menjalar ke telinga dalam. Kalau sudah menjalar ke telinga dalam, maka bisa menyebabkan tinnitus. Sehingga, mengelola stres anda, dapat menjadi cara merawat telinga agar tidak tuli.

Periksalah Secara Rutin

Terakhir, cara menjaga kesehatan telinga yang dapat anda lakukan adalah memeriksakan telinga secara rutin. Karena jika ada gangguan pada telinga dapat segera terdeteksi dengan baik. Apalagi jika Anda mengalami keluhan pendengaran. Maka segeralah hubungi dokter THT di sekitar Anda.

Demikianlah cara menjaga kesehatan telinga dengan baik dan benar. Jika Anda menyayangi pendengaran Anda, maka gunakanlah cara yang aman dan disarankan para ahlinya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan rasa cemas

13 Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Paling Efektif, Sudah Tahu?

sumbersehat.com – Cara menghilangkan rasa cemas merupakan hal yang bisa dilakukan ketika rasa cemas menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *