Simak, 7 Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar!


sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan telinga sangat penting dipahami oleh semua orang. Telinga adalah salah satu panca indera yang sangat penting untuk diperhatikan. Ada jutaan gangguan pendengaran yang dapat mengancam anda kapan saja jika tidak menjaga kesehatan telinga.

Berbagai gangguan yang sering dialami oleh telinga seperti cedera telinga, kotoran telinga, tumor, cacat lahir atau bawaan, infeksi, efek obat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila hal tersebut tidak ditangani dengan baik masalah fatal yang mungkin terjadi adalah kehilangan pendengaran. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tepat

Adapun cara menjaga telinga yang tepat adalah :

Membersihkan daun telinga saja

Cara membersihkan telinga yang baik dan benar yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan daun telinga saja. Jika anda memiliki niatan untuk membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan bagian luar telinga atau daun telinga. Hal itu dikarenakan dalam keadaan yang normal, telinga manusia memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Jika biasanya terdapat bentuk telinga yang bersudut serta memiliki bulu-bulu halus, maka sudah dipastikan telinga tersebut dapat menjaga telinga dari masuknya berbagai kotoran serta debu yang terlebih. Oleh karena itu anda tidak perlu lagi membersihkan bagian dalam telinga dan cukup membersihkan daun telinga nya saja.

Namun berbeda cerita jika anda merasa kotoran di telinga sudah menumpuk atau menyumbat dan pendengaran Anda sudah mulai terganggu. Segera periksakan telinga anda ke dokter spesialis agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan membersihkan atau mengoreknya sendiri.

Menghindari penggunaan cotton buds

Cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan cotton buds. Membersihkan telinga dengan penggunaan cotton buds sebenarnya adalah kebiasaan yang kurang baik. Dengan menggunakan cotton buds dapat mendorong serumen atau kotoran telinga ke bagian telinga lebih dalam. Maka dari itu cara membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds ini sangat berbahaya.

Jika kotoran yang ada di dalam telinga terdorong masuk dan mengendap terlalu lama dan akhirnya mengering akan membahayakan pendengaran Anda. Selain itu penggunaan cotton buds juga sangat rentan karena mudah tertinggal di dalam liang telinga yang akhirnya mengakibatkan tersumbatnya gendang telinga. Oleh karena itu sebaiknya gunakan cotton buds hanya untuk membersihkan bagian luar atau daun telinga saja.

Menghindari berada di daerah atau lingkungan yang bising

Cara menjaga kesehatan telinga yang ketiga adalah menghindari keberadaan anda di lingkungan atau daerah yang bising. Selalu berada di lingkungan yang bising dapat mengganggu kesehatan telinga anda. Lingkungan yang bising dapat menjadikan organ telinga menjadi tuli. Info menjaga kesehatan mata bayi, simak disini!

Oleh karena itu, bagi anda yang terlalu sering berada di daerah dengan tingkat kebisingan yang tinggi sebaiknya menggunakan pelindung telinga. Dengan menggunakan pelindung telinga anda bisa menjaga organ pendengaran Anda agar di kemudian hari tidak terganggu.

Menghindari penggunaan earphone terlalu sering

Berikutnya cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar adalah dengan menghindari penggunaan earphone yang terlalu sering. Penggunaan earphone dengan jangka waktu yang cukup lama dapat mengganggu pendengaran. Terutama bagi anda yang mempunyai kebiasaan mendengarkan musik melalui earphone. Hal tersebut sebaiknya di kurangi untuk bisa menjaga kesehatan telinga.

Bagi anda yang sudah terbiasa dan masih sulit untuk tidak menggunakan earphone, anda bisa melatih diri anda sendiri. Setidaknya menggunakan earphone dengan waktu tidak lebih dari satu jam. Selain itu saat menggunakan earphone jangan menggunakan volume yang keras agar organ telinga tidak rusak. Infornasi kesehatan terkini, simak juga di Qsehat.com.

Melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis

Cara menjaga kesehatan telinga yang kelima adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis. Selain cara membersihkan telinga yang harus dilakukan dengan benar, anda juga harus sering melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk mengetahui keadaan telinga anda. Untuk usia anak-anak sebaiknya melakukan pemeriksaan setidaknya enam bulan sekali.

Sedangkan untuk orang dewasa jika tidak memiliki kelainan atau masalah telinga seperti kelainan kelainan atau struktur telinga dalam keadaan sehat, dapat melakukan pemeriksaan telinga setidaknya setahun sekali. Namun apabila terdapat gejala atau gangguan telinga yang tidak jelas penyebabnya, anda harus segera melakukan konsultasi mengenai keluhan anda kepada dokter spesialis THT.

Menjaga telinga tetap dalam keadaan kering

Cara menjaga kesehatan telinga selanjutnya yang juga harus anda perhatikan selain cara membersihkan telinga adalah menjaga telinga tetap kering. Selalu memastikan telinga dalam keadaan kering bisa jadi cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan telinga. Telinga yang lembab, dapat menyebabkan bakteri mudah masuk ke saluran telinga dan terjadi infeksi. Oleh karena itu, ketika anda sudah mandi atau pun berenang, segera keringkan telinga menggunakan handuk yang lembut.

Jika tidak demikian saat berenang anda bisa menggunakan pelindung telinga agar telinga aman dari air. Namun, jika anda merasa telinga anda sudah kemasukan air, maka langkah yang bisa anda lakukan adalah memiringkan kepala sambil menarik sedikit daun telinga agar air bisa keluar. Dengan begitu air yang di dalam telinga bisa keluar dan telinga menjadi kering.

Sering olahraga

Selanjutnya cara menjaga kesehatan telinga yang juga harus anda pahami adalah dengan sering olahraga. Sudah banyak orang tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak terkecuali bagi telinga. Dengan berolahraga seperti berjalan, berlari atau bersepeda membuat darah memompa ke seluruh bagian tubuh termasuk juga telinga.

Dengan hal tersebut akan membantu menjadikan bagian internal telinga tetap sehat dan mampu bekerja secara maksimal. Namun tidak semua olahraga bisa dijadikan acuan sebagai cara menjaga kesehatan telinga. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban.

Hal itu dikarenakan jika anda melakukan olahraga angkat beban yang berat dan dilakukan dengan menahan nafas, akan menjadikan telinga bagian dalam anda rusak. Oleh karena itu lakukan olahraga yang ringan dan santai namun tetap rutin.

Untuk memiliki telinga yang sehat anda harus memahami bagaimana cara menjaga kesehatan telinga serta cara membersihkan telinga yang baik dan benar. Jika dilakukan dengan cara yang benar anda akan dengan mudah mendapatkan keinginan anda yaitu telinga yang sehat. Selain itu telinga yang selalu terjaga juga bisa menjaga pendengaran Anda dari berbagai masalah.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai 7 cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar. Semoga dengan membaca dan menerapkan cara tersebut anda bisa dengan mudah dalam menjaga dan membersihkan telinga agar tetap bersih dan sehat. Telinga yang bersih dan selalu terjaga juga mampu menghasilkan pendengaran yang baik.

Oleh karena itu,bagi anda yang sering memiliki masalah mengenai telinga bisa melakukan cara-cara tersebut sebagai referensi. Jika melakukan cara tersebut tidak juga mendapatkan hasil, anda harus segera memeriksakannya ke dokter spesialis THT. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu, terima kasih

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *