Praktikkan 11 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Ini! Agar Sehat Berkilau


sumbersehat.com – Impian sebagian besar orang adalah memiliki rambut yang sehat serta berkilau, baik itu laki-laki maupun perempuan. Tidak hanya terlihat indah, kita semua menginginkan kulit kepala terhindar dari berbagai masalah seperti ketombe. Untuk itulah, Anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan rambut dengan baik dan benar.

Ada berbagai cara untuk mengetahui apakah rambut Anda sehat atau tidak. Cara pertama adalah dengan memperhatikan ujung rambut Anda. Jika terdapat titik kecil di ujung rambut, itu artinya rambut Anda bercabang. Cara kedua yaitu dengan mengambil sehelai rambut Anda, kemudian masukkan ke dalam air. Jika dia mengambang di air, itu artinya rambut Anda sehat dan masih banyak cara lainnya.

cara menjaga kesehatan rambut
rambut sehat

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Rambut Agar Memiliki Rambut Impian

Memiliki rambut impian tentu membutuhkan usaha untuk dilakukan, nah berikut ini tips menjaga kesehatan rambut, di antaranya:

Rutin Keramas

Salah satu upaya menjaga kesehatan rambut adalah dengan melakukan keramas, ini hal yang mutlak dilakukan. Mencuci rambut secara rutin malas dilakukan oleh sebagian orang. Padahal cara menjaga kesehatan rambut yang paling dasar yaitu dengan melakukan kegiatan satu ini.

Seberapa banyak minyak yang dihasilkan oleh rambut Anda dapat terlihat dari kebiasaan Anda keramas. Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak, dianjurkan untuk melakukan keramas setidaknya sehari sekali. Sementara jika rambut Anda kering, maka sebaiknya lebih sering lagi melakukan keramas.

Kulit kepala akan menghasilkan minyak lebih sedikit seiring berjalannya usia, untuk itu Anda tidak memerlukan banyak shampo untuk keramas. Anda dapat mengurangi pemakaian shampo dan membilasnya hingga bersih. Untuk rambut normal, Anda hanya perlu mencuci rambut satu hingga dua kali seminggu tidak masalah.

Gunakanlah Kondisioner Saat Keramas

Cara menjaga kesehatan rambut yang kedua dengan menggunakan produk perawatan rambut selanjutnya, yaitu kondisioner. Tidak hanya shampo, rambut akan terlihat lebih bersih dan berkilau jika ditambah penggunaan kondisioner. Selain itu, penggunaan kondisioner dapat memperbaiki rambut yang rusak hingga memperkuat akar rambut.

Berbeda dengan shampo, pemakaian kondisioner cukup hanya dengan mengoleskannya ke permukaan rambut. Hal ini dilakukan untuk menghindari rambut yang lemas dan lepek, bahkan bisa melindungi rambut dari sinar UV. Namun ada juga shampo yang sudah jadi satu dengan kondisioner, Anda hanya perlu memastikan keterangan dalam kemasan.

Pilihlah Shampo dan Kondisioner yang Tepat Berdasarkan Jenis Rambut

Setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda-beda, mulai dari rambut berminyak, normal, keriting dan lain-lain. Nah cara menjaga kesehatan rambut yang efektif salah satunya dengan menyesuaikan shampo dan kondisioner berdasarkan tipe rambut. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa tipe rambut, diantaranya:

  • Rambut berminyak, tipe ini dianjurkan untuk memilih shampo yang mengandung asam salisilat. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa minyak yang ada di kulit kepala dan rambut.
  • Rambut normal, untuk rambut normal sebaiknya menghindari penggunaan shampo dengan kandungan silikon. Shampo dengan kandungan polimer cocok digunakan untuk orang dengan rambut normal. Hal ini dikarenakan ia berfungsi untuk memperbaiki keadaan rambut yang rusak karena terlalu sering keramas.
  • Rambut keriting, ia biasanya sulit diatur dan sangat mudah kusut. Cara menjaga kesehatan rambut tipe ini yakni dengan menggunakan shampo yang termasuk kondisioner dengan kelembaban tinggi.
  • Rambut rusak dan kering, cara menjaga kesehatan rambut seperti ini ialah dengan menggunakan shampo yang melembutkan. Dengan demikian, rambut Anda akan terlihat lebih lembut dan sehat.

Lindungi Rambut Anda Ketika Berenang

Menutup rambut saat berenang bertujuan untuk mengurangi efek klorin pada kolam renang. Pada umumnya, kolam renang mengandung klorin untuk menjaga agar air kolam tetap bersih. Namun siapa sangka, jika ternyata senyawa yang satu ini menyebabkan rambut Anda kering dan kusam.

Cara menjaga kesehatan rambut saat berenang yang paling efektif yakni dengan menggunakan penutup kepala ketika berenang. Setelah selesai berenang, gunakanlah shampo serta kondisioner untuk keramas. Hal ini dilakukan untuk mengganti kelembaban rambut yang hilang karena berenang.

Lakukan Perawatan Sewajarnya dan Tidak Berlebihan

Apakah Anda sering menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut yang basah? Jika iya, sebaiknya lakukanlah kegiatan itu dengan lembut dan tidak serampangan. Rambut yang basah cenderung rapuh, sehingga tidak dianjurkan juga untuk disisir secara berlebihan. Cara menjaga kesehatan rambut ini terlihat sepele, tapi jangan disepelekan ya!

Batasilah Penggunaan Catokan dan Pengering Rambut

Menggunakan catokan dan pengering rambut mungkin adalah suatu hal yang wajib dilakukan, sehingga cukup sulit untuk tidak melakukannya. Cara menjaga kesehatan rambut bagi Anda yang terbiasa menggunakan catokan dan pengering rambut ialah dengan mengurangi penggunaan keduanya. Perlu Anda ketahui, bahwa terlalu sering menggunakan dua benda tersebut dapat melemahkan rambut.

Catok dan pengering rambut dapat dilakukan dengan penggunaan cukup 2-3 kali saja dalam seminggu. Jeda dalam pemakaian 2 alat ini bertujuan untuk memulihkan kekuatan rambut yang lemah karena dicatok.

Tingkatkan Ketebalan Rambut dengan Melakukan Pijatan Kepala

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwasanya pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan serta menguatkan rambut. Cara menjaga kesehatan rambut yang satu ini dapat Anda lakukan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Pijatan ini dapat Anda lakukan dalam segala kondisi, entah sedang dalam keadaan rambut basah maupun kering.

Rutin Memangkas Rambut

Cara menjaga kesehatan rambut selanjutnya yang patut diperhatikan adalah kegiatan memangkas rambut. Para ahli menyarankan untuk memotong rambut setiap 10-12 minggu. Pemotongan rambut secara rutin akan menghindarkan Anda dari rambut bercabang, sehingga rambut lebih sehat dan rapi.

Tidak Disarankan Keramas Menggunakan Air yang Terlalu Dingin/Panas

Segala sesuatu yang berlebihan tidak dianjurkan untuk dilakukan, begitu juga dengan keramas. Sebaiknya tidak menggunakan air yang terlalu dingin apalagi terlalu panas ketika melakukan keramas. Air yang digunakan untuk keramas lebih baik merupakan air hangat atau air sejuk. Penggunaan air yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Gunakanlah Lidah Buaya atau Kuning Telur

Tahukah Anda, kalau ternyata kuning telur dan lidah buaya sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut? Mungkin Anda sudah mengetahuinya sejak lama atau baru saja mengetahuinya, tentu tidak masalah. Kini Anda dapat memanfaatkan keduanya untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan indah.

Cara menjaga kesehatan rambut menggunakan kuning telur dan lidah buaya terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 3 kuning telur dengan 3 sendok teh minyak kelapa hangat, kemudian oleskan ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilaslah rambut yang diolesi tadi hingga bersih.

Sementara untuk penggunaan lidah buaya, Anda dapat mencari produk yang menggunakan gel lidah buaya murni. Anda bisa juga mencoba menggunakan lidah buaya yang langsung dipetik dari pohonnya. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Demikianlah beberapa cara menjaga kesehatan rambut agar memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Kira-kira cara mana saja yang sudah atau belum Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut? Perawatan rambut tersebut tidak harus Anda lakukan di salon, Anda dapat melakukan perawatan rutin tersebut di rumah.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *