10 Cara Menjaga Kesehatan Pernapasan Sewaktu Pandemi, Lakukan Ya!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan pernapasan menjadi ramai diperbincangkan sejak pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia. Indonesia yang khususnya sampai saat ini masih berjuang melawan Covid-19, mengharuskan setiap warganya untuk mematuhi berbagai peraturan yang dirilis terkait mengurangi penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, Covid-19 menjadi salah satu penyakit mematikan yang menyerang sistem pernapasan manusia. Alangkah baiknya bila kita sebagai masyarakat juga memiliki kesadaran untuk melakukan berbagai upaya pencegahan Covid-19. Mulai dari melakukan Work From Home sampai mengurangi berbagai aktivitas luar ruangan. Namun, hal ini juga tak 100% menjamin kita dari Covid-19, karena masih banyak penyakit pernapasan yang dapat menyerang kapanpun.

cara menjaga kesehatan pernapasan
organ pernapasan sehat

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Pernapasan

Demi menjaga kesehatan tubuh anda, perhatikan 10 cara populer menjaga kesehatan pernapasan di bawah ini:

Hindari rokok

Cara menjaga kesehatan pernapasan yang pertama adalah menghindari rokok. Penyakit pernapasan tak selalu berasal dari virus atau bakteri. Seringkali kita lupa bahwa manusia sendiri yang menciptakan peluang untuk terkena berbagai penyakit. Salah satunya adalah rokok. Menjadi hal yang lumrah bila kita menemukan berbagai kalangan masyarakat Indonesia.

Rokok sendiri memiliki kandungan nikotin dan tar yang memberi efek kecanduan bagi penggunanya. Hal ini menjadikan anda akan bergantung pada rokok dan tidak akan mudah lepas begitu saja. Anda pun akan memiliki resiko lebih tinggi mengalami kanker paru-paru, bronchitis, dan berbagai penyakit pernapasan lainnya.

Tak hanya perokok aktif yang memiliki peluang besar terkena gangguan pada paru-paru. Bagi anda yang sering terkena paparan asap rokok pun dianjurkan untuk menghindar karena perokok pasif memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena gangguan paru-paru.

Gunakan masker

Cara menjaga kesehatan pernapasan yang kedua adalah disiplin menggunakan masker terutama ketika harus menjalani aktivitas di luar ruangan. Masker tak hanya bertujuan untuk mengurangi tingkat paparan virus Covid-19 yang mampu bertahan di udara dalam beberapa menit, melainkan juga untuk mengurangi risiko terkena polusi udara yang juga semakin meningkat.

Polusi udara mungkin tak anda rasakan secara langsung. Tetapi bagi sebagian besar masyarakat urban yang menggunakan masker selama berjalan di kawasan ibukota, tak jarang menemukan masker yang dikenakan telah menjadi hitam. Ini tentunya dikarenakan berbagai polusi yang berasal dari asap kendaraan maupun pabrik ikut merusak udara dan saluran pernapasan.

Nutrisi yang cukup

Selain cara menjaga kesehatan pernapasan dengan menggunakan masker atau menghindari rokok, anda juga harus memperhatikan kandungan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan bahkan diyakini dapat membantu memperbaiki kesehatan pernapasan anda.

Salah satu penelitian resmi dari Inggris menyatakan, bahwa tak hanya polusi yang mampu menyebabkan kerusakan pada organ pernapasan tapi juga karena kekurangan vitamin. tertentu juga dapat mengganggu kesehatan paru-paru anda.

Beberapa vitamin tersebut antara lain, vitamin A, E, dan beberapa mineral seperti potassium sampai magnesium. Untuk mengatasi kekurangan vitamin, anda dapat mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran seperti apel, brokoli, aprikot, sampai kacang-kacangan untuk mencukupi nutrisi bagi paru-paru anda.

Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang baik juga sangat berpengaruh pada tingkat kesehatan organ pernapasan anda. Sehingga, menjaga kualitas tidur adalah cara menjaga kesehatan pernapasan yang tepat. Ketika anda memiliki jam tidur yang baik, maka paru-paru pun akan punya lebih banyak waktu untuk beristirahat dan kembali melancarkan peredaran darah dari paru-paru menuju jantung.

Menghindari debu

Cara menjaga kesehatan pernapasan berikutnya adalah menghindari debu. Tak hanya polusi yang berada di luar ruangan saja, anda juga disarankan menghindari debu yang berada di dalam ruangan, terutama ketika anda sedang melakukan bersih-bersih, seperti menyapu.

Untuk itu, lakukanlah pembersihan ruangan secara rutin. Hal ini sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan saluran pernapasan anda. Anda bisa menggunakan penyedot debu serta mengenakan masker pada saat melakukan kegiatan bersih-bersih. Tak lupa, bagi anda yang menggunakan AC, anda harus rajin membersihkan AC, serta jagalah sirkulasi udara rumah atau kamar dengan membuka jendela setiap pagi.

Berolahraga

Selain makan-makanan yang sehat sampai istirahat yang cukup, kesehatan paru-paru juga harus ditunjang dengan melakukan olahraga. Pada saat berolahraga kondisi pernapasan anda akan terasah sehingga dapat melancarkan sirkulasi pernapasan. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih pernapasan adalah berenang, jogging, serta senam.

Pelihara tanaman hijau

Cara menjaga kesehatan pernapasan yang satu ini tak akan jauh-jauh dari berbagai manfaat yang dimiliki saat memelihara tanaman hijau. Beberapa tanaman hijau dapat anda letakkan di teras sampai sekitar halaman rumah. Sementara itu, berbagai tanaman hias (bukan plastik) juga dapat anda letakkan di dalam rumah sebagai salah satu penyaring udara di dalam ruangan.

Rajin minum air putih

Cara menjaga kesehatan pernapasan ini dapat anda lakukan sebagai detoks alami mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Konsumsi rutin air putih atau air mineral juga memiliki berbagai macam khasiat lain, mulai dari membersihkan pencernaan seperti organ usus sampai membersihkan paru-paru, khususnya bagi anda yang mengonsumsi rokok atau perokok aktif.

Mencuci tangan

Selanjutnya, cara menjaga kesehatan pernapasan adalah rajin mencuci tangan. Sebagai salah satu anjuran dari pemerintah, mencuci tangan juga diyakini efektif membantu menjaga kesehatan pernapasan anda. Berbagai virus maupun bakteri seringkali terdapat pada beberapa barang yang kita sentuh.

Sehingga sangat tidak dianjurkan untuk memegang atau mengorek daerah sekitar mulut maupun hidung setelah memegang benda asing. Sangat disarankan untuk sesering mungkin mencuci tangan demi menghalau berbagai kuman yang menempel di kulit. Jangan lupa, gunakanlah sabun cuci tangan anti-bakteri atau cukup gunakan hand sanitizer bila sedang yang jauh dari air.

Rajin melakukan pemeriksaan

Cara menjaga kesehatan pernapasan yang terakhir adalah selalu mewaspadai adanya penyakit di dalam tubuh anda dengan pemeriksaan secara rutin. Melakukan medical check up secara berkala dapat membantu anda untuk lebih menyadari secara dini adanya penyakit di dalam tubuh.

Gejala Penyakit Pernapasan

Di balik berbagai tips atau cara menjaga kesehatan pernapasan, tetap ada beberapa gejala penyakit yang patut anda waspadai. Gejala ini muncul sebagai bentuk perlindungan tubuh atas adanya virus atau bakteri pada organ pernapasan anda. Berikut terdapat beberapa gejala penyakit pernapasan yang patut diwaspadai.

  • Batuk
  • Hidung yang tersumbat
  • Mata berair
  • Bersin dengan tempo yang sering
  • Demam
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Pusing
  • Susah menelan
  • Nyeri pada otot atau sendi
  • Berkurangnya nafsu makan

Cara Mengobati Penyakit Pernapasan

Untuk beberapa gejala yang ringan, anda cukup berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, mengompres kepala, menggunakan pakaian panjang atau syal untuk menghindari udara dingin, menghindari berbagai macam gorengan, perbanyak minum air putih, sampai mengonsumsi beberapa obat seperti paracetamol atau ibuprofen. Jika parah, konsultasikan ke dokter.

Nah, di atas adalah beberapa cara menjaga kesehatan pernapasan maupun beberapa cara mengobati penyakit pernapasan secara sederhana. Ketika gejala yang anda rasakan tak kunjung hilang dan justru semakin parah selama lebih dari 5 hari, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *