10 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru, Nomor 7 Sering Dilupakan

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan paru-paru sangat penting diketahui agar pernapasan tidak ikut terganggu. Paru-paru adalah organ yang kinerjanya sangat penting bagi kehidupan manusia, yaitu memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah. Ketika paru-paru mengalami gangguan, fungsinya tidak akan bisa dijalankan dengan baik.

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu kiat membuat paru-paru tetap sehat. Selain itu, Anda juga wajib menghindari berbagai makanan tidak sehat. Simak lebih lanjut tentang tips menjaga paru-paru Anda tetap sehat di bawah ini!

cara menjaga kesehatan paru-paru
kesehatan paru-paru

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ada beberapa cara menjaga paru-paru agar tetap sehat, diantaranya adalah:

Tidak Merokok

Jika Anda adalah perokok aktif, segera kurangi kebiasaan merokok secara bertahap hingga akhirnya berhenti total. Kandungan asap rokok sangat berbahaya. Zat-zat kimia dari asap rokok akan menggumpal di dalam paru-paru sehingga fungsinya menjadi rusak dan bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Mulai dari TBC, sampai kanker paru-paru atau obstruktif kronis.

Tanpa rokok, paru-paru akan berfungsi dengan semestinya. Karena itulah berhenti merokok merupakan cara menjaga kesehatan paru-paru yang harus dilakukan. Bagi Anda yang sulit berhenti bisa mengganti rokok dengan permen jahe atau beberapa bahan yang lebih sehat untuk tubuh.

Hindari Debu dan Asap Rokok

Cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya adalah menghindari debu dan asap rokok. Debu sebaiknya dihindari dengan menggunakan masker sehingga tidak masuk ke saluran pernapasan. Debu yang masuk melalui hidung kemudian menuju tenggorokan dan paru-paru akan menyebabkan batuk. Tumpukan debu akan mengganggu fungsi paru-paru sehingga Anda tidak bisa bernapas dengan lega dan merasakan sesak napas.

Rokok juga menjadi ancaman bagi orang-orang yang ada disekitarnya atau perokok pasif. Walau tidak merokok, tetapi menjadi perokok pasif juga berpotensi terserang penyakit paru-paru. Telah terbukti oleh sebuah penelitian, perokok pasif lebih dirugikan dibandingkan dengan perokok aktif karena menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif. Oleh karena itu, ketika ada orang yang merokok sebaiknya segera menjauh.

Tidak Konsumsi Minuman Beralkohol

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang satu ini tak kalah penting, yakni tidak mengonsumsi minuman beralkohol karena minuman ini bisa menyebabkan penyumbatan paru-paru dan fungsi paru-paru pun terganggu. Jika Anda adalah penyuka minuman beralkohol, mulailah berhenti mengonsumsinya sekarang. Perbanyaklah minum air putih, jus segar, teh, susu atau minuman sehat lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk hidup sehat.

Olahraga secara Rutin

Berolahraga rutin meski ringan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang menyenangkan. Orang yang rutin berolahraga menyebabkan kinerja paru-paru semakin baik dan kondisinya semakin sehat. Tidak hanya paru-paru, kinerja jantung juga menjadi optimal secara otomatis sehingga jumlah oksigen yang masuk ke tubuh bertambah banyak sehingga Anda akan terhindar dari penyakit paru-paru.

Olahraga sebenarnya tidak perlu dilakukan terlalu lama. Lakukan 10-20 menit saja asalkan rutin setiap hari supaya tubuh semakin sehat. Jenis-jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan antara lain jogging, senam lantai, zumba, atau berjalan santai saja.

Hindari Bau-Bau yang Tidak Enak

Hindari semua sumber yang berbau tajam atau tidak enak seperti bau busuk ataupun bau basi yang menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Ketika bau yang tidak enak masuk ke hidung, bulu hidung tidak bisa bekerja secara maksimal untuk menyaring bau sehingga bau tersebut masuk ke saluran pernapasan dan menghambat kinerja saluran pernapasan.

Bagi penderita penyakit paru-paru atau memiliki riwayat sakit paru-paru, cara menjaga kesehatan paru-paru adalah menjauhi segala jenis sumber bau menyengat. Jika bau tidak enak masuk hidung sebaiknya dinetralkan dengan menghirup benda-benda berbau sedap atau menyegarkan seperti aromaterapi atau bubuk kopi.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menerapkan pola makan sehat. Konsumsi makanan bergizi dan susu murni diyakini mampu membersihkan dan menyehatkan paru-paru. Makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, dan daging merah adalah bahan wajib dalam menu makanan sehari-hari supaya kotoran yang menggumpal di paru-paru bisa hilang.

Sebaliknya, hindari jenis makanan yang menyebabkan atau memperparah penyakit paru-paru seperti makanan yang terlalu manis dan tinggi klorin. Selain itu, cara menjaga kesehatan paru-paru yang tepat adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan berfungsi menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Beberapa jenis makanan untuk kesehatan paru-paru yang mengandung antioksidan antara lain dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan.

Sering Mencuci Tangan

Menurut American Lung Association, cara menjaga kesehatan paru-paru terutama pada masa pandemi Covid 19 adalah sering mencuci tangan. Ada berbagai penyakit lain seperti flu yang dapat mengganggu paru-paru. Tangan adalah bagian dari tubuh yang sering dipakai untuk menyentuh area hidung dan mulut yang berhubungan dengan sistem pernapasan sehingga tangan harus selalu bersih agar tidak terkena berbagai penyakit saluran pernapasan.

Periksa Kesehatan ke Dokter secara Rutin

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang tepat adalah melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) secara rutin ke dokter setiap tahun. Pemeriksaan bisa membuat kita mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Gangguan di tubuh pun bisa segera diatasi sejak dini sehingga terhindar dari komplikasi penyakit.

Jaga Sirkulasi Udara di Rumah

Udara di rumah harus selalu segar dan bersih karena berpengaruh penting terhadap kesehatan paru-paru. Beberapa sumber polutan yang ada di rumah antara lain kompor gas, lilin beraroma, dan asap rokok. Cara menjaga kebersihan udara di rumah selain konsumsi makanan untuk kesehatan paru-paru sebagai berikut:

1. Jagalah Kondisi Udara di Rumah

Udara di dalam rumah yang terlalu lembab atau kering akan menjadi sarang bakteri dan virus. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah menyalakan kipas angin di kamar mandi atau dapur, ataupun memasang air humidifier di dalam ruangan.

2. Bersihkan Rumah Setiap Hari

Hal-hal yang bisa menjadi pemicu alergi, asma, dan masalah paru-paru lainnya antara lain debu, bulu hewan, dan jamur. Jangan malas dan buatlah jadwal untuk membersihkan seluruh bagian rumah serta perabotan rumah tangga seperti karpet, meja, sofa, tempat tidur, hingga toilet setiap hari supaya terhindar dari berbagai penyakit paru-paru.

3. Menambah Ventilasi Udara

Perbanyak dan bukalah ventilasi udara seperti jendela atau pintu setiap hari agar udara bisa bersirkulasi, terutama ketika ada yang menggunakan benda-benda berbahan berkimia.

4. Kurangi Pemakaian Lilin Beraroma

Adanya zat kimia di dalam lilin beraroma bisa menyebabkan sesak napas dan gangguan paru-paru lainnya. Gunakanlah aromatherapy diffuser dan essential oil untuk mengharumkan ruangan di dalam rumah karena kedua jenis benda tersebut tidak menyebabkan gangguan saluran pernapasan.

Lakukan Latihan Pernapasan

Ada cara latihan bernapas yang terbukti efektif membuat paru-paru sehat. Caranya adalah tarik napas yang dalam melalui hidung secara perlahan. Hitunglah beberapa detik dan buang napas melalui mulut seperti meniup lilin. Pastikan waktunya 2 – 3 kali lebih lama dari saat tarik napas ketika membuang napas,. Lakukan latihan ini selama 5 menit setiap hari supaya paru-paru menjadi lega dan sehat. Olahraga yoga juga sangat baik untuk melatih pernapasan.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan. Ingat, hindarilah berbagai polusi udara agar kinerja paru-paru tetap stabil dan prima.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *