10 Cara Menjaga Kesehatan Pankreas dan Gejalanya yang Patut Dihindari!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan pankreas termasuk penting untuk diperhatikan bagi kelangsungan kesehatan tubuh anda. Mengapa? Perlu diketahui, pankreas berfungsi sebagai organ dalam tubuh manusia yang memproduksi hormon, khususnya bagi pencernaan manusia. Bila kesehatan pankreas terganggu, maka secara tidak langsung proses penghancuran makanan di dalam tubuh juga akan terganggu.

Peran penting yang dimiliki pankreas memang seringkali diabaikan, sehingga menjadi hal yang lazim bila kebanyakan orang mengalami gangguan pencernaan tanpa menyadari ada hal yang tak beres pada organ pankreas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan pankreas menjadi hal yang wajib dilakukan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat urban. Simak caranya berikut ini!

cara menjaga kesehatan pankreas
kesehatan pankreas

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Pankreas

Adapun cara menjaga pankreas agar tetap sehat adalah:

1. Hindari minuman beralkohol

Cara menjaga kesehatan pankreas yang pertama adalah menghindari segala minuman yang mengandung alkohol. Tahukah anda, racun yang terkandung di dalam alkohol dapat menyumbat sirkulasi pada pankreas, sehingga tanpa anda sadari pankreatitis sudah menunggu anda?

Sebuah studi yang pernah dilakukan universitas yang ada di Amerika menyatakan bahwa sejumlah peminum alkohol atau sering disebut alcoholic memiliki resiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena pankreatitis baik laki-laki maupun wanita.

2. Olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan pankreas selanjutnya adalah melakukan olahraga secara teratur. Bila anda memiliki waktu untuk membakar lemak jahat atau kalori, kemungkinan untuk memiliki tubuh yang ideal akan lebih besar. Hal ini berdampak pada adanya batu empedu yang mampu meningkatkan risiko pankreatitis. Sementara batu empedu lebih banyak ditemukan pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

3. Makanan rendah kalori

Seperti yang sempat dibahas di atas, bahwa orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki resiko lebih tinggi mengalami pankreatitis. Penyebab utama penyakit ini adalah batu pada empedu yang dihasilkan oleh penumpukan kolesterol yang terlalu banyak. Lemak jahat ini tertimbun di empedu serta mengganggu kesehatan hati sebagai organ yang menghasilkan empedu sendiri.

Maka dari itu, cara menjaga kesehatan pankreas salah satunya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Konsumsi makanan rendah kalori dapat secara efektif menurunkan resiko terbentuknya batu empedu. Anda juga sebaiknya menghindari berbagai makanan yang digoreng atau mengandung minyak tinggi karena bisa menghambat kinerja pankreas.

4. Perhatikan diet yang dilakukan

Apakah anda orang yang termasuk melakukan diet ekstrim untuk mendapatkan tubuh ideal, membiarkan tubuh kelaparan karena kekurangan karbohidrat, sehingga menggantinya dengan konsumsi protein yang tinggi? Jika iya, cara menjaga kesehatan pankreas yang bisa anda mulai sekarang adalah mengubah kebiasaan diet yang satu ini.

Sebenarnya cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dilakukan secara bertahap dengan mengurangi porsi makanan dan meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga. Saat anda melakukan diet ekstrim dan mengalami penurunan berat badan secara besar-besaran, maka organ seperti hati dan pankreas akan bekerja keras menjaga kecukupan gizi dengan menghasilkan kolesterol. Setelah itu, kolesterol ini akan meningkatkan resiko anda terkena batu empedu.

5. Konsumsi sayur

Cara menjaga kesehatan pankreas yang satu sangat mudah, yakni mengonsumsi sayur. Sayur memiliki peranan tinggi untuk menjaga kesehatan tiap organ pada tubuh anda, tak terkecuali pankreas. Selain itu, sayur-sayuran juga termasuk ke dalam makanan rendah lemak sehingga cocok bagi anda yang ingin melakukan diet maupun menjaga tubuh anda agar tetap ideal.

Beberapa sayuran yang dianjurkan untuk kesehatan pankreas adalah sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, dan sawi. Beberapa sayuran lain seperti bawang putih, kol, lobak, dan kembang kol juga baik untuk meningkatkan kesehatan pankreas.

6. Rajin minum air putih

Seperti diketahui, air putih atau air mineral memiliki fungsi alamiah sebagai detoks alami bagi tubuh manusia. Konsumsi air putih secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan setiap hari sangat dianjurkan bagi anda. Hal ini dapat membantu sirkulasi dalam tubuh anda, termasuk pencernaan dan membantu mengeluarkan berbagai racun yang bersarang di usus, ginjal, sampai pankreas. Untuk hasil maksimal, usahakan untuk tetap mengonsumsi air mineral sebanyak 8-10 gelas per harinya.

7. Hindari obat-obatan tertentu

Tak hanya alkohol saja yang perlu anda hindari, tetapi juga jenis obat-obatan tertentu. Cara menjaga kesehatan pankreas ini dapat anda lakukan tak hanya pada beberapa obat anti-depresan atau psikotropika saja, obat sederhana yang sering anda jumpai seperti paracetamol, aspirin, maupun ibuprofen juga seringkali disalahgunakan.

Bila anda mengonsumsi obat-obatan tersebut di atas batas yang seharusnya, maka hati akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh sebagai bentuk perlindungan alami. Hal ini akan menghasilkan cairan empedu dan meningkatkan penyakit pankreatitis, akibat sumbatan pada empedu dan menyebabkan batu empedu.

8. Hindari kafein berlebih

Selain konsumsi air putih yang banyak, sebaiknya perhatikan juga asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh anda. Perlu anda ketahui, kafein yang terkandung dalam minuman seperti teh dan kopi dapat mengakibatkan peradangan di dalam pankreas, karena tingkat keasaman di dalam pankreas yang meningkat.

Cara menjaga kesehatan pankreas tak harus dengan menghindari beberapa makanan, tetapi juga dengan mengonsumsi beberapa makanan serta minuman yang dapat membantu memperlancar kesehatan pankreas. Jalan alternatif yang dapat anda ambil untuk mengurangi konsumsi kopi adalah menggantinya dengan teh herbal yang baik untuk kesehatan.

9. Jangan makan larut malam

Saat malam hari, kinerja pankreas dalam menghasilkan enzim akan berkurang seiring kondisi tubuh yang ikut menurun. Sehingga dengan makan pada malam hari akan memaksa pankreas untuk bekerja lebih keras dan menyebabkan gangguan pada pankreas anda. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pada pankreas dan berujung pada peningkatan lemak dalam tubuh.

10. Kurangi Junk Food

Cara menjaga kesehatan pankreas yang terakhir adalah mengurangi konsumsi junk food sebagai penghasil utama lemak jahat atau kalori dalam tubuh manusia.

Cara Menormalkan Kerja Pankreas

Mungkin sering terlintas di benak anda bagaimana mengatasi atau penanganan apa yang tepat ketika mengalami gangguan pada pankreas. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan pankreas yang membuat kerja pankreas kembali normal. Beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menghindari kerusakan pankreas yang lebih parah.

1. Penyuntikan insulin

Cara yang paling sering ditemui untuk menormalkan kembali kerja pankreas adalah melakukan penyuntikan insulin pada tubuh anda. Terlebih bagi anda penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

2. Drainase

Pada anda penderita pseudokista atau penumpukan cairan berlebih pada pankreas, maka sangat dianjurkan untuk melakukan drainase yang berfungsi mengeluarkan atau mengeringkan kista.

3. Penambahan enzim

Cara menormalkan kerja pankreas yang terakhir adalah memberikan tambahan enzim dalam bentuk suplemen enzim.

Gejala Pankreas Bermasalah

Bila anda menemui beberapa gejala di bawah ini, segera periksakan diri anda ke dokter karena anda memiliki resiko lebih tinggi mengalami kerusakan pada pankreas:

  • Demam disertai diare selama lebih dari 4 hari
  • Muntah yang tak wajar (biasanya berwarna hijau atau warna kecoklatan, diakibatkan karena penumpukan racun dari empedu)
  • Pembengkakan pada perut
  • Detak jantung mengalami percepatan daripada biasanya.

Nah, di atas adalah beberapa cara menjaga kesehatan pankreas sampai gejala pankreas bermasalah yang perlu anda waspadai. Pastikan anda memperhatikan kesehatan sebagai hal paling utama di dalam kehidupan. Bila merasakan sedikit saja gejala tidak biasa, segera konsultasikan dengan dokter ahli.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *