Inilah 6 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

By

Sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria perlu diketahui dengan baik. Layaknya organ tubuh yang lain, organ reproduksi juga penting untuk dijaga kesehatannya. Kesehatan organ reproduksi ditandai dengan tidak adanya penyakit baik ringan maupun kronik.

Selain penyakit, organ reproduksi yang tidak sehat juga berpengaruh terhadap kesuburan reproduksi dan tentu saja berdampak pada kemudahan dalam mendapatkan keturunan. Oleh karena itu, penting bagi pria untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Berikut cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria!

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Ada beberapa cara menjaga alat reproduksi pria yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria yang pertama adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat. Anda bisa mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Baca juga : 6 Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar Terhindar Dari Penyakit

Setiap makanan yang Anda konsumsi sebaiknya mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, olahraga teratur dan tidak stres dengan mendapatkan tidur yang cukup juga mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda.

Tidak Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok bahkan sampai berlebihan, mulai saat ini berhenti. Hal ini karena merokok dapat mempengaruhi kesuburan organ reprduksi pria. Pria yang merokok memungkinkan arteri kecil tersumbat, sehingga mengurangi aliran darah ke penis.

Akibatnya, penis Anda mengalami penurunan ereksi selama berhubungan intim dengan pasangan. Maka, mengurangi atau tidak sama sekali merokok, bisa anda jadikan sebagai cara merawat alat reproduksi pria yang tepat.

Berhenti Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Selanjutnya, cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria adalah dengan tidak minum alkohol. Minuman beralkohol diketahui bisa mempengaruhi kerja hormon reproduksi seperti testosteron. Hormon ini berfungsi dalam perkembangan penis, testis, produksi sperma, dan dorongan seks atau libido.

Jumlah hormon testosteron harus seimbang di dalam tubuh, tidak berlebihan dan kekurangan. Jika jumlah testosteron Anda tinggi, maka kesehatan reproduksi terganggu seperti impotensi, testis menyusut, dan jumlah sperma rendah.

Sebaliknya, apabila jumlah testosteron rendah maka Anda bisa mengalami gangguan kesuburan dan libido rendah. Masalah ini sangat serius, maka dari itu Anda sebaiknya mengurangi bahkan berhenti untuk mengkonsumsi minuman beralkohol. Itulah cara menjaga alat reproduksi pria yang wajib dilakukan.

Melakukan Seks secara Aman

Hal lain yang menjadi cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria adalah melakukan seks secara aman. Dengan menggunakan pengamanan saat seks, resiko penyakit menular bisa dikendalikan.

Cara menjaga alat reproduksi pria dari beragam penyakit saat berhubungan intim adalah dengan menggunakan kondom. Lalu juga wajib tidak berganti-ganti pasangan seks, dan menjaga kebersihan alat kelamin setelah seks. Kondom diketahui memberikan perlindungan sepuluh kali lipat daripada tidak memakai sama sekali.

Penggunaan kondom yang benar dan teratur saat berhubungan intim, bisa mencegah penularan penyakit kelamin. Kondom juga bisa mencegah penularan HIV meski tidak ada jaminan seratus persen.

Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi

Bersihkan alat reproduksi secara rutin dan jaga agar tetap kering merupakan cara menjaga alat produksi pria untuk tetap sehat. Organ reproduksi yang kotor dapat mengeluarkan bau tidak sedap, infeksi jamur dan bakteri, serta penyakit menular. Ada beberapa penyakit menular seksual antara lain sifilis, gonore, dan klamidia.

Baca juga : 8 Penyakit Sistem Reproduksi Manusia yang Wajib Anda Waspadai

Penyakit sifilis dikarenakan adanya infeksi bakteri treponema pallidum, gonore oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, dan klamidia oleh bakteri clamidia trachomatis. Agar Anda tidak mengalami penyakit kelamin tersebut, jaga kondisi daerah kelamin tetap bersih dan kering.

Ganti celana dalam rutin dan pilih bahan katun

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan sebagai cara menjaga kesehatan alat reproduksi pria adalah mengganti celana dalam secara rutin. Tak hanya itu, anda pun harus memilih celana dalam dengan material katun karena bisa menyerap keringat dengan baik.

Kain katun juga diketahui memberikan aliran udara yang baik sehingga alat kelamin tetap kering. Anda pun harus memastikan celana dalam dicuci secara bersih segera setelah selesai digunakan supaya terhindar dari jamur.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi pria yang dapat Anda lakukan setiap hari. Jika Anda mengalami ketidaknormalan pada organ reproduksi, segera periksakan ke dokter spesialis kelamin. 

Tinggalkan komentar