9 Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Agar Terhindar dari Corona

sumbersehat.com – Paru-paru adalah salah satu organ vital bagi manusia, dan Anda perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan organ pernapasan ini. Paru-paru adalah sistem organ pernapasan yang berperan juga dalam sistem peredaran darah. Tahukah Anda? Bahwa paru-paru membutuhkan oksigen sebanyak 550 liter setiap harinya.

Paru-paru yang sehat dapat menyediakan oksigen dalam jumlah besar dan menyuplai ke dalam darah. Ketersediaan oksigen yang cukup, memberi dampak baik bagi tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan paru-paru sangat penting. Berikut ini penjelasan serta cara menjaga kesehatan organ pernapasan!

cara menjaga kesehatan organ pernapasan
kesehatan organ pernapasan

Mengapa Kita Harus Menjaga Kesehatan Pernapasan?

Menjadi suatu hal yang perlu kita ketahui, mengenai organ pernapasan ini. Selain karena organ vital, hal lain apa dan mengapa kita harus menjaga kesehatan organ pernapasan? Menjaga kesehatan paru-paru itu penting, untuk mendapatkan oksigen yang diperlukan untuk metabolisme tubuh.

Maka dari itu, sangat penting menjaga paru-paru agar tetap berfungsi dengan baik. Bila terjadi masalah dalam sistem pernapasan, akan membuat aktivitas terganggu bahkan bisa menyebabkan kematian. Gangguan pernapasan sangat beragam, seperti TBC, asma, pneumonia, dan lain-lain. Sehingga, Anda perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan organ paru-paru.

Apa Sajakah Cara Menjaga Kesehatan Organ Paru-Paru?

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan organ paru-paru yang tepat, diantaranya adalah:

Rutin Melakukan Olahraga

Dikala penatnya rutinitas, melakukan olahraga pun perlu. Hal ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan organ pernapasan. Berolahraga membuat tubuh aktif bergerak, dan hal ini dapat membuat sirkulasi tubuh berjalan dengan lancar. Hal ini, akan membuat paru-paru lebih terjaga kesehatannya. Ada banyak sekali jenis olahraga yang dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan organ pernapasan.

Olahraga renang, bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan fungsi kerja dan jantung, lho. Selain bisa meningkatkan tinggi badan, renang mempunyai fungsi demikian. Hal ini dapat memicu aliran darah dari jantung, pembuluh darah dan paru-paru. Olahraga lainnya, seperti bulu tangkis dan bersepeda. Bulu tangkis memberi manfaat untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan.

Jika Anda rutin melakukan ini, kesehatan organ pernapasan semakin baik, sehingga oksigen yang dihirup makin banyak. Bersepeda pun dapat menyehatkan jantung dan paru-paru, tentunya semua otot pun terlibat merasakan manfaatnya.

Konsumsi Makanan Bergizi

Segala makanan yang masuk dalam tubuh, berdampak baik dan buruk tergantung dari pola makan sehari-hari. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, ini turut mempengaruhi kesehatan organ pernapasan. Makanan yang kurang akan nutrisi, akan lebih rentan mengalami gangguan pernapasan.

Makanan yang sebaiknya dicerna sebagai cara menjaga kesehatan organ pernapasan, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa fenolik dan flavonoid. Salah satu contoh, dengan mengonsumsi jus apel sehari. Jus apel ini dapat mengurangi risiko mengalami penyakit asma. Hal ini dikarenakan apel bisa mengurangi peradangan di saluran udara.

Masih banyak sekali segala macam jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk menghindari segala macam penyakit organ pernapasan. Mengonsumsi ikan salmon dipercaya membantu menurunkan peradangan di paru-paru, karena mengandung Omega 3. Secangkir kopi dapat memperbaiki pernapasan serta meningkatkan fungsi paru-paru, dan masih banyak lagi.

Banyak Meminum Air Putih

Dengan rutin meminum air putih setiap hari, menjadi salah satu cara menjaga kesehatan organ pernapasan paling sederhana. Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari, ini akan membantu melarutkan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan. Sehingga tidak akan menyebabkan penyumpatan dalam organ paru-paru.

Hindari Merokok

Kebiasaan yang harus dihindari untuk menjaga pernapasan, dengan menghindari merokok. Merokok bisa mengundang berbagai masalah dalam gangguan pernapasan, seperti TBC, bronkitis, pneumonia, bahkan kanker paru-paru. Hal ini tentunya sangat berbahaya. Menghindari diri dari merokok menjadi jalan efektif sebagai cara menjaga kesehatan organ pernapasan.

Hindari Paparan Polusi

Terus-menerus menghirup udara yang terpapar polusi, akan membuat kinerja paru-paru terganggu. Polusi bukan hanya berasal dari asap kendaraan, tetapi bisa juga dari asap rokok, asap pabrik, bahkan bahan kimia yang terlepas ke udara. Hal ini dapat merusak sistem pernapasan. Sebagai cara menjaga kesehatan organ pernapasan, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari polusi.

Sehingga, kinerja paru-paru akan tetap berfungsi dengan baik dan tubuh tetap sehat. Berikut cara-cara yang tentunya wajib Anda lakukan untuk menjaga organ paru-paru. Jauhi asap rokok, hal ini akan membantu Anda untuk menjaga sistem pernapasan. Jika Anda bukanlah seorang perokok, maka jangan sampai menjadi seorang perokok pasif. Perokok pasif hanya menghirup asapnya, dan ini sangat berbahaya.

Jika Anda berada di lokasi yang terdapat bahan kimia dan asap yang ikut terbawa di udara, selalu gunakan alat pelindung diri yang tepat. Contohnya masker atau alat pelindung diri lainnya. Ini dapat membantu menjaga sistem pernapasan.

Selalu bersihkan rumah Anda dari banyak kotoran dan debu. Setidaknya satu minggu sekali. Jauhkan rumah Anda dari asap rokok, agar tercipta suasana nyaman bagi keluarga. Serta buat banyak ventilasi agar udara bisa keluar masuk, dan udara kotor dapat keluar.

Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri juga termasuk cara menjaga kesehatan organ pernapasan yang harus dilakukan. Diperkirakan, tangan dapat menyebarkan 80% dari penyakit pernafasan, yaitu pilek dan flu. Risiko terkena virus dan bakteri sangat rentan sekali,bukan? Menjaga kebersihan diri sangat penting. Hanya dengan mencuci tangan secara rutin tiap sebelum makan dan sesudah buang air.

Menjaga Keasrian Tempat Tinggal

Ingin keluarga Anda tetap sehat? Lakukan salah satu cara menjaga kesehatan organ pernapasan ini. Faktor pendukung lain, yaitu dengan membuat taman bunga, atau menanam tanaman di sekitar area rumah Anda. Hal ini dapat membuat udara rumah menjadi lebih segar. Produksi oksigen pun akan meningkat dan menyaring polusi serta racun di sekitar rumah Anda.

Cegah dengan Vaksin

Kesehatan pada tubuh, terutama sistem pernapasan bisa didapatkan dengan vaksin. Segala macam penyakit pernapasan, seperti influenza, pneumonia, asma, hingga tbc dapat dihindari dengan adanya vaksin ini. Dengan menghindari berbagai macam penyakit tersebut, kesehatan paru-paru akan lebih terjaga.

Mengecek Kesehatan Pribadi Secara Berkala

Cara menjaga kesehatan organ pernapasan yang terakhir ini, sangat penting dilakukan. Sebagian besar orang belum banyak melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, atau disebut medical check-up. Mereka akan melakukan pemeriksaan ketika ada keluhan saja. Padahal, pemeriksaan kesehatan dapat membantu mendeteksi permasalahan apa saja dalam tubuh, terutama organ pernapasan.

Pengecekan kesehatan ini dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan lebih umum dengan mengecek kondisi organ vital seperti jantung dan paru-paru. Dalam kondisi normal, laju pernapasan selama 16-20 napas per menit. Jika melebihi 20 kali per menit, maka terjadi gangguan pernapasan. Tentunya, dengan tes kesehatan, kita akan tahu kondisi tubuh kita secara lengkap.

Ada banyak sekali cara menjaga kesehatan organ pernapasan yang telah diulas lengkap di atas. Betapa pentingnya menjaga kesehatan sistem pernapasan, karena ini sangat penting dalam kelangsungan kinerja tubuh. Cara yang dilakukan juga cukup mudah untuk ditiru.

Oleh karena itu, Anda harus rajin menjaga kesehatan pernapasan maupun tubuh secara keseluruhan. Kondisi lingkungan dan cuaca yang buruk, kini tengah menyelimuti kehidupan. Pentingnya menjaga kesehatan tubuh, agar bisa beraktivitas lebih baik. Lebih baik untuk mencegah daripada mengobati jika sudah terkena berbagai macam penyakit, terutama pada paru-paru.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

gaya hidup sehat alami

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar. Sehat tidaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *