10 Cara Menjaga Kesehatan Masyarakat di Tengah Pandemi, Ikuti Ya!

By

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi memang sedang digalakkan pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah saling bekerja sama untuk menekan angka kematian yang diakibatkan oleh virus Corona. Pada Minggu (4/10) lalu, angka positif Corona di Indonesia telah mencapai 303.498 dan terus mengalami peningkatan. Sayangnya hal ini juga diikuti dengan angka kematian yang terus meningkat menjadi 11.151 orang.

Oleh karena itu, peran masyarakat di tengah pandemi ini memang sedang diuji. Baik di sektor kesehatan, perekonomian, sampai mental. Sebelum memecahkan berbagai masalah yang kian kompleks, ada baiknya anda juga memperhatikan beberapa hal yang berkenaan dengan protokol kesehatan. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini!

cara menjaga kesehatan masyarakat

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Masyarakat di Tengah Pandemi

Ada beberapa cara menjaga kesehatan warga masyarakat yang harus Anda lakukan, diantaranya:

Hindari berkerumun di tempat ramai

Cara menjaga kesehatan masyarakat yang paling utama adalah menghindari berkerumun di tempat yang ramai. Salah satu kegagalan Indonesia dalam menghadapi virus Corona adalah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tidak maksimal. Baca juga Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang memilih keluar rumah walau sudah ada anjuran dari pemerintah. Sehingga di kemudian hari menimbulkan beberapa klaster baru dari virus Corona yang kebanyakan diakibatkan karena tempat keramaian dan memiliki banyak lalu lintas perdagangan, salah satunya adalah pasar ataupun mall.

Menghindari bus atau kendaraan umum

Cara menjaga kesehatan masyarakat selanjutnya adalah mengurangi mobilitas menggunakan kendaraan umum ataupun bus. Seringkali anda temukan di beberapa kota besar dan ramai penduduk ada banyak kendaraan umum atau bus yang dioperasikan dengan maksud mengurangi kemacetan lalu lintas.

Sayangnya, beberapa bus trans yang menggunakan AC justru menimbulkan kemudahan dalam penularan virus Corona. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa virus Corona dapat bertahan beberapa detik di udara bebas menyebabkan risiko penularan di dalam ruangan ber-AC lebih tinggi.

Gunakan masker di manapun

Selanjutnya, peranan masker di masyarakat adalah sebagai senjata utama melakukan berbagai aktivitas. Namun, di beberapa daerah penggunaan masker tidak dilakukan dengan patuh. Masih ada beberapa elemen masyarakat yang tidak menggunakan masker. Padahal, masker dibuat sebagai alat pengaman utama dalam melindungi diri sendiri dari virus Corona.

Cara menjaga kesehatan masyarakat adalah dengan menggunakan makser baik di kantor, sewaktu melakukan aktivitas di luar ruangan, maupun pada saat berkendara dengan mobil pribadi. Pastikan masker yang anda gunakan dapat dicuci setelah pemakaian atau dibuang apabila sekali pakai. Selain itu, anda juga harus mengganti masker selama 3-4 jam sekali.

Cuci tangan

Cara menjaga kesehatan masyarakat tentunya adalah cuci tangan. Pastikan anda mencuci tangan sesering mungkin dan bila anda sedang jauh dari tempat cuci tangan atau wastafel, anda bisa menggunakan hand sanitizer. Untuk menjaga agar tangan anda tetap bersih pada saat berbelanja, anda dapat menggunakan sarung tangan.

Masyarakat setempat juga bisa mengalokasikan dana untuk pembangunan tempat cuci tangan di beberapa tempat atau wilayah yang ramai dengan mobilitas masyarakat. Sehingga, orang yang berlalu lalang tak perlu kesulitan untuk mencuci tangan bila tidak memiliki hand sanitizer.

Lakukan swab test

Tes swab adalah serangkaian pemeriksaan medis untuk memastikan apakah anda terinfeksi virus Corona atau tidak. Hal ini dilakukan untuk pencegahan penularan virus Corona menjadi lebih luas. Beberapa orang yang terinfeksi positif Corona dapat langsung menjalani perawatan, sehingga tingkat kematian dapat diminimalisir.

Swab test menjadi cara menjaga kesehatan masyarakat karena maraknya pasien Corona yang memiliki virus, tetapi tak memiliki gejala. Anda juga bisa melakukan rapid test terlebih dahulu untuk mendeteksi adanya kejanggalan pada sistem imun anda.

Mengonsumsi makanan bergizi

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh dalam menghadapi pandemi Corona ini memang tak lepas dari peranan imun tubuh. Virus yang menyerang tubuh tentunya tak hanya berasal dari Corona, melainkan beberapa virus atau bakteri lain, dari TBC sampai kolera yang masih saja terjadi di tengah pandemi.

Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kesehatan masyarakat adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung vitamin C demi memaksimalkan kemampuan imun tubuh. Khususnya bagi kaum hawa, disarankan untuk menghindari diet secara ekstrim terlebih dahulu. Anda sebaiknya mendahulukan kesehatan imun tubuh di tengah pandemi.

Melakukan kegiatan atau olahraga

Sehubungan dengan imun dan pentingnya menjaga kesehatan tubuh, selain dengan mengonsumsi makanan bergizi anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Hal ini dapat membantu anda meningkatkan imun tubuh. Tak hanya itu, berbagai penyakit seperti nyeri sendi dan obesitas yang meningkat di tengah pandemi pun dapat diatasi.

Cara menjaga kesehatan masyarakat ini tak hanya berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Manfaat lainnya adalah sebagai salah satu media healing bagi anda yang harus menjalani segala aktivitas di dalam rumah. Tak hanya orang dewasa, tingkat stress yang melanda para remaja dan anak-anak selama pandemi dapat diringankan dengan berolahraga atau melakukan meditasi.

Istirahat dan tidur cukup

Kemudian, setelah makanan bergizi dan olahraga maka anda juga dianjurkan untuk memiliki pola tidur yang baik. Jam tidur tak menentu di tengah pandemi dapat mempermudah masuknya berbagai virus dan bakteri ke dalam tubuh. Sehingga, pastikan walaupun anda di rumah saja dan melakukan pekerjaan dari rumah, jam tidur pun harus terpenuhi sekitar 6-8 jam.

Menghindari perjalanan jauh

Cara menjaga kesehatan masyarakat selanjutnya adalah menghindari mobilitas tinggi dengan jarak yang jauh. Misalnya melakukan perjalanan ke luar daerah atau bahkan provinsi. Memang, akibat pandemi berbagai penerbangan dan tempat wisata mengalami penurunan harga, tetapi risiko untuk tertular Covid juga tinggi. Bahkan anda bisa jadi pembawa virus ke tempat yang anda kunjungi atau justru sebaliknya. Maka sebaiknya menghindari sebagai bentuk preventif.

Menaati anjuran pemerintah

Terakhir, cara menjaga kesehatan masyarakat saat covid 19 ini adalah harus mengikuti berbagai anjuran dari pemerintah. Langkah ini dilakukan untuk menekan angka persebaran virus Corona. Menghindari kerumunan sampai menggunakan masker di manapun anda berada adalah salah satu anjuran dari pemerintah yang dapat anda ikuti sebelum akhirnya peningkatan jumlah positif diiringi dengan meledaknya angka kematian.

Makanan Sehat Saat Pandemi

Adapun makanan sehat yang baik dikonsumsi kala pandemi seperti ini adalah:

Perbanyak vitamin

Terdapat beberapa jenis buah dengan kandungan vitamin masing-masing. Di tengah pandemi ini anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi vitamin untuk meningkatkan imun sekaligus menjaga kesehatan anda dari berbagai penyakit lainnya.

Hindari lemak berlebih

Selama pandemi, anda dapat menghindari beberapa makanan cepat saji atau makanan instan. Hal ini dikarenakan makanan tersebut memiliki vitamin yang rendah, justru lemak berlebih yang dapat meningkatkan obesitas.

Mineral

Konsumsi air mineral sangat dibutuhkan pada saat pandemi juga sangat penting untuk selalu menjaga keseimbangan cairan tubuh anda. Sehingga usahakan tetap memenuhi kebutuhan air minum anda setiap harinya.

Nah, di atas adalah beberapa cara menjaga kesehatan masyarakat selama pandemi sampai makanan sehat saat pandemi yang dapat anda terapkan sebagai gaya hidup sehat. Kunci untuk menekan tingkat kematian akibat Corona adalah kesadaran diri dan masyarakat serta peran masing-masing elemen masyarakat dalam mematuhi protokol.

Tinggalkan komentar