Ketahui 9 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Anda Agar Terhindar Dari Kanker!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan kulit sangat wajib untuk diketahui. Hal itu karena kulit yang tampak sehat dan indah merupakan impian semua orang. Namun, untuk mendapatkan semua itu ternyata tidaklah mudah. Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan kerusakan kulit, diantaranya adalah faktor lingkungan yang buruk, pertambahan usia, juga kebiasaan yang buruk. Sepanjang hidup manusia kondisi kulit akan selalu mengalami perubahan, entah ke arah yang lebih baik atau bahkan lebih buruk.

Mengapa penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit? Hal tersebut dikarenakan kulit merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki oleh manusia. Kulit terdiri dari tiga bagian, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Epidermis yang merupakan organ terluar pada kulit memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk melindungi organ dibawahnya. Salah satunya yaitu untuk melindungi kulit dari faktor-faktor perusak diluar tubuh. Sehingga sudah sewajarnya agar kita selalu menjaga kesehatan kulit.

cara menjaga kesehatan kulit

Inilah cara menjaga kesehatan kulit agar selalu sehat dan tampak indah

Dibawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa menjaga kulit tetap sehat:

1. Waktu Tidur Yang Cukup

Waktu tidur merupakan waktu yang penting bagi setiap orang. Karena nyatanya tidur bukan hanya menghilangkan rasa kantuk, tapi juga penting bagi kesehatan. Kurangnya waktu tidur akan berpengaruh pada kesehatan kita, salah satunya adalah kesehatan kulit. Waktu tidur yang tidak cukup akan membuat kulit anda terlihat kusam, dan lelah. Selain itu, kurangnya waktu tidur juga bisa menimbulkan kantung mata yang menghitam di bawah mata.

Waktu tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 7-9 jam dalam sehari. Selama anda tertidur, tubuh akan dengan sendirinya memproduksi kolagen yang akan mencegah pengenduran kulit. Selain itu juga, tubuh akan secara alami meregenerasi kulit, otot, dan sel darah. Maka dari itu memiliki waktu tidur yang cukup merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kulit yang bisa anda lakukan.

2. Membersihkan Wajah Dan Memakai Pelembab

Cara menjaga kesehatan kulit yang pertama adalah dengan membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran. Pastikan untuk mandi 2 kali sehari untuk membersihkan tubuh dari bakteri dan kotoran yang menempel. Akan tetapi mandi dengan waktu yang terlalu lama juga tidak baik, karena itu akan menghilangkan minyak pada kulit. Yang pada akhirnya menjadikan kulit menjadi sangat kering.

Khusus untuk menjaga kulit wajah sebaiknya bersihkan dengan air hangat setiap pagi dan malam hari. Selain itu jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dari bekas make up sebelum tidur. Pemakaian pelembab juga diperlukan untuk melindung dari sinar matahari. Pilihlah pelembab yang cocok dengan kulit anda, sehingga nantinya tidak mengalami iritasi pada wajah.

3. Menjaga Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Cara menjaga kesehatan kulit yang selanjutnya adalah menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari memiliki efek yang tidak baik bagi kulit. Oleh karena itu bagi anda yang melakukan aktifitas di tempat yang terpapar sinar matahari, sebaiknya lindungi kulit dengan tabir surya.

Tabir surya yang digunakan di utamakan yang mengandung SPF lebih dari 15 dan mengaplikasikannya 20 menit sebelum beraktifitas. Ulangi kegiatan ini 2 jam sekali atau sesering mungkin untuk tetap melindungi kulit anda. Pakailah juga pakaian berlengan panjang serta topi sebagai pelindung tambahan.

4. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Kebiasaan satu ini bisa membuat kulit terlihat lebih cantik dan tetap muda. Cara menjaga kesehatan kulit dengan memperbanyak asupan yang sehat bukanlah hal yang sulit. Pertama pilihlah makanan yang mengandung vitamin C, kolagen, dan vitamin E.

Vitamin C bisa ditemukan pada bayam, kiwi, jeruk dan tomat. Sedangkan kolagen bisa ditemukan pada bawang putih, ikan-ikanan, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan serta daging tanpa lemak. Untuk vitamin E anda bisa mendapatkan pada buah alpukat, kiwi, kacang, dan cabai. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menjaga kulit Anda dengan baik.

5. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Cara menjaga kesehatan kulit yang kedua adalah hindari mengonsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat merusak kulit karena dapat mengganggu produksi kolagen dalam tubuh, sehingga hal tersebut bisa menjadikan kulit dehidrasi. Selain itu, alkohol juga dapat merusak organ yang menghilangkan racun, sehingga akhirnya racun itu menumpuk dan tidak terbuang dengan baik. Pada akhirnya racun yang ada pada tubuh menjadikan kulit menjadi kusam dan berjerawat.

6. Hindari Merokok

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan tidak merokok. Merokok merupakan kebiasaan yang tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun juga bagi kesehatan kulit. Zat kimia yang ada didalam rokok memiliki efek buruk bagi kesehatan kulit diantaranya, membuat kulit kering, kasar, dan kusam. Pergerakan yang dilakukan saat merokok bisa menyebabkan adanya garis-garis halus, yang nampak seperti penuaan dini.

7. Menghindari Stress

Stress merupakan hal sering dialami oleh banyak orang, namun tahukah anda stres bisa merusak kesehatan kulit? Saat orang-orang merasa stres, secara alami bisa memicu produksi minyak berlebih, terlebih pada bagian wajah. Bila kulit memiliki jumlah minyak terlalu banyak, itu akan menyebabkan pori-pori wajah tertutup yang akhirnya menimbulkan jerawat.

Untuk menghindari stress anda bisa melakukan hal yang menyenangkan seperti menonton film komedi, melakukan hobi, atau bercerita kepada orang terdekat. Oleh karena itu menhindari stress adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit.

8. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh, namun ternyata olahraga juga bisa menyehatkan kulit. Dengan rutin melakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu terbukti bisa menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Aktivitas olahraga dapat memperlancar peredaran daran dan menciptakan daya tahan tubuh yang lebih baik. Oleh karena itu dengan melakukan olahraga secara rutin menjadi cara menjaga kesehatan kulit.

9. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Cara menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Kekurangan cairan akan menyebabkan terjadinya dehidrasi, dan ketika itu terjadi kulit anda akan menjadi kering, kasar, dan bersisik ketika digaruk. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya bisa membuat kulit tetap dalam keadaan terhidrasi. Umumnya setiap orang disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan kulit yang dapat Anda lakukan. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk dapat lebih memperhatikan mengenai kesehatan kulit. Untuk melakukan itu, anda bisa memulainya dengan merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik.

Seperti yang telah disampaikan diatas, ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa memilih untuk memulai dengan cara yang mana, namun yang terpenting adalah tekad yang kuat untuk melakukan semua itu. Karena tanpa tekad yang kuat semua usaha anda akan berakhir sia-sia. Tetap simak sumbersehat.com untuk mendapatkan informasi terkini tentang kecantikan dan kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *