15 Cara Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat sampai Melahirkan, Simak!

sumbersehat.com – Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga tiba saatnya melahirkan nanti sangat penting diketahui. Selain menjaga kesehatan janin dan membuat perkembangannya sempurna, tentu saja untuk menjaga kesehatan dan stamina ibu hamil sendiri.

Masa kehamilan tentunya merupakan masa yang dinanti-nanti oleh sebagian besar wanita. Oleh sebab itu penting bagi setiap ibu hamil, khususnya pada trimester pertama untuk mengetahui cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat. Hal ini juga dikarenakan kesehatan ibu hamil secara langsung akan mempengaruhi kesehatan serta perkembangan janin. Simak tipsnya berikut ini!

cara menjaga kehamilan agar tetap sehat
menjaga kehamilan

Inilah Cara Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat

Adapun tips menjaga kehamilan agar tetap sehat adalah:

1. Rutin kontrol ke dokter

Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat yang pertama adalah rutin ke dokter kandungan anda. Segera setelah mengetahui bahwa Anda positif hamil, sebaiknya tidak menunda untuk melakukan kontrol secara rutin ke dokter kandungan. Hal ini sangat penting demi mengetahui kondisi dan perkembangan janin di dalam perut.

2. Konsumsi makanan bergizi dan sehat

Tips yang satu ini wajib dilakukan, yakni mengonsumsi makanan sehat serta bergizi seperti buah, sayur-sayuran, serta bermacam menu sehat lainnya. Terutama bagi Anda yang sedang hamil muda, meski rasa mual sering dirasakan, Anda tetap harus memakan makanan bergizi.

3. Tetap terhidrasi

Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat adalah menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Sumber cairan terbaik adalah air putih, karena terbukti efektif melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim Anda. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka Anda akan terhindar dari resiko kelelahan dan dehidrasi saat hamil.

4. Berolahraga

Siapa bilang saat hamil tidak boleh berolahraga? Berolahraga saat hamil merupakan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat sekaligus menjaga kebugaran tubuh sehingga terhindar dari serangan penyakit. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, yoga, berjalan, berenang, dan senam selama 30 menit setiap hari.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain: meningkatkan energi, memperkuat otot, mengurangi sakit punggung, mengurangi stress, memperbaiki kualitas tidur, serta meringankan sembelit. Namun begitu, Anda harus mengetahui gerakan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda, seperti mengangkat benda berat, atau melakukan pekerjaan rumah yang melibatkan produk berbahan dasar kimia.

5. Minum susu secara rutin

Konsumsi susu secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga tiba masanya melahirkan nanti. Susu yang Anda konsumsi sebaiknya mengandung asam folat, vitamin D, zat besi, serta kalsium untuk mendukung tumbuh kembang pembentukan organ janin.

6. Hindari pemicu stres

Dampak stres pada tubuh tidak dapat disepelekan. Menghindari pemicu stres merupakan salah satu cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat. Lakukanlah kegiatan yang dapat membuat anda lebih rileks ketika tingkat stres Anda dirasakan mulai meningkat. Anda bisa menceritakan masalah kepada pasangan atau bermeditasi sesekali.

7. Istirahat dan tidur yang cukup

Selama masa kehamilan, ibu hamil tentunya akan kerap mengalami kelelahan berlebih sehingga membutuhkan istirahat yang cukup demi memulihkan kondisi serta tenaga. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat adalah segera beristirahat ketika lelah dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

8. Konsumsi vitamin prenatal

Konsumsi vitamin dibutuhkan karena asupan nutrisi yang didapatkan sehari-hari belum cukup sehingga Anda memerlukan asupan vitamin tambahan. Vitamin prenatal ini punya peran penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Konsumsilah suplemen asam folat terutama selama 12 minggu pertama masa kehamilan, karena telah terbukti menurunkan resiko cacat tabung saraf pada perkembangan janin.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin B12 serta folat sebagai salah satu cara menjaga kehamilan agar tetap sehat serta menghindari risiko anemia defisiensi. Perlu diingat, selalu konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi vitamin yang tepat untuk Anda.

9. Melakukan vaksin kehamilan

Kerap dilupakan, vaksin kehamilan direkomendasikan untuk didapatkan oleh setiap ibu hamil untuk menurunkan risiko beberapa penyakit yang mungkin berbahaya bagi ibu serta janin. Vaksin kehamilan yang dianjurkan adalah vaksin DPT, vaksin influenza, dan vaksin hepatitis B.

10. Hindari berinteraksi berlebihan dengan hewan

Menghindari berinteraksi dengan hewan secara berlebihan juga termasuk cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Meski sering dianggap sepele, tips yang satu ini perlu mendapat perhatian lebih. Ibu hamil sebaiknya menghindari interaksi yang berlebihan dengan hewan terutama bila hewan tersebut belum mendapatkan vaksin.

Bila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, mintalah pasangan atau orang lain untuk membantu Anda membersihkan kandangnya selama Anda hamil. Ini juga merupakan salah satu gerakan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda.

11. Mengatasi mual tanpa obat kimia

Meski dapat mengatasi mual dengan lebih cepat, sebaiknya ibu hamil tidak mengandalkan obat kimia untuk mengatasi mual. Sebagai alternatif, Anda bisa mengatasi mual dengan cara mengonsumsi makanan segar seperti buah-buahan. Selain itu, Anda juga bisa meminum air jahe untuk mengatasi mual berlebihan ketika hamil.

12. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat selanjutnya yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mulut dan gigi selama masa kehamilan. Hal ini dibutuhkan karena virus atau bakteri dapat dengan mudah tertular. Selain itu, untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi serta kalsium.

13. Ceritakan riwayat kesehatan Anda kepada dokter

Demi mendapat perawatan kesehatan yang tepat, Anda wajib memberitahukan riwayat kesehatan Anda kepada dokter kandungan, termasuk sejarah alergi obat, riwayat kehamilan sebelumnya, serta kondisi kesehatan yang sedang Anda rasakan saat ini. Untuk memilih dokter kandungan, pilihlah yang terbaik dan paling cocok untuk Anda, bukan sekedar karena faktor biaya murah atau lokasi yang dekat dari rumah.

14. Berhenti rokok dan alkohol

Bila Anda merokok dan mengonsumsi alkohol saat hamil, Anda hanya akan meningkatkan resiko cacat pada janin serta pada kasus parah, keguguran. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat yang paling penting adalah meninggalkan rokok dan alkohol, karena tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil dan janin saja, tetapi juga berbahaya bagi setiap orang.

15. Ajak pasangan mulai hidup sehat

Tidak hanya ibu hamil yang harus memulai hidup sehat, tetapi ajaklah juga pasangan Anda untuk memulai hidup sehat seperti berhenti merokok, tidak mengonsumsi alkohol, meninggalkan junk food, serta memulai pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi serta berolahraga rutin.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga sebaiknya rajin mencari informasi seputar kehamilan. Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi secara cuma-cuma melalui berbagai berita dan artikel di internet, ataupun melalui sesi sharing dengan sesama ibu hamil. Tetapi ingat untuk tidak menelan bulat-bulat setiap informasi. Bila Anda ragu, segera konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan kepercayaan Anda.

Satu lagi yang wajib Anda lakukan sebagai cara menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga melahirkan nanti adalah membuat catatan setiap perkembangan yang terjadi selama kehamilan Anda, dari minggu ke minggu, sehingga Anda bisa memantau kesehatan anak Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit mematikan seperti jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *