Mari Ajarkan Si Kecil Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Lewat 5 Langkah Ini!

By

Berbeda dengan orang dewasa, anak kecil seringkali tidak memedulikan kebersihan tubuhnya. Padahal, anak kecil sangat perlu tahu cara menjaga kebersihan tubuh dengan tepat. Karena mereka sering beraktivitas di luar, berinteraksi dengan teman sebayanya, hingga mengeksplorasi benda-benda di sekitar.

Meskipun hal tersebut baik untuk tumbuh kembangnya, Si Kecil tetap harus diajari cara menjaga kebersihan diri. Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan si kecil sekaligus mengajarkannya kebiasaan baik supaya kelak lebih percaya diri.

Akan tetapi, mengajarkan cara menjaga kebersihan tubuh pada Si Kecil terkadang gampang-gampang susah. Namun, itu tetap harus anda lakukan agar mereka mendapatkan manfaat menjaga kebersihan diri saat sudah dewasa nanti.

Kendalanya dalam hal ini adalah Si Kecil belum memahami konsep pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Duh, kalau sudah begitu anda sebagai orang tua harus lebih telaten dan bersabar. Lantas apa saja sih langkah-langkah yang diperlukan untuk mengajarkan si kecil cara menjaga kebersihan tubuh?

Inilah Cara Mengajarkan Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Si Kecil

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjaga kebersihan tubuh si kecil agar tetap sehat di masa pandemic seperti sekarang ini:

Ajarkan rajin cuci tangan dan kaki

Pertama, ajarkan cara menjaga kebersihan diri di bagian tangan dan kaki dulu. Beri pengertian pada Si Kecil bahwa tangan merupakan organ tubuh yang sering terkena benda lain. Jika benda yang dipegang kotor, maka kuman dan virus bisa masuk ke dalam tubuh lewat tangan dan menyebabkan penyakit.

Rajin-rajinlah mengingatkan dan mengajak si kecil untuk cuci tangan setelah beraktivitas di luar. Ajarkan cara mencuci tangan yang benar, yaitu menggunakan sabun yang digosokkan ke seluruh bagian tangan. Lantas dibilas dengan air yang mengalir.

Buat gerakan-gerakan lucu atau cobalah bernyanyi sambil mencuci tangan. Si Kecil akan lebih merasa senang dan tidak akan ragu untuk cuci tangan ketika di sekolah ataupun di luar rumah!

Mengajarkan cara mandi yang benar

Meskipun Si Kecil sudah bisa mandi sendiri, tetapi anda harus memastikan bahwa dia bisa membersihkan tubuhnya dengan benar. Sebab, mandi menjadi cara menjaga kebersihan tubuh yang penting sekali.

Ajarkan urutan-urutan yang benar saat mandi. Dimulai dengan membersihkan seluruh bagian tubuh, termasuk sela-sela telinga, rambut, punggung, dan kaki. Dengan memberikan urutan-urutan ini, maka Si Kecil akan tahu apa yang harus dia lakukan. Cara ini juga bisa mencegah Si Kecil berlama-lama di kamar mandi.

Tanamkan kebiasaan gosok gigi

Selanjutnya, ajarkan cara menjaga kebersihan tubuh pada bagian mulut dan gigi. Tanamkan kebiasaan menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur. Kegiatan ini terkadang luput dilakukan, padahal kebersihan gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Agar tidak malas, segera ajak si kecil menggosok gigi begitu dia selesai makan dan setelah dia berganti piyama. Jika perlu, bacakan dongeng sebelum tidur setelah Si Kecil selesai menggosok gigi sebagai hadiah karena telah disiplin.

Jadwalkan waktu memotong kuku

Membersihkan kuku secara rutin merupakan cara menjaga kebersihan diri yang wajib diperhatikan. Sebab, kuku merupakan tempat paling rawan karena bakteri dan kuman bisa menempel di sana. Apabila Si Kecil menggaruk mata, hidung, telinga, atau mulut, maka bakteri dan kuman akan berpindah ke sana.

Untuk menghindari supaya kuku Si Kecil tidak terlalu panjang, anda bisa membuat jadwal potong kuku. Misalnya seminggu sekali setiap hari Sabtu atau Minggu. Pakailah pemotong kuku yang berukuran kecil supaya Si Kecil merasa lebih nyaman. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang berada di bawah kuku, ya.

Baca juga : Apa Itu Penyakit Biduran? Inilah 13 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Contohkan kebiasaan-kebiasaan baik

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa anak merupakan cerminan dari orang tua. Dalam segi membangun kebiasaan baik, hal tersebut sangatlah benar. Apabila anda ingin Si Kecil menerapkan cara menjaga kebersihan tubuh yang benar, maka anda pun juga harus disiplin.

Orang tua harus memberikan contoh yang baik, sebab anak kecil akan meniru kebiasaan orang tua. Anda juga diharapkan untuk selalu menerapkan cara menjaga kebersihan tubuh sebelum mengajarkannya pada si kecil. Sehingga, si kecil semakin yakin dan mudah saat anda ajari tentang kebersihan.

Nah, itu tadi merupakan 5 cara menjaga kebersihan tubuh si kecil. Cara-cara tersebut sebaiknya diajarkan sejak dini ya, agar Si Kecil terbiasa hidup sehat pada saat dewasa nanti.

Tinggalkan komentar