7+ Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Siapa disini yang menyukai kebersihan ? Karena kata pepatah kebersihan adalah sebagian dari iman, tentu menjaga kebersihan sendiri memiliki banyak manfaat bagi diri dan lingkungan. Apalagi jika kita menerapkan kebersihan mulai dari pekarangan rumah sendiri. Sudah tahu belum cara menjaga kebersihan pekarangan rumah ?

Jika pekarangan rumah terlihat bersih dan rapi, penghuni rumah akan lebih betah tinggal di rumah. Begitupula jika ada tamu yang berkunjung, mereka pun akan terkesan dengan pekarangan rumah yang terlihat elok di pandang. Inilah mengapa kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga kebersihan pekarangan rumah yang tepat.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, selain menjaga kebersihan pekarangan rumah kamu pun harus tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri sendiri. Kedua faktor ini penting sekali diterapkan demi kenyamanan dan keamanan bersama. Namun kali ini kita akan uraikan 5 cara menjaga kebersihan pekarangan rumah.

Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Menjaga Kebersihan Teras Rumah

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam rangka menjaga kebersihan pekarangan rumah adalah dengan menjaga kebersihan teras rumah. Mengapa harus teras rumah ? Sebab, teras adalah bagian terdepan dari rumah yang harus senantiasa terjaga kebersihannya agar tak menjadi penyebab timbulnya bibit penyakit.

Teras yang merupakan pijakan pertama bagi penghuni rumah ini hendaknya selalu bersih dan rapi. Jika di teras tergeletak beberapa perabotan rumah seperti rak sepatu, baiknya posisikan rak sepatu dengan rapi dan terhindar dari debu. Usahakan menata rapi kembali sepatu yang berserakan dan kembalikan pada tempatnya.

Lakukankah pembersihan teras rumah dengan menyapu dan mengepelnya setiap hari. Sehingga teras akan bersih dan bebas dari debu dan tanah. Terlebih saat musim penghujan tiba, sering-seringlah mengepel teras rumah agar lumpur atau bekas genangan air tidak membuat lantai teras licin dan berbahaya.

Jangan lupa juga untuk mengganti keset teras minimal 1x dalam sebulan agar pekarangan rumah senantiasa terlihat bersih. Cara menjaga kebersihan pekarangan rumah sebenarnya sangat simple, cukup rutin membersihkan teras rumah setiap hari agar kebersihan dan kerapihannya tetap terjaga.

Menjaga Kebersihan Taman

Cara menjaga kebersihan pekarangan rumah yang kedua ialah dengan rutin membersihkan taman setiap hari. Taman, adalah bagian dari halaman rumah yang memberi kesan suasana indah bagi sebuah rumah. Jika tamannya nampak terlihat rapi dan indah, maka pekarangan rumah pun akan terkesan lebih mewah dan elok dipandang.

Jika kamu memiliki taman, baik itu taman yang luas atau kecil sekalipun jika dirawat dengan baik maka akan memberikan kesejukan tersendiri. Bagaimana cara merawatnya ? Sangat sederhana, pastikan selalu kebersihan dari tanaman yang tumbuh di taman pekarangan rumah.

Umumnya, setiap taman akan ditumbuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang berwarna warni atau tanaman hijau yang menambah kesejukan. Sebagai pemilik rumah, kamu juga bisa menciptakan keindahan taman dengan memberinya satu, dua atau lebih pot tanaman hias untuk menambah suasana hijau.

Tanaman hijau memberi banyak sekali manfaat lho ! Selain berfungsi sebagai penyumbang udara bersih, ia juga akan sejuk dipandang sehingga membuat siapa saja yang melihat taman di pekarangan rumah tersebut akan merasa kagum.

Menambah nilai plus sebuah rumah cukup mudah didapat dengan cara menjaga kebersihan pekarangan rumah. Bagaimana caranya ? Coba ikuti tips merawat taman berikut ini agar pekarangan rumahmu terkesan lebih rapi.

Rutin Menyapu Taman

Pertama, usahakan untuk rutin menyapu guguran daun-daun taman setiap hari. Sebab, daun berserakan yang dibiarkan begitu saja tidak akan membuat pekarangan rumah terlihat rapi dan bersih.

Terlebih saat angin berhembus kencang, serakan daun akan mengotori pekarangan rumah dan lingkungan sekitar yang tentu saja sangat menganggu kenyamanan. Biasanya, saat musim penghujan tiba, daun yang berserakan di pekarangan akan terbawa arus ke selokan.

Nah, apabila sampah daun terus menumpuk otomatis akan menjadikan selokan mampet. Inilah salah satu penyebab bibit penyakit yang harus dicari jalan keluarnya. Cobalah buat galian tanah di sudut taman untuk dijadikan sebagai tempat khusus pembuangan daun kering.

Menjaga Taman dari Serangan Hama

Tips kedua dalam rangka merawat taman agar senantiasa terlihat rapi dan indah adalah melakukan perawatan taman dari serangan hama seperti ulat atau lebah. Cara menjaga kebersihan pekarangan rumah satu ini penting diperhatikan demi kenyamanan penghuni rumah dan tamu yang berkunjung.

Bukankah kamu tidak ingin jika taman rumah dipenuhi dengan ulat bulu atau lebah ? Jika demikian sebaikny rapikan tanaman dan semak dengan cara mencabut gulma atau memindahkan sarang tawon jika tidak ingin penghuni rumah tersengat oleh lebah.

Membasmi Sarang Nyamuk

Menjaga kebersihan taman dapat dilakukan dengan cara membasmi sarang nyamuk. Karena faktanya, taman adalah tempat bersarangnya nyamuk. Agar terhindar dari bibit penyakit ini, sebenarnya kamu juga perlu tahu bagaimana cara menjaga kebersihan pakaian agar terhindar dari penyakit seperti demam berdarah.

Lantas, bagaimana dengan perawatan taman agar tidak menjadi sarang nyamuk ? Cobalah untuk menanam beberapa tumbuhan seperti selederi, serai atau bunga lavender di taman. Tanaman yang berbau khas ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dari pekarangan rumah kamu.

Menjaga Kebersihan Selokan

Bagaimana cara menjaga kebersihan selokan agar tidak menyebabkan limbah rumah tangga menggenangi pekarangan rumah ? Jika selokan rumah tersumbat, otomatis aka timbul bau tidak sedap yang akan mengganggu kenyamanan penghuni rumah dan sekitarnya.

Maka dari itu, jagalah kebersihan selokan dari segala hal yang dapat menyumbat saluran air. Kamu bisa membuat bak kontrol selokan. Ini artinya, minimal dalam 6 bulan sekali kamu bisa melakukan pembersihan selokan dari sumbatan dedaunan atau sampah yang menggenang.

Menjaga Kebersihan Tempat Sampah

Cara menjaga kebersihan pekarangan rumah selanjutnya yang tak kalah penting dan tak boleh terlewatkan adalah dengan menjaga kebersihan bak sampah. Hal ini tentu saja akan memberi pengaruh yang cukup besar bagi pekarangan rumah kamu.

Mengingat bak sampah termasuk bagian dari halaman, maka kamu harus menjaga kebersihannya agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan tidak menjadi sarang penyakit. Ini dia cara merawat kebersihan tempat sampah :

  • Memisahkan sampah organik dan non-organik
  • Memasukkan samah-sampah rumah dalam kantong khsuus dan ikat dengan rapi untuk meminimalisir tersebarnya bau tidak sedap
  • Membersihkan tempat sampah minimal 1x dalam sebulan untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur dalam bak sampah

Melakukan Penghijauan

Melakukan penghijauan adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat pekarangan rumah dan lingkungan sekitar menjadi tampak asri dan bersih. Penghijauan dapat dilakukan dengan mengajak kerja bakti warga sekitar untuk menanam berbagai macam tumbuhan yang dapat menghijaukan lingkungan. Selain sebagai penyejuk mata, penghijauan juiga berfungsi untuk meminimalisir meningkatnya pencemaran udara.

Cara menjaga kebersihan pekarangan rumah sebenarnya sangat sederhana. Dan membersihkannya adalah sebuah kewajiban agar lingkungan rumah menjadi bersih dan terhindar dari berbagai penyakit. Bukankah tadi kita sepakat bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman ? Jadi, tunggu apalagi ? Jangan lupa rutin jaga kebersihan pekarangan rumah mulai sekarang ya !

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

gaya hidup sehat alami

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar. Sehat tidaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *