Yuk Mulai Hidup Sehat dengan 7 Cara Menjaga Kebersihan Pakaian

Akhir-akhir ini, kita diingatkan kembali bahwa kebersihan merupakan salah satu penyebab seseorang terhindar dari penyakit. Mengingat virus corona yang terus meresahkan banyak masyarakat hingga saat ini, inilah saatnya kamu harus mulai hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan pakaian.

Hidup sehat dengan menjaga kebersihan pakaian adalah salah satu cara menjaga kebersihan diri agar terhindar dari berbagai penyakit. Ternyata, jika kita melakukan aktivitas didukung dengan pakaian yang bersih dan rapi, juga akan mendorong kepercayaan diri meningkat dan memudahkan kita melakukan kegiatan sehai-hari.

Manfaat Menjaga Kebersihan Pakaian

Menerapkan pola hidup sehat dalam berpakaian adalah salah satu kewajiban agar diri terhindar dari berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal. Karenanya, apabila pakaian telah kotor maka harus diganti agar tidak menimbulkan penyakit.

Pakaian merupakan suatu perhiasan yang menjadi identitas seseorang. Dengan mengenakan pakaian yang bersih dan rapi, tentu saja akan memperindah penampilan si pemakainya. Dan tentu saja, akan banyak manfaat yang didapat dari mengenakan pakaian yang bersih seperti :

  • Semakin menambah kepercayaan diri
  • Wangi dan nyaman dikenakan
  • Terhindar dari berbagai kuman dan penyakit
  • Terlihat lebih rapi dan elegan

Cara menjaga kebersihan pakaian sangatlah sederhana, namun manfaat mengenakan pakaian yang bersih tidak sesederhana itu. Dari uraian di atas kita ketahui bahwa akan diperoleh banyak manfaat baik jika benar-benar rutin menjaga kebersihan pakaian.

Yang harus kamu ingat adalah pakaian bersih merupakan kriteria pakaian yang terbebas dari kuman dan penyakit. Inilah mengapa, untuk menerapkan pola hidup sehat kamu pun perlu mencari tahu bagaimana cara menjaga kebersihan rambut agar pakaian yang dikenakan tetap bersih dari bibit kuman dan kotoran rambut.

Sebab, kuman adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit karena kita tidak memperhatikan kebersihan pakaian yang dikenakan. Bakteri yang menempel bisa saja menyebar kemana-mana sehingga rawan terkena penyakit.

Maka dari itu, kenali sejak dini bagaimana cara menjaga kebersihan pakaian agar terbebas dari kekhwatiran terserang penyakit seperti covid-19. Menjaga kebersihan diri dan pakaian harus senantiasa dirutinkan demi kesehatan diri. Bukankah kamu ingin tampil lebih menarik dengan pakaian yang bersih bebas dari kuman ? Oleh karena itu, ikuti 7 cara menjaga kebersihan pakaian yang akan kami uraikan pada artikel kali ini.

Cara Menjaga Kebersihan Pakaian

Sering Mencuci Pakaian

Pakaian yang dikenakan sehari-hari wajib kita jaga kebersihannya dengan cara sering mencuci pakakaian setelah pemakaian, terlebih jika pakaian tersebut sudah kotor dan bau keringat.

Cara menjaga kebersihan pakaian yang pertama adalah dengan mencucinya hingga benar-benar bersih supaya berbagai macam mikroorganisme yang menempel pada pakaian cepat hilang.

Selama mengenakan pakaian tersebut, tentu saja kita tidak tahu bagian mana yang dihinggapi bakteri, kuman ataupun virus bukan ? Mengingat hal ini, maka sebaiknya kita tidak mengenakan kembali pakaian yang sudah dikenakan. Hindari pemakaian yang berulang agar tidak menjadi penyebab semakin banyaknya mikroba yang menempel pada pakaian.

Inilah yang menjadi alasan mengapa kita harus sering mencuci pakaian agar kebersihannya selalu terjaga. Selain pakaian menjadi bersih, rapi dan wangi, mengenakan pakaian tersebut juga penting untuk menjaga kesehatan diri selama beraktivitas.

Cuci Pakaian dengan Mesin Cuci

Cara mejaga kebersihan pakaian berikutnya adalah mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci. Hal ini lebih disarankan daripada mencuci pakaian secara manual dengan tangan. Selain menghemat waktu, cara ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya perpindahan kuman dari pakaian ke tangan saat mencuci.

Yang harus diingat selain menjaga kebersihan pakaian adalah menjaga kesehatan diri agar terhindar dari virus atau kuman yang menempel pada pakaian. Inilah mengapa mencuci menggunakan mesin cuci dinilai lebih aman karena tidak mengharuskan kita bersentuhan langsung dengan pakaian yang kotor.

Terlebih, saat menggunakan mesin cuci dan dilanjutkan dengan pengering, maka virus akan cepat  hilang dan tidak aktif lagi. Bukankah pencucian semacam ini dinilai lebih praktis dalam rangka menjaga kebersihan pakaian dan menjaga kesehatan diri ?

Mencuci Pakaian dengan Air Panas

Jika selama ini kamu terbiasa mencuci pakaian dengan air dingin, maka cobalah untuk menggantinya dengan air panas dengan suhu 60 derajat celcius. Namun untuk hal ini, pastikan terlebih dahulu bahan pakaian yang akan dicuci, apakah ia akan tahan terhadap air panas dan tidak rusak saat dicuci dengan suhu yang tinggi.

Cara menjaga kebersihan pakaian menggunakan air panas ini terbilang cukup praktis. Namun dalam rangka menjaga kebersihan sekaligus kerapihan pakaian, kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pertama, pilihlah pakaian yang cocok untuk dicuci pada suhu 60 derajat celcius sebelum kamu mencucinya dengan mesin cuci
  • Kedua, saat mencuci pakaian pada suhu 60 derajat celcisu, gunakan detergent yang cukup baik. Sebaiknya pilihlah detergent  yang cukup ampuh dan efektif membunuh bakteri dan kuman
  • Terakhir, untuk pakaian yang sangat lembut, sebaiknya tidak mencucinya dengan air panas secara menyeluruh

Memasukkan Pakaian ke dalam Mesin Pengering

Cara menjaga kebersihan pakaian berikutnya adalah dengan memasukkan pakaian yang sudah dicuci ke dalam mesin pengering. Memang, hal ini cukup langka dilakukan oleh kebanyakan orang, namun setidaknya hal ini dinilai cukup praktis dan efektif dalam membasmi kuman dan bakteri secara menyeluruh.

Keringkan pakain yang sudah dicuci menggunakan mesin pengering selama kurang lebih 20 menit. Jika dirasa pakaian sudah cukup kering, angin-anginkan pakaian tersebut di tempat dengan sirkulasi udara yang cukup baik.

Mengeringkan pakaian dengan suhu tinggi bisa menjadi salah satu alternatif paling praktis yang bisa dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan mesin pengering ke dalam list cara menjaga kebersihan pakaian yang praktis ya!

Rutin Membersihkan Mesin Cuci

Selain memperhatikan kebersihan pakaian, kamu pun perlu perhatikan kebersihan mesin cuci yang digunakan untuk mencici pakaian sehari-hari. Bagaimana caranya ? Cukup mudah, cobalah untuk mendesinfektan mesin cuci sebelum menggunakannya untuk membunuh bakteri yang dapat mencemari pakaian.

Memilih Detergent yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam rangka menjaga kebersihan pakaian ialah dengan memilih detergent yang tepat. Gunakanlah detergent sesuai dengan jenis bahan kain supaya pakaian tidak mudah rusak. Sebaiknya hindari detergent yang menghasilakan banyak busa karena justru bisa membuat kotoran pada pakaian semakin menumpuk.

Penggunaan detergent dengan bijak diperkirakan akan cepat membersihkan pakaian secara efektif sehingga virus, kuman dan bakteri yang menempel akan cepat hilang. Bahkan sangat disarankan juga untuk menggunakan pelembut atau pewangi pakaian saat mencuci pakaian agar selain bersih, aroma pakaian juga akan wangi.

Setrika Pakaian dengan Tepat

Nah, tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan pakaian agar terlihat lebih rapi adalah dengan menggunakan setrika pakain yang tepat. Gunakanlah setrika uap atau stream iron untuk menghaluskan permukaan pakaian. Setrika jenis ini hasilnya akan lebih maksimal jika dibandingkan dengan setrika konvensional. Tidak percaya ? Coba saja !

Itulah dia 7 cara menjaga kebersihan pakaian yang dapat dilakukan agar pola hidup sehat dapat terlaksana dengan baik. Pentingnya merawat pakaian agar kebersihannya selalu terjaga akan dirasa manfaat baiknya jika kamu sudah mengikuti tips menjaga kebersihan pakaian dari uraian di atas. Semoga bermanfaat ya !

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

gaya hidup sehat alami

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar

9 Tips Untuk Anda Yang Ingin Menerapkan Gaya Hidup Sehat Alami dengan Benar. Sehat tidaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *