8 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar yang Mudah Dilakukan

Menjaga lingkungan sekitar menjadi isu paling penting sekarang. Hal tersebut berkaitan dengan efek rumah kaca yang membuat suhu di bumi terus meningkat dan menyebabkan perubahan iklim yang signifikan. Berikut adalah 6 cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar mu.

Perhatikan Prosedur Pembuangan Sampah

Kebersihan lingkungan erat kaitannya dengan limbah baik itu limbah rumah tangga, limbah industry, hingga limbah pertanian. Limbah ini bisa dikatakan sebagai buangan atau sampah dari kegiatan yang telah dilakukan manusia. Ketika limbah tidak dikelola dengan baik maka bisa menyebabkan :

  • Pencemaran air, misalnya bisa disebabkan oleh limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai
  • Pencemaran tanah, bisa disebabkan oleh penggunaan pestisida pada tanaman secara berlebihan yang nantinya akan meninggalkan residu dalam tanah
  • Pencemaran udara, bisa disebabkan oleh industry atau akibat kegiatan manusia seperti mengendarai motor atau mobil.

Untuk menghindari hal – hal seperti itu maka penanganan yang tepat. Jadi, cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang pertama adalah memperhatikan prosedur pembuangan sampah.

Jika melakukan pembuangan sampah rumah tangga maka harus membuangnya sesuai pengelompokkannya. Pengelompokkan sampah rumah tangga umumnya terbagi menjadi 2 anorganik dan organik tapi ada juga yang terbagi menjadi lebih lengkap sebagai berikut.

Sampah daur ulang

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah dengan mendur ulang sampah. Beberapa jenis sampah daur ulang ini adalah:

  • Sampah plastik
  • Vinyl
  • Kaca
  • Kertas
  • Kaleng
  • Sampah umum
  • Sampah makanan
  • Sampah lainnya

Jika terkait limbah pertanian dan industry pastinya harus sesuai dengan SOP yang berlaku biasanya sudah tertera dalam peraturan pemerintah Indonesia. Dalam pertanian usahakan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena bisa menyumbang CO2 yang tinggi.

Kita sering sekali membanggakan bahwa kita negara agraris dan memiliki lahan pertanian yang luas, padahal pada forum internasional, Indonesia lah yang sering disalahkan karena pertanian merupakan penyumbang gas emisi rumah kaca terbanyak.

Menanam Tanaman

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang kedua yaitu menanam tanaman atau sering disebut juga reboisasi jika menanam pohon dilakukan pada lahan yang gundul. Mungkin kamu berpikir jika ingin menanam pohon kamu harus memiliki lahan yang luas, padahal nyatanya tidak.

Sekarang sudah banyak inovasi dalam penanaman dan bisa dilakukan dengan lahan yang minim atau bahkan ada yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah budidaya tanaman tanpa tanah. Berikut adalah macam-macam teknik bertanam tanpa tanah yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • NFT
  • DFT
  • EBB Flow
  • Substrat
  • Aquaponik
  • Aeroponik
  • Rakit Apung
  • Wick

Kelebihan dari penggunaan budidaya tanaman tanpa tanah adalah beberapa medianya ada yang bisa digunakan terus menerus, beberapa medianya ada yang bisa dijadikan hiasan dan pastinya bisa menghindari hama penyakit tanaman yang biasa ada pada tanah.

Penggunaan Produk Ramah Lingkungan

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang selanjutnya adalah menggunakan produk ramah lingkungan. Misalnya saja kamu yang sering jajan minuman di luar pasti setiap harinya akan menerima kemasan plastik yang baru, nah mulai sekarang bisa dicoba untuk menggunakan tumblr saat membeli minuman tersebut atau menggunakan sedotan stainless.

Contoh lain produk ramah lingkungan yaitu :

  • Tisu daur ulang
  • Alat makan dari kayu
  • Pembalut dari kain
  • Wadah non plastik

Dalam transportasi juga bisa loh untuk menjaga lingkungan asalkan ramah lingkungan seperti menggunakan transportasi listrik atau sepeda. Bahkan akan lebih baik jika kamu memakai transportasi umum seperti bus, kereta, angkot dan lainnya. Tujuannya untuk mengurangi gas emisi dari kendaraan pribadi.

Setiap rumah tangga di Indonesia biasanya memiliki minimal 1 kendaraan pribadi berupa motor. Jika pada waktu bersamaan motor tersebut dipakai secara bersamaan maka bisa dibayangkan betapa banyaknya CO2 dari motor tersebut yang bisa memperburuk kondiisi lingkungan.

Sebuah penelitian mencatat bahwa kendaraan motor di Indonesia menyumbang sembanyak 23% gas rumah kaca. Sebenarnya beberapa masyarakat juga ada yang tidak punya pilihan lain selain naik kendaraan pribadi yaitu selain masih minimnya angkutan umum di daerah mereka, penggunaan transportasi pribadi dinilai lebih hemat. Inilah yang menjadi tantangan pemerintah sekarang.

Penggunaan Energi Secukupnya

Penggunaan energy juga bisa menjaga lingkungan sekitar. Setiap rumah tangga, sekolah dan perusahaan pasti memakai energy yang cukup besar setiap harinya. Tapi, apakah pemakaian energy tersebut sudah cukup optimal?

Pastikan energy digunakan seperlunya saja jangan sampai ada yang sia-sia karena energy itu biasanya berasal dari sumber daya yang tidak bisa diperbaharui makanya pemakaian harus secukupnya. Misal jika akan keluar rumah maka pastikan lampu dimatikan, keran air dimatikan dan tidak ada penggunaan listrik yang sia-sia.

Bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang kelima adalah dengan ikut bergabung dan menjadi aktif di komunitas peduli lingkungan. Kamu pasti tahu bahwa pribadi dirimu akan dibentuk sesuai orang-orang di sekitarmu, maka ketika kamu bergabung ke komunitas peduli lingkungan otomatis kamu sedang membentuk pribadi yang cinta lingkungan.

Ketika gabung ke komunitas peduli lingkungan kamu akan mengenal cara menjaga lingkungan yang lebih spesifik seperti cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain.

Manfaat yang akan didapat ketika kamu ke dalam komunitas peduli kebersihan yaitu :

  • Menambah atau memperluas jaringan pertemanan
  • Menambah wawasan
  • Membentuk pribadi yang lebih sehat
  • Lebih produktif
  • Lebih komunikatif

Contoh kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas lingkungan adalah kerja bakti secara rutin, sosialisai atau kampanye terkait lingkungan, menanam banyak tanaman, forum group discussion, dan lainnya. Jika kamu masih malas mengikuti komunitas seperti ini mungkin kamu bisa memulainya dengan ikut kerja bakti di kompleks atau RT-mu.

Menjadi Konsumen yang Baik

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang keenam adalah dengan menjadi konsumen yang baik. Perilaku belanja sering dilakukan oleh tiap orangnya, ada yang belanja untuk bulanan, jajan atau untuk keperluan lainnya.

Ketika belanja tersebut pastikan kamu membawa tas belanja berupa tas kain sendiri agar tidak menggunakan plastik dari tempat belanja. Kamu pasti tahu kan bahwa plastik itu sulit diurai dan kebanyakan orang yang ingin memusnahkan plastik dengan cara dibakar, padahal cara dibakar pun akan merusak lingkungan.

Belanja online pun marak sekali dilakukan bahkan tak ayal dilakukan setiap hari karena ada potongan ongkos kirim atau diskon. Kamu tahu kan mayoritas dari toko pedagang online itu menggunakan plastik dalam packaging nya, jadi kurang-kurangilah belanja online.

Bayangkan saja jika kamu belanja setiap hari dan tiap produknya dari toko yang berbeda. Itu artinya kamu sedang menabung untuk menghancurkan lingkungan di sekitarmu.

Itulah 7 cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang bisa kamu coba mulai sekarang. Mungkin beberapa dari kamu sudah pernah melakukannya. Meski belum, jangan malu untuk memulainya dari sekarang, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Lingkungan sangat bermanfaat bagi manusia, jika kamu menjaga lingkungan maka kamu bermanfaat bagi manusia sekitar.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *