8 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sebelum Bermain

By

Cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain masih jarang diketahui oleh orang – orang. Kesempatan kali ini, hal tersebutlah yang akan penulis bahas. Ada setidaknya 8 cara yang bisa digunakan, berikut penjelasannya.

1.      Menyapu

Cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain yang pertama adalah menyapu. Menyapu merupakan cara paling dasar dan paling mudah dilakukan untuk membersihkan suatu tempat. Sebelum memulai untuk bermain alangkah baiknya kamu memastikan bahwa tempat tersebut telah benar-benar bersih.

Apalagi jika kamu sedang ingin bermain di outdoor atau lapangan luar misalnya untuk bermain voli di lapang voli, futsal dan sebagainya. Karena kondisi lapangnya outdoor maka bisanya akan ada beberapa benda yang bisa membahayakan orang seperti:

  • Ada bebatuan
  • Ada pasir yang bisa membuat licin ketika bermain
  • Ada pecahan kaca
  • Kondisi lapangan basah

Untuk menghindari hal tersebut, maka dianjurkan untuk menyapunya dulu sebelum bermain. Jika di indoor bisa menggunakan sapu biasa tapi jika di outdoor biasanya menggunakan sapu injuk. Ketika tempat bermain sudah bersih maka selama bermain, kamu dan teman-temanmu akan merasa aman tanpa was-was ada kecelakaan di lapangan.

Jika ukuran lapangannya terlalu besar maka menyapu bisa dilakukan bersama – sama dengan temanmu, tapi jika sapu yang tersedia terbatas maka bergilir saja menyapunya. Jika sudah capai bisa langsung mengalihkan sapunya pada temanmu.

2.      Buang Sampah

Buang sampah menjadi cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain yang kedua. Membuang sampah sebenarnya harus dilakukan setiap waktu ketika kamu memang telah menggunakan sesuatu yang sekali pakai.

Anak – anak biasanya main dua kali ketika libur atau luang yaitu pertama bermain di dalam rumah dan yang kedua bermain ke temannya. Ketika bermain di dalam rumah, anak – anak cenderung mengeluarkan semua mainannya dan kadang berkreasi. Kreasi anak – anak yang biasa dilakukan di rumah yaitu :

  • Membuat origami
  • Menggunakan lakban untuk trek mobil-mobilan
  • Membuat pola engklek
  • Bongkar pasang baju boneka kertas
  • Berkemah dalam rumah
  • Melukis

Beberapa karya tersebut meninggalkan beberapa sampah yang pastinya bisa mengotori rumah. Jika sampah-sampah tersebut harus diberesi juga oleh ibu maka itu hanya menambah pekerjaannya saja, ibu harus mulai mengajari anaknya untuk disiplin dalam membuang sampah.

Misal, ketika dia sedang asik bermain di rumah lalu ada temannya yang mengajak bermain di luar. Maka, orang tua boleh mengijinkannya asalkan sang anak harus membereskan bekas mainan di rumahnya tadi dan membuang sampah ke tempat sampah. Hal ini juga merupakan pendidikan dasar yang harus diberika oleh orang tua agar sang anak belajar tanggung jawab.

Kejadian lainnya yaitu, misalkan kamu akan menggunakan lapangan tapi lapangan tersebut sebelumnya telah dipakai. Ketika kamu akan memakai lapangan tersebut, pada lapangan ada beberapa sampah karena pemain sebelumnya. Baiknya adalah kamu membuang sampah tersebut ke tempat sampah agar lapangan yang akan dipakai menjadi nyaman ditambah lagi pahalamu bertambah.

3.      Mengepel

Cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain selanjutnya adalah dengan mengepel. Mengepel dikenal sebagai pasangan menyapu. Jika kamu ingin suatu tempat bersih sekali maka setelah menyapu harus mengepel, baiknya lagi diikuti menyapu lagi.

Mengepel ini hanya dilakukan untuk tempat indoor saja karena jika dilakukan pada outdoor menjadi sia-sia. Jika mengepel pada outdoor bukannya makin bersih tapi debu-debu yang terkena angina malah menempel ke lapangan yang basah karena di pel.

Jadi, lakukan saja pada ruangan indoor. Karena mengepel merupakan kegiatan yang cukup sulit untuk anak-anak maka pengerjaannya dilakukan bersama-sama atau bergilir. Cara mengepel sebelum bermain yang baik yaitu :

  • Pastikan lantai telah bersih dari debu atau telah disapu sebelumnya
  • Basahi kain pel
  • Sebarkan pembersih lantai ke lantai indoor yang akan di pel
  • Pel lantai dari yang terpojok menuju pintu
  • Posisi ngepelnya yaitu mundur karena jika maju haisl pelnya sia-sia malah kotor lagi
  • Tunggu hingga kering
  • Sapu lagi agar kebersihan lebih terjamin
  • Kamu bisa mulai bermain dengan teman-temanmu

4.      Berdoa

Berdoa menjadi cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain yang keempat. Berdoa ini bermanfaat agar saat menjaga kebersihan lingkungan kamu diberi keamanan dan keberhasilan. Semua akan sia-sia jika kamu tidak berdoa.

5.      Memeriksa perlengkapan

Cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain selanjutnya adalah memeriksa perlengkapan. Ada beberapa permainan yang memerlukan peralatan tambahan, dan ketika alat itu tidak ada maka tidak bisa memainkan permainan tersebut.

Misalnya kamu ingin bermain badminton maka memerlukan raket, sattle cock dan net. Lalu, jika ingin bermain basket, voli, futsal maka memerlukan bola yang sesuai. Ketika bermain kasti perlu pemukulnya dan bola kasti.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa perlengkapan. Apalagi jika kamu menyewa tempat dan alat-alatnya. Maka pastikan alat yang disewakan itu lengkap dan masih bersih, jika ada yanag rusak langsung bicara ke yang menyewakannya karena takutnya nanti kamu yang disalahkan.

6.      Membersihkan Mainan dari Besi

Cara yang keenam yaitu harus membersihkan mainan yang akan dipakai oleh anak menggunakan disinfektan. Hal tersebut dilakukan agar pada alat mainan tidak terdapat bakteri jahat yang bisa merusak kesehatan anak.

Bisa juga dilakukan dengan cara merendamnya di 1/3 gelas pemutih dan satu gallon air. Setelah dimasukkan ke larutan tersebut maka tunggu hingga 5 menit. Lalu angkat dan keringkan, bisa dikering anginkan atau di lap menggunakan tisu.

7.      Membersihkan Mainan dari Kayu

Cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain pada anak selanjutnya yaitu membersihkan mainan yang terbuat dari kayu. Selain terbuat dari besi atau alumunium, mainan anak juga banyak yang terbuat dari kayu seperti mobil-mobilan, alat masak – masakan dan lainnya.

Cara pembersihannya pasti beda dengan yang berbahan besi karena mainan berbahan kayu tidak boleh tenggelam dalam air karena akan mudah membusuk nantinya. Cara membersihkan mainan berbahan kayu yaitu sebagai berikut :

  • Semprot mainan menggunakan alkohol, pastikan semua permukaannya kena
  • Ratakan menggunakan tisu dan pastikan searah
  • Tunggu hingga kering
  • Alat mainan sudah bisa diberikan kepada anak untuk dimainkan

8.      Membersihkan Buku atau Mainan Kertas

Cara yang terakhir yaitu membersihkan buku atau mainan kertas. Ini dia, ada juga mainan anak yang terbuat dari kertas. Bahannya saja kertas pasti akan susah jika dibersihkan menggunakan cairan. Jika memaksanya menggunakan cairan, maka mainan tersebut malah rusak nantinya.

Membersihkan mainan berbahan kertas bisa menggunakan tisu, dengan di lap saja. Lalu, pastikan kamu rutin untuk mengecek buku mana saja yang masih bermanfaat atau sering dibaca dan tidak. Jika sudah jarang dibaca lebih baik disumbangkan karena buku bisa menjadi sarang bakteri virus yang membahayakan anak.

Itulah 8 cara menjaga kebersihan lingkungan sebelum bermain dan beberapa diantaranya bisa masuk dalam kategori cara menjaga kebersihan pekarangan rumah dan bahkan cara menjaga kebersihan pekarangan rumah.  Semoga penjelasan tadi bisa menambah informasi bagimu.

Tinggalkan komentar