Berikut 5 Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan untuk Cegah Serangan Penyakit!

Tidak hanya Corona, tetapi ada banyak penyakit lain yang mengintai apabila anda tidak tahu cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kita pasti sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun, acap kali kita abai terhadap kebersihan diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal kita.

Padahal, penting sekali menjaga tubuh agar senantiasa bersih, sehat, dan prima. Tubuh yang sehat merupakan kunci dari segalanya. Apabila anda jatuh sakit, maka tidak hanya anda yang kerepotan, melainkan juga orang lain yang merawat anda.

Agar senantiasa sehat, selain tahu cara menjaga kebersihan diri, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan yang benar. Jangan khawatir, cara-cara berikut ini bisa anda terapkan dengan mudah.

Inilah 5 Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Agar Terhindar dari Penyakit

Ada beberapa langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk menjaga diri dan lingkungan supaya terhindar dari penyakit, diantaranya:

Biasakan untuk selalu mencuci tangan

Cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang pertama adalah membiasakan untuk selalu cuci tangan. Kebiasaan yang satu ini kerap kali diabaikan, padahal efeknya sangatlah besar. Anda tidak pernah tahu apa yang menempel di tangan anda setelah seharian beraktivitas, ‘kan?

Kuman, virus, dan bakteri dapat dengan mudah menempel pada benda-benda yang sering dipegang banyak orang. Contohnya saja seperti uang, mesin ATM, gagang pintu, atau tombol lift. Kebiasaan mencuci tangan dengan benar bisa membunuh kuman dan virus yang menempel pada tangan.

Jika tangan anda terkontaminasi, maka itu tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, tetapi juga bisa menulari orang lain. Pastikan anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun selama minimal 20 detik.

Bersihkan pakaian dan badan setelah beraktivitas

Cara yang kedua yaitu rutin membersihkan pakaian dan badan setelah beraktivitas. Saat anda pulang ke rumah selepas kerja, langsung ganti baju atau pergi ke kamar mandi, ya. Langkah ini termasuk cara menjaga kebersihan lingkungan yang wajib anda perhatikan sehari-hari.

Kebiasaan tidur-tiduran di atas kasur dengan baju yang belum diganti dapat berisiko. Virus atau kuman yang menempel pada baju bisa berpindah ke seprei atau benda-benda lainnya.

Cara menjaga kebersihan diri dari hal ini adalah dengan mandi dan mencuci baju setelah beraktivitas di luar. Mandi tidak hanya membuat tubuh menjadi wangi, tetapi juga membunuh bibit penyakit yang mungkin sedang menempel di tubuh anda.

Buang sampah setiap hari

Selanjutnya cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah tidak membiarkan sampah menumpuk di rumah. Tumpukan sampah tidak hanya jorok dan menimbulkan bau, tetapi juga menjadi sarang kuman dan penyakit.

Biasakan untuk membuang sampah setiap hari. Alangkah lebih baik jika anda memisahkan sampah daur ulang dan non daur ulang. Sampah-sampah yang bisa menyebabkan penularan virus seperti masker bekas sebaiknya dibakar agar tidak disalahgunakan.

Bersihkan rumah secara berkala

Salah satu cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang wajib dilakukan adalah memastikan rumah selalu bersih. Sapu dan pel lantai setiap hari. Buka jendela lebar-lebar supaya sirkulasi udara lancar. Jangan lupa semprot benda-benda yang sering dipakai menggunakan cairan disinfektan.

Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, minimal lingkungan rumah anda akan selalu terjaga kebersihannya. Selain memberikan kenyamann, lingkungan tempat tinggal yang bersih juga dapat meningkatkan produktivitas anda.

Saling mengingatkan satu sama lain

Meskipun anda sudah menerapkan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal, kadang orang lain tidak melakukan hal yang sama. Kadang ada tetangga yang buang sampah sembarangan atau tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga : Mari Ajarkan Si Kecil Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Lewat 5 Langkah Ini!

Jika demikian, tidak ada salahnya untuk saling mengingatkan, lho. Cara-cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang anda terapkan takkan maksimal jika tidak dibarengi kesadaran bersama.
Setiap elemen masyarakat harus menyadari pentingnya melakukan cara menjaga kebersihan diri. Selain itu, kita pun perlu bersama-sama bergotong-royong melakukan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Demikian 5 cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang bisa anda terapkan di rumah. Anda bisa menambahkan kiat-kiat lain untuk menyesuaikan dengan lingkungan tempat anda tinggal. Yuk, sama-sama perangi virus dan penyakit dengan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun suji

10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com - Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *