10 Cara Menjaga Diri Dari Virus Corona, Wajib Tahu!

Sumbersehat.com – Cara menjaga diri dari virus corona harus diketahui oleh semua orang di seluruh dunia. Mengingat penyebarannya sangat cepat, sangat penting untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan. Itu seperti menjaga kesehatan fisik Anda secara keseluruhan, agar dapat membantu mengurangi risiko Anda terjangkit virus.

Untuk mencegah penyebaran corona virus, penting untuk tetap bugar dan sehat dan menerapkan beberapa kiat kebersihan baru ke rumah Anda. Dari kesehatan mental hingga praktik kebersihan, berikut 10 cara menjaga diri dari virus corona!

Inilah 10 Cara Menjaga Diri dari Virus Corona

Untuk terhindari dari virus corona, anda harus menerapkan beberapa langkah pencegahan seperti di bawah ini:

Cuci tangan Anda.

Menjaga kebersihan tangan yang baik selalu penting, tetapi sangat penting di tengah pandemi virus seperti COVID-19. Salah satu cara menjaga diri dari virus corona adalah membatasi risiko infeksi dengan mencuci tangan secara teratur. Cuci tangan bisa menggunakan sabun tangan antibakteri selama setidaknya 20 detik dan handsanitizer.

Baca juga : 11 Makanan Pembersih Hati untuk Menjaga Kesehatan Organ Hati

Sanitasi permukaan yang banyak disentuh

Permukaan seperti gagang pintu, pagar, dan lainnya di rumah anda perlu dibersihkan secara teratur dengan disinfektan alam. Gunakan kain pembersih yang bisa dicuci untuk menghindari pembuangan sampah. Penting juga untuk membersihkan barang-barang seperti ponsel, kunci, dan dompet Anda.

Jaga kebersihan rumah Anda

Salah satu cara menjaga diri dan keluarga dari virus corona adalah menjaga kebersihan rumah Anda. Sangat penting untuk membersihkan area lalu lintas tinggi di rumah Anda. Diantaranya seperti dapur dan kamar tidur, secara teratur untuk membunuh kuman dan patogen yang berpotensi berbahaya.

Gunakan pembersih alami berkinerja tinggi, dan jika Anda mempunyai material kayu, ubin atau lantai keras lainnya, pertimbangkan menggosoknya. Bersihkan dengan kain satu persatu agar virus tidak bersarang di tempat-tempat itu.

Pertahankan pola makan sehat

Tetap sehat di rumah dengan menjaga pola makan seimbang merupakan cara menjaga diri dan keluarga dari virus corona. Makan makanan sehat dan produk segar selama waktu ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga Anda dengan baik. Konsumsi makanan seperti kunyit, jahe, ubi, dan brokoli, serta sayuran hijau.

Lakukan aktivitas fisik

Tetap aktif secara fisik sangat penting untuk tetap bugar dan sehat di rumah. Anda bisa melakukan olahraga di rumah selama 15 – 30 menit setiap hari. Sebaiknya juga lakukan di bawah terik matahari pagi agar anda mendapatkan manfaat sinar matahari pagi juga.

Pertahankan agar tubuh Anda tetap bergerak dengan melakukan olahraga teratur. Baik olahraga lari harian, latihan yoga, atau latihan beban tubuh di rumah. Aktivitas fisik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga memberi Anda suntikan endorfin, yang pada gilirannya meningkatkan suasana hati Anda.

Buat anak-anak sibuk

Kemudian, cara menjaga diri dan keluarga dari virus corona adalah buat anak-anak tetap di rumah bersama Anda. Buat mereka sibuk dan semangat dengan memberi mereka kegiatan kreatif dalam ruangan seperti kerajinan, permainan papan, atau teka-teki. Ini akan membuat pikiran mereka lebih cerdas dan tidak gelisah karena virus corona.

Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi merupakan cara menjaga diri dari virus corona yang tidak boleh dilupakan. Tujuan minum setidaknya 2 liter air per hari yaitu untuk memberikan tubuh Anda hidrasi. Dengan tetap terhidrasi, maka fungsi otak dan sendi bisa optimal, sirkulasi darah sehat, dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Pertimbangkan untuk minum suplemen

Masukkan beberapa suplemen alami atau makanan berkualitas dalam rutinitas harian Anda sebagai sumber tambahan vitamin, mineral, dan nutrisi yang diperlukan. Walaupun suplemen bukan pengganti produk segar, tapi dapat membantu Anda dan keluarga tetap sehat.

Baca juga : VCO untuk Corona: Kandungan dan Cara Mengonsumsinya

Buka jendela

Meskipun ada batasan untuk menghabiskan waktu di tempat-tempat umum di luar ruangan, cobalah untuk mendapatkan kadar harian Anda VItamin D. Selain vitamin D dari sinar matahari pagi, anda juga memerlukan udara segar dengan membuka jendela dan tirai atau jendela.

Sirkulasi yang baik juga akan menjaga udara segar bergerak melalui rumah Anda dan menghambat pertumbuhan beberapa mikroba. Itu merupakan cara menjaga diri dari virus corona yang efektif. Namun, tetap perhatikan lingkungan dan tetap waspada dari penyebaran covid19 selama membuka jendela.

Ikuti saran pemerintah dan medis

Kiat kesehatan yang paling sederhana adalah perhatikan saran pemerintah dan tenaga kesehatan yang terus berubah serta ikuti sesuai kemampuan Anda. Anjuran-anjuran itu adalah cara menjaga diri dan keluarga dari virus corona, jadi patuhilah prosedur kesehatan yang dianjurkan.

Itulah cara menjaga diri dari virus corona yang bisa anda lakukan. Selama pandemi belum usai, tetaplah di rumah dan perhatikan kesehatan diri, keluarga serta lingkungan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat gaya hidup sehat

Yuk Kenali Lebih Dalam 5 Manfaat Gaya Hidup Sehat Bagi Tubuh

Yuk Kenali Lebih Dalam 5 Manfaat Gaya Hidup Sehat Bagi Tubuh. Aspek kesehatan adalah aspek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *