8 Cara Menguatkan Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar Dari Corona

Sumbersehat.com – Cara menguatkan daya tahan tubuh perlu diketahui setiap orang di tengah-tengah pandemi seperti sekarang ini. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka tubuh bisa menghadapi virus yang datang, termasuk virus corona. Jadi, penting sekali menerapkan cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengingat virus ini dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain, maka perlu sekali kita menjaga diri. Dengan diri sendiri sehat, maka orang lain pun ikut sehat. Nah, berikut ini cara menguatkan daya tahan tubuh agar terhindari dari covid19!

Inilah Cara Menguatkan Daya Tahan Tubuh Dari Virus Corona

Bagi anda yang ingin memperkuat daya tahan tubuh, sehingga bisa kebal dari segala macam virus termasuk corona, praktikkan langkah-langkah ini:

Makan-makanan padat gizi.

Sistem kekebalan tubuh kita bergantung pada seluruh makanan padat nutrisi yang kita konsumsi. Kematian akibat infeksi virus corona sering kali bukan disebabkan oleh infeksi itu sendiri, tetapi ketidakmampuan tubuh melawannya karena kekurangan nutrisi.

Sayuran adalah dasar dari diet bergizi, dan menyediakan begitu banyak nutrisi pendukung kekebalan tubuh. Sehingga mengonsumsi sayuran merupakan cara menguatkan daya tahan tubuh yang tepat. Sayuran yang mengandung vitamin C (paprika merah, brokoli, dan bayam) dan karoten (wortel, ubi jalar, dan kangkung).

Pastikan anda makan dua porsi buah dan delapan porsi sayuran atau lebih dalam sehari. Buah beri, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber nutrisi yang kuat dan baik untuk mencegah masuknya virus.

Pangkas asupan gula dan pati olahan

Tidak ada yang lebih baik daripada detoksifikasi gula dan junk food. Membatasi asupan pati dan gula akan membantu sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi lebih baik. Sehingga, kesehatan Anda secara keseluruhan membaik. Selain itu, batasi kafein dan alkohol sekarang juga, untuk benar-benar cara menguatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona.

Asupan protein yang memadai

Protein sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, dan kekurangan gizi protein merupakan faktor risiko besar kematian akibat infeksi. Makan sekitar 1 gram / kg, atau sekitar setengah dari berat badan Anda dalam gram protein sehari. Atau sekitar dua porsi protein organik hewani 4 ons (seperti daging sapi, telur, atau salmon).

Protein nabati (kacang-kacangan, kacang-kacangan / biji-bijian) juga baik dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Cobalah tahu dan tempe bebas gluten dari kedelai non-transgenik untuk konsentrasi protein tertinggi. Mendapatkan asupan protein yang cukup termasuk cara menguatkan daya tahan tubuh terbaik selama pandemi ini.

Banyak bawang putih, bawang merah, jahe, dan rempah-rempah

Anda perlu juga mengonsumsi beberapa bumbu dapur untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh anda terhandap virus. Bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah seperti kunyit, cocok disajikan bersama sup dan hidangan sayuran untuk dimakan.

Gunakan jahe segar dalam smoothie atau teh Anda, bersama dengan perasan lemon atau kulit lemon. Ramuan herbal itu menawarkan sifat antimikroba spektrum luas dan memiliki umur simpan yang lama.

Makanan fermentasi untuk mendukung microbiome

Mengonsumsi makanan fermentasi juga termasuk cara menguatkan daya tahan tubuh agar terhindari dari virus corona. Usus memainkan peran penting dalam kekebalan kita dan bertindak sebagai penghalang terhadap banyak jenis patogen. Makan seperti sauerkraut, kimchi, tempe, yogurt tanpa gula, dan kefir dapat menjaga mikrobioma Anda tetap sehat.

Cairan, terutama cairan yang lebih hangat

Mengkonsumsi cairan yang cukup mendukung semua fungsi tubuh Anda termasuk sistem kekebalan tubuh. Anda bisa makan banyak kaldu tulang dan sup. Selain menguatkan juga bisa meningkatkan nafsu makan anda.

Selain sup, anda pun dapat memenuhi cairan dalam tubuh dengan minum teh herbal seperti jahe dan teh kunyit. Bawalah sebotol air bersamamu setiap saat. Hindari jus buah pekat dan minuman manis, karena kandungan gula berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh.

Tidur yang cukup

Kita semua tahu tidur memulihkan dan menyembuhkan tubuh. Tanpa tidur yang cukup, fungsi imun optimal hampir tidak mungkin. Dapatkan tidur yang nyenyak dan lebih awal, pastikan setiap hari tidur selama tujuh hingga delapan jam semalam. Cobalah berbagai teknik relaksasi dan pernapasan sepanjang hari untuk membantu mengatasi stres dan gangguan tidur anda.

Olahraga

Sedangkan cara menguatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona yang terakhir adalah olahraga sekitar 15 – 30 menit sehari. Olahraga melengkapi pola hidup sehat anda dan memberikan kebaikan secara keseluruhan.

Demikianlah cara menguatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari covid19. Tetap patuhi protokol kesehatan corona virus dengan baik.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *