3 Cara Mengolah Daun Kersen untuk Diet yang Tepat dan Ampuh

Sumbersehat.com – Cara mengolah daun kersen untuk diet bukan hal yang sulit. Anda harus mencoba manfaat daun kersen ini karena sangat banyak untuk meningkatkan kesehatan atau  mengobati penyakit. Banyak orang berusaha keras mencari cara mendapatkan tubuh ideal sekaligus sehat.

Khasiat daun kersen masih jarang banyak yang tahu, sehingga jarang sekali yang menggunakannya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya membantu kita untuk berdiet. Anda mungkin merasa itu tidak mungkin, tapi beberapa orang sudah mencobanya. Bagi Anda yang ingin mencoba resep daun kersen ini, simak cara mengolah daun kersen untuk diet berikut.

cara mengolah daun kersen untuk diet
cara mengolah daun kersen untuk diet

Kandungan Daun Kersen

Sebelum membahas mengenai cara mengolah daun Kersen untuk diet, Anda perlu mengetahui bahwa daun ini pada dasarnya adalah tumbuhan liar yang bisa tumbuh subur tanpa dibudidayakan. Daun Kersen bisa ditemui di pekarangan rumah di desa-desa.

Bernama ilmiah Mutingia Calabura, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan pohon seri. Tumbuhan ini bisa tumbuh tinggi seukuran pohon jambu batu dan juga memiliki buah yang dinamakan buah seri. Daun Kersen berbentuk melebar dengan permukaan yang tidak licin.

Cara mengolah daun kersen untuk diet paling populer adalah sebagai minuman herbal. Karena daun Kersen memiliki kandungan yang kaya akan manfaat, seperti :

  1. Karbohidrat, yang bermanfaat untuk menyediakan simpanan energi, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mengendalikan berat badan.
  2. Lemak, yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel, membantu penyerapan vitamin, dan juga menunjang fungsi otak.
  3. Protein, yang dikenal manfaatnya dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, dan juga membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
  4. Kalsium, yang memiliki banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah mengurangi nyeri haid bagi wanita, dan juga dapat membantu untuk melangsingkan tubuh, karena Kalsium berperan aktif dalam memaksimalkan pembakaran lemak.
  5. Fosfor, yang merupakan senyawa dengan manfaat besar untuk tubuh manusia, memiliki kegunaan seperti membantu mempertahankan keseimbangan kadar asam-basa dalam tubuh dan pendukung fungsi otot dan syaraf.
  6. Zat besi, yang memiliki berbagai fungsi seperti meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan sistem imunitas tubuh, juga baik untuk konsentrasi otak. Ikuti cara mengolah daun Kersen untuk diet agar tak kehilangan kandungan penting ini.
  7. Karoten, yang merupakan senyawa penting bagi tubuh dengan fungsi menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan dan kebugaran paru-paru.
  8. Riboflavin, yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh, seperti untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan energy tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.
  9. Niacin, yang berperan penting bagi tubuh, seperti membantu menjaga fungsi kulit dan meminimalisir gejala-gejala osteoarthritis.

Kandungan senyawa inilah yang membuat daun Kersen baik dikonsumsi sebagai herbal alami. Manfaat yang dihasilkan daun Kersen terbilang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Namun, untuk dapat mengonsumsinya, contohnya untuk herbal diet, perlu diperhatikan cara  mengolah daun kersen untuk diet secara baik dan benar.

Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolah Daun Kersen untuk Diet yang Aman

Hal-hal terpenting yang harus diperhatikan dalam cara pengolahan daun Kersen untuk diet adalah mengenai strerilitas dan higienitas dari daun dan air yang digunakan. Hal ini akan mempengaruhi manfaat dari daun Kersen yang ingin didapatkan. Tentunya, sebagai minuman herbal, kebersihan harus dinomorsatukan.

Disamping kebersihan, cara atau metode juga harus diperhatikan. Agar tidak salah mengolahnya, berikut adalah beberapa alternatif yang bisa ditempuh :

1. Membuat minuman hangat dari air rebusan daun Kersen

Cara mengolah daun Kersen untuk diet yang pertama ini adalah cara yang paling mudah dan umum dilakukan untuk mendapatkan khasiat dari daun kersen ini. Rincian caranya adalah sebagai berikut :

    • Ambilah daun kersen sebanyak satu genggam
    • Bersihkan dan cuci
    • Masukan daun kersen kedalam panci, lalu tambahkan air sebanyak 2 (dua) gelas belimbing (gelas kecil/gelas kopi).
    • Tunggu sampai rebusan mendidih
    • Ambil air rebusan, tuang dalam gelas, lalu siap diminum.

Minuman herbal dari daun Kersen ini nikmat disajikan selagi hangat dan diminum pada pagi maupun sore hari.

2. Membuat minuman hangat dari seduhan daun Kersen

Cara mengolah daun kersen untuk diet kedua ini terbilang lebih praktis. Cara ini bisa dilakukan bila Anda tidak mempunyai pohon seri di sekitar rumah. Berikut rincian caranya:

  • Ambil serbuk daun Kersen kering secukupnya. (daun Kersen kering ini biasa dijual di pasaran)
  • Tuangkan air panas kedalam wadah yang berisi daun kersen kering.
  • Aduk merata.
  • Tunggu sekitar 1-2 menit agar kandungan dalam daun kersen menyatu dengan air.
  • Jika sudah, maka siap untuk diminum.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, minuman herbal ini disajikan selagi hangat. Hanya perbedaannya terletak pada proses pembuatannya yang direbus dan diseduh (instan).

3. Membuat jus segar dari daun Kersen

Selain merebus atau menyeduh daun Kersen kering untuk dijadikan minuman hangat, cara mengolah daun Kersen untuk diet juga bisa dengan meramunya menjadi jus.

Ini cara jitu ketika bosan dengan minuman herbal hangat dan ingin mencoba minuman herbal dingin yang menyegarkan. Cara ini diyakini lebih ampuh untuk dapat merasakan manfaat daun Kersen secara lebih baik. Berikut rincian langkah-langkahnya:

    • Siapkan daun Kersen secukupnya lalu tambahkan air satu gelas, es batu, dan gula pasir secukupnya (sesuai selera, disarankan jangan terlalu banyak gulanya, karena jus ini adalah minuman herbal untuk diet).
    • Masukan bahan-bahan kedalam blender.
    • Tunggu sampai tercampur rata, lalu tuangkan ke dalam gelas.
    • Siap dinikmati.

Minuman herbal berupa jus segar ini sangat cocok dinikmati ketika siang hari. Minuman herbal ini sehat dan dapat menjadi alternatif pilihan untuk menemani makan siang. Sehingga kita tidak perlu memilih minuman lain yang mengandung terlalu banyak gula dan tidak baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani proses diet.

Daun Kersen menjadi bahan alami yang cocok dipakai untuk diet karena dapat meningkatkan aktivitas metabolisme dalam tubuh dan mempercepat tubuh melakukan proses pembakaran lemak. Disamping itu, daun Kersen secara bertahap juga dapat membantu menurunkan berat badan dan menekan nafsu makan jika dikonsumsi secara rutin dengan pola yang benar.

Efek samping dari mengkonsumsi daun Kersen

Meskipun kaya akan manfaat dan baik dikonsumsi secara rutin jika sedang dalam proses berdiet, namun tetap perlu diperhatikan bahwa tidak diperkenankan untuk mengonsumsi secara berlebihan. Karena, meski minuman daun Kersen termasuk dalam kategori minuman herbal dan cara mengolah daun Kersen untuk diet sudah benar, tetap saja memiliki efek samping.

Mengonsumsi daun ini secara berlebihan dapat menimbulkan rasa mual, ingin muntah, serta mempengaruhi fungsi ginjal dan hati. Untuk ibu hamil, dihimbau agar tidak meminum ramuan daun Kersen, karena khawatir akan mengganggu pertumbuhan janin. Begitupun untuk ibu menyusui, lebih baik tidak mengkonsumsi daun Kersen terlebih dahulu.

Demikianlah cara mengolah daun Kersen untuk diet yang bisa diterapkan agar tidak kehilangan kandungan alami di dalamnya. Nah, selamat mencoba dan selamat menikmati manfaat dari daun Kersen.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *