2 Cara Mengolah Benalu Jeruk Nipis, Manfaat dan Efek Sampingnya [ Jarang Orang Tahu ]

By

Cara Mengolah Benalu Jeruk Nipis, 6 Manfaat dan Efek Sampingnya, Sumbersehat.com | Benalu jeruk nipis merupakan salah satu tanaman parasit yang menempel pada tanaman jeruk nipis dan mendapatkan makanan dari inangnya yaitu pohon jeruk nipis. Kendati benalu jeruk adalah tumbuhan parasit, namun ternyata benalu jeruk nipis ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan jika kamu mengkonsumsinya. Salah satunya mampu menyembuhkan penyakit kanker yang sangat ganas.

Benalu jeruk nipis memiliki beberapa kandungan diantaranya tannin, flavonoid, saponin, dan alkaloid. Bukan itu saja, karena menempel pada tanaman lain yaitu jeruk nipis, benalu ini juga memiliki nutrisi dari inangnya. Supaya kamu tidak salah dalam pemanfaatan benalu jeruk nipis ini, berikut akan diulas secara lengkap cara mengolah benalu jeruk nipis.

Apa saja manfaat benalu jeruk nipis?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengolah benalu jeruk nipis, ada baiknya ketahui dulu apa-apa saja manfaat dari mengkonsumsi ramuan alami dari benalu jeruk nipis ini. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Mengobati penyakit kanker

Manfaat pertama dari benalu jeruk nipis ini adalah sebagai salah satu obat untuk mengobat penyakit ganas yaitu kanker. Dengan cara mengkonsumsi ramuan dari benalu jeruk nipis ini, secara alami penyakit kanker yang kamu derita bisa disembuhkan.

2. Mengobati penyakit tumor

Jika saat ini kamu memiliki permasalahan penyakit tumor, mengkonsumsi ramuan dari benalu jeruk nipis adalah solusinya. Dengan cara ini penyakitmu bisa teratasi dengan alami tanpa terkontaminasi bahan-bahan kimia. Beberapa kandungan yang ada pada benalu inilah yang mampu memberikan khasiat demikian.

3. untuk mengatasi kolestrol

Manfaat benalu jeruk nipis yang selanjutnya adalah mampu mengatasi masalah kolestrol yang saat ini kamu derita. Kandungan saponin yang ada pada tanaman benalu inilah yang memberikan manfaat tersebut.

Senyawa saponin memiliki ciri khas tersendiri yang mana memiliki bentuk seperti buih. Nah ketika kamu mencampur saponin ini kedalam air biasa, kemudian campuran itu kamu kocok, maka akan menghasilakan buih. Buih yang dihasilkan ini memiliki kemampuan untuk bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Sangat penting untuk kamu ketahui, apabila dalam mengolah saponin benalu jeruk nipis ini tidak berhati-hati maka akan menjadi racun yang sangat berbahaya bagi tubuh kamu sendiri atau orang yang mengkonsumsinya. Yang mana racun tersebut memiliki sifat yang dapat menimblukan rasa pahit, menghemolisa eritrosit, tidak mudah diseterilkan dan juga tidak bisa untuk diidentifikasi.

Selain manfaatnya yang mampu mengatasi kolestrol, saponin pada benalu jeruk nipis memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya memiliki manfaat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan tulang pada tubuh seseorang, mempersempit jalur penyebaran kanker di dalam tubuh, dan dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan.

4. Mengobati penyakit amandel

Penyakit amandel merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang tumbuh pada kerongkongan penderitanya. Yang jika dibiarkan tanpa dilakukan tindakan pengobatan, maka dapat menimbulkan gangguan lain yang lebih berbahaya lagi.

Apabila kamu menderita sakit amandel dan enggan untuk melakukan pengobatan secara medis dan menginginkan pengobatan alami dan tradisional. Jalan meminum ramuan dari dari benalu jeruk nipis bisa menjadi solusi jitu kamu. Untuk cara mengolah benalu jeruk nipis ini menjadi obat amandel akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

5. Sebagai obat batuk dan pereda nyeri

Banyaknya kandungan yang terdapat dalam benalu jeruk nipis ini juga setara dengan manfaat kesehatan yang diberikan kepada manusia. Salah satu dari beberapa kandungannya itu ada alkaloid. Alkaloid ini memiliki manfaat sebagai pelindung dari berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia.

Bukan itu saja, kandungan alkaloid juga memiliki manfaat yang berguna untuk mengatur dalam pertumbuhan sekaligus mengatur keseimbangan ion yang ada pada berbagai tumbuhan. Dan untuk kandungan itu sendiri bisa didapatkan pada pohon jeruk nipis.

Dengan demikian, kandungan benalu jeruk nipis juga bisa dipergunakan dalam pengobatan di dunia medis. Seperti digunakan untuk mengobati batuk dan meredakan rasa nyeri. Benalu jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C. Kandungan ini didapatkan dari inangnya sendiri. Sehingga parasite benalu jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria dan kanker.

6. Sebagai ramuan pelangsing tubuh

Tubuh langsing dan ideal adalah dambaan semua orang. Sehingga mereka akan selalu mencari cara agar mendapatkan solusi yang mampu bekerja secara maksimal dan juga alami. Nah dari pada bingung, kini kamu bisa mencoba ramuan baru ini. Ya dengan memanfaatkan ramuan dari benalu jeruk nipis, permasalah postur tubuhmu bisa diatasi.

Cara mengolah benalu jeruk nipis sebagai obat alami

Kamu harus berhati-hati dalam mengolah dan memilih benalu jeruk nipis saat hendak menggunakan sebagai pengobatan. Sebab, jika tidak berhati-hati dan tidak teliti kamu akan mendapatkan racun dari benalu ini yang berbahaya bagi tubuh.

Ketika kamu akan memanfaatkan benalu jeruk nipis sebagai pengobatan kanker, sebaiknya memilih ekstra dari benalu tersebut. Ini dikarenakan untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan. Lebih jelasnya terkait cara mengolah benalu jeruk nipis, bisa kamu simak berikut ini!

1. Ramuan untuk mengobati kanker

Ini adalah cara mengolah benalu jeruk nipis untuk mengobati kanker

  • Siapkan 2 genggam daun benalu jeruk nipis yang kering, 1 genggam temu putih, 17 lembar daun sambiloto, dan 2 gelas air biasa
  • Cuci semua bahan tersebut hingga bersih menggunakan air mengalir
  • Masukkan ke dalam panci
  • Tuangkan 2 gelas air kedalam panci yang sudah berisi bahan tersebut
  • Tunggu sampai mendidih
  • Biarkan sampai air di dalam panci menjadi 1 gelas
  • Angkat dan saring
  • Pisahkan ampas dengan airnya
  • Selesai

Minumlah ramuan ini ketika di pagi hari setengah gelas dan ketika sore hari sebanyak setengan gelas juga. Kemudian lakukan secara rutin di setiap harinya.

2. Untuk mengobati amandel

Ini adalah cara yang bisa kamu gunakan jika ingin mendapatkan manfaatnya untuk mengobati gangguan amandel.

  • Siapkan 1 batang benalu jeruk nipis, adas palawaras secukupnya, dan 3 gelas air biasa
  • Campurkan semua bahan tersebut ke dalam panci
  • Rebus hingga mendidih
  • Angkat rebusan tersebut
  • Saring rebusan tersebut dan pisahkan dari ampasnya
  • Airnya tuangkan ke dalam gelas minum
  • Selesai

Ramuan ini bisa kamu minum 1 kali sehari dalam satu gelas.

Efek samping benalu jeruk nipis

Jika kamu berlebihan dalam mengkonsumsi ramuan herbal benalu jeruk nipis ini maka bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pada tahap awalnya jika kamu berlebihan adalah mengalami diare.

Apabila sudah dalam tahap yang lebih parah maka kamu akan merasakan seperti gejala keracunan seperti mata berkuang-kunang, kepala pusing, serta akan mengalami sakit kepala yang berat. Jika sudah mengalami gejala demikian, sebaiknya kamu bisa sesegera mungkin untuk menghubungi dokter. Tujuannya sudah tidak lain agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Itulah 2 cara mengolah benalu jeruk nipis untuk kesehatan, lengkap dengan manfaat, dan juga efek sampingnya. Tanaman benalu jeruk nipis ini merupakan tanaman parasit, yang jika dikonsumsi dalam batas tidak wajar mampu mengakibatkan masalah yang buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk menghindari efek samping ini, sebaiknya konsumsi secukupnya atau  kamu melakukan konsultasi kepada pihak kesehatan agar mendapatkan dosis yang tepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar