7 Cara Mengobati Sakit Lutut, Alami dan Cukup Ampuh!

Sumbersehat.com – Cara mengobati sakit lutut dengan bahan alami bisa anda lakukan sendiri di rumah. Paling penting, jangan biarkan sakit lutut berkepanjangan karena bisa membuat anda sulit beraktivitas. Selain itu, mungkin saja sakit lutut merupakan gejala penyakit lain, sehingga anda perlu periksa ke dokter.

Sakit lutut biasanya ditandai dengan pembengkakan pada lutut yang disertai rasa nyeri. Gejala sakit lutut lain yang sering timbul yaitu rasa kaku yang menyebabkan lutut susah ditekuk. Bagi anda yang merasakan gejala tersebut, simak yuk cara mengobati sakit lutut dengan tepat!

Inilah Cara Mengobati Sakit Lutut Dengan Bahan Alami dan Latihan

Ada beberapa cara mengobati lutut sakit dengan herbal dan beberapa latihan, diantaranya:

Tempelkan bantal kompres pada lutut

Cara mengobati sakit lutut secara alami yang pertama adalah mengompresnya. Ini dianggap bisa menjadi pertolongan pertama pada penderita. Ambil bantal kompres, celupkan ke dalam air panas atau air es batu, lalu tempelkan pada area yang sakit. Dengan cara ini, rasa nyeri bisa berkurang.

Hal ini dikarenakan otot dan sendi pada bagian lutut akan melemas jika terkena suhu panas. Sebaliknya, rasa nyeri, peradangan, serta pembengkakan pada lutut bisa dihilangkan dengan suhu rendah yang dihasilkan bantal kompres dingin.

Baca juga : 5 Manfaat Bunga Kitolod yang Ampuh Obati Beberapa Penyakit!

Lakukan pijatan ringan

Rasa sakit pada lutut dapat dikurangi dengan cara memberikan pijatan lembut pada area yang nyeri. American Message Therapy Association (AMTA) telah memberikan panduan agar pijatan yang anda lakukan efektif.

Pertama, luruskan kedua kaki dalam posisi duduk. Kemudian, buat posisi mengepalkan tangan, lalu ketuk paha atas, tengah, dan bawah secara perlahan. Lakukan hingga 10 kali.

Selanjutnya cara mengobati lutut sakit dengan pijatan adalah menggunakan empat jari selain jempol. Gunakan empat jari ini untuk membuat gerakan menepuk ke atas dan ke bawah di bagian lutut. Ulangi gerakan itu sebanyak 5-8 kali merata ke semua area lutut.

Terakhir, gunakan telapak tangan untuk melakukan pijatan lembut pada bagian paha, lutut, kemudian balik lagi menuju paha.

Jangan lupa aplikasikan minyak terapi

Selain memijat, anda pun juga mesti memakai minyak terapi sebagai cara mengobati sakit lutut. Anda bisa mencari minyak ini di apotek, toko online ataupun toko-toko obat herbal. Aplikasikan minyak terapi secukupnya di bagian lutut yang sakit. Atau bisa juga memadukan antara pijatan dengan pemberian minyak itu.

Manfaatkan bahan-bahan alami

Ketiga, cara mengobati lutut sakit adalah dengan meracik salep berbahan dasar bahan-bahan alami. Bahan-bahan seperti minyak wijen, jahe, kayu manis, dan damar wangi memiliki khasiat yang hampir sama dengan salep penyeda nyeri.

Kalau tidak mau terlalu ribet, maka anda bisa memanfaatkan minyak esensial yang mengandung jahe atau jeruk. Pijatkan ke bagian yang sakit. Kandungan dalam minyak esensial tersebut dapat meredakan rasa sakit sekaligus memperkuat fungsi lutut.

Perbanyak latihan kekuatan

Sering mengalami sakit lutut tidak lantas membuat anda berhenti melatih kekuatan fisik. Malahan dengan rutin latihan kekuatan, menyehatkan jaringan tulang lutut. Jadi, otot sendi dan lutuh menjadi lebih kuat dan sehat.

Anda dapat memilih aktivitas fisik yang ringan dan tidak terlalu membebani lutut, seperti melakukan gerakan aerobik di dalam air. Cara mengobati lutut sakit ini dianggap sebagai salah satu tindak preventif agar sakit lutut tidak kembali menyerang.

Jangan lupa beristirahat yang cukup

Keempat, cara mengobati sakit lutut di atas tidak akan maksimal apabila anda tidak meluangkan waktu untuk beristirahat. Pasalnya, istirahat yang cukup dapat membantu menyegerakan proses penyembuhannya.

Namun, anda sebaiknya tetap melakukan aktivitas-aktivitas ringan lainnya, ya. Jangan sampai anda malas-malasan di kamar dengan memanfaatkan rasa sakit sebagai alasan.

Baca juga : Penyakit Meniere: Penyebab, Gejala, dan Perawatannya, Wajib Tahu!

Diet sayur dan buah

Tak menutup kemungkinan, lutut sakit itu karena berat menahan beban tubuh bagian atas anda. Oleh karena itu, lakukan diet sayur dan buah untuk cara mengatasi sakit lutut secara alami. Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang bisa menyehatkan kekuatan pada lutut anda.

Untuk sayur-sayuran seperti brokoli, kol, kale dan masih banyak lagi. Sedangkan buah-buahan, anda bisa memilih buah raspberry, papaya, stroberry,kiwi, nanas dan lainnya. Ingat, buah-buah itu memang bisa untuk cara mengobati lutut sakit, tapi jangan konsumsi berlebihan ya.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara mengobati sakit lutut. Sekarang, anda bisa aplikasikan di rumah dan saat sakit lutut terasa parah, alangkah baiknya jika ke dokter. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang memadukan obat alami dan obat dokter.

Selain cara mengobati sakit lutut secara alami dan dengan latihan ini, anda bisa mendapatkan info kesehatan lainnya di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *