15 Cara Mengobati Sakit Gigi, Ribuan Orang Sembuh Pakai Ini!

Sakit gigi adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan. Beberapa orang bahkan sampai tidak bisa tidur hingga menangis sejadi-jadinya karena menahan sakitnya.  Walau terbilang bukan penyakit mematikan, namun cukup ditakuti banyak orang. Jika kamu mengalaminya, jangan langsung ke dokter. Cara mengobati sakit gigi ini tidaklah sulit, banyak cara alami yang bisa digunakan.

Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan mulai dari dengan menggunakan teknik pijatan, obat alami hingga menggunakan obat-obatan yang ada di Apotik. Namun kamu harus melakukannya dengan baik.

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Pijatan

cara mengobati sakit gigi

Sebelum pergi ke dokter, cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi adalah dengan cara memijat bagian-bagian tertentu. Ini adalah salah satu cara paling mudah kamu gunakan untuk meredakan sakit gigi dengan mudah dan cepat. Adapun beberapa titik yang bisa kamu pijat untuk meredakan sakit gigi adalah sebagai berikut:

1. Pijat diantara jari telunjuk dan jari tengah kaki

Titik pijatan pertama yang bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit gigi adalah dengan memijat pada bagian jari telunjuk dan jari tengah kaki. Kamu cukup menekan nya dengan kuat selama 1 menit saja. Tekan dan tahan selama 1 menit, hal ini dilakukan satu kali saja jangan berulang-ulang. Jika kamu lakukan dengan baik maka sakit gigi, tenggorokan atau bahkan sakit rahang juga akan sembuh.

2. Pijat lengan bagian atas

Salah satu cara mengobati sakit gigi paling efektif dan paling mudah adalah dengan memijat pada bagian lengan atas. Lengan atas merupakan area atau titik paling bagus kamu pijat untuk meringankan masalah sakit gigi. Namun bukan hanya masalah sakit gigi, memijat area ini juga bisa meredakan sakit tiroid, demam dan juga epilepsi.

3. Pijat diantara ibu jari dan ibu telunjuk

Jika kamu mengalami rasa sakit gigi yang lumayan tinggi maka kamu bisa menggunakan cara ini. memijat antara ibu jari dan juga ibu telunjuk dapat dengan efektif meredakan masalah sakit gigi. Namun kamu harus hindari cara ini pada wanita yang tengah hamil, karena hal ini bisa memicu kelahiran yang prematur.

4. Pijat rahang bagian tengah

Ini adalah salah satu titik utama yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi. Cara ini bisa mengobati masalah sakit gigi secara efektif. Karena otot-otot di mulut akan menjadi lemas dan tidak tegang lagi. Kamu pijat pada bagian rahang bawah dan atas dengan menggunakan ibu jari. Tekan dengan kuat dan tahan selama 1 menit saja agar otot kembali normal.

5. Pijat tulang pipi

Salah satu titik syaraf yang juga dapat digunakan sebagai area titik pijatan sakit gigi adalah dengan memencet pada bagian tulang pipi. Caranya juga sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menekan nya dengan kuat menggunakan jari telunjuk dan juga jari tengah. Tekan dan tahan selama 1 menit saja.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

cara mengobati sakit gigi

Selain menggunakan teknik pijatan, cara mengobati sakit gigi lainnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan cara lain. Cara ini bisa kamu gunakan tanpa obat kimia. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis bahan alami yang mudah kamu temukan di berbagai tempat atau bahkan di rumah kamu sendiri.

1. Menggunakan bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa kamu temukan dan kamu gunakan untuk meredakan sakit gigi adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki antiseptik alami yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi, serta dapat meredakan rasa sakit pada gigi. Bahkan jika gusi kamu bengkak, kamu juga bisa menggunakan bawang putih.

2. Kumur dengan air garam

Selain bawang putih, anti bakteri lain yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi adalah dengan menggunakan air garam. Air garam merupakan anti bakteri alami yang mudah ditemukan. Kamu cukup melarutkan garam ke dalam gelas lalu menjadikannya sebagai obat kumur. Air garam ini akan membunuh bakteri dan juga membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan.

3. Oles minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri di mulut dengan efektif. Zat ini juga berfungsi untuk meredakan sakit gigi di mulut dengan baik. Bukan hanya itu, minyak cengkeh juga bisa menekan risiko peradangan pada di area mulut.

4. Kumur dengan cuka apel

Salah satu cara mengobati sakit gigi alami yang sangat bagus digunakan adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel merupakan disinfektan alami yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan juga bisa menjaga kebersihan mulut dengan baik.

5. Kompres dengan air es

Mengompres dengan menggunakan air es adalah salah satu cara paling sederhana dan paling mudah digunakan untuk meredakan masalah sakit gigi. Kamu bisa mengompres gigi dengan menggunakan es batu dan handuk  kecil. Melakukan kompres ini apabila terjadi pembengkakan pada area wajah karena sakti gigi.

Obat Sakit Gigi Apotik

cara mengobati sakit gigi

Jika kamu sudah menggunakan 10 cara diatas namun sakit gigi tidak kunjung berhenti, maka cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menggunakan obat dari Apotik terdekat di rumah kamu. Adapun beberapa jenis obat yang bagus dan ampuh kamu gunakan untuk atasi sakit gigi diantaranya adalah:

1. Paracetamol

Biasanya paracetamol digunakan sebagai obat pereda nyeri saat demam. Namun ternyata fungsinya bukan hanya itu, buat kamu yang menderita sakit gigi juga bisa kok menggunakan paracetamol untuk meredakan sakit gigi kamu dengan cepat.

2. Ibuprofen

Cara mengobati sakit gigi lainnya dengan menggunakan obat dari Apotik adalah ibuprofen. Ibuprofen dapat dengan baik meredakan sakit gigi yang kamu alami. Bahkan saat tegang sekalipun, ibuprofen bisa kamu andalkan sebagai obat pereda sakit gigi.

3. Nax profen

Ini adalah salah satu jenis obat khusus untuk para penderita sakit gigi. Jika kamu mengalami sakit gigi berlubang, obat ini adalah yang paling tepat kamu gunakan untuk meredakan nya. Harganya cukup murah dan bisa kamu dapatkan di beberapa Apotik terdekat.

4. Dentasol

Obat sakit gigi yang satu ini bukan untuk orang dewasa melainkan dapat digunakan untuk anak-anak. Jika anak kamu terasa rewel banget karena masalah sakit gigi, dentasol adalah jenis obat yang pas untuk kamu gunakan. Dentasol dapat dengan efektif meredakan sakit gigi anak dalam waktu yang lebih singkat.

5. Asam mefenamat

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang juga tidak kalah efektif digunakan adalah asam mefenamat. Obat ini dapat menghambat protaglandin yang bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada gigi. Konsumsi obat ini secara teratur dapat meredakan sakit gigi dalam waktu yang lebih cepat.

Dari uraian diatas, agar sakit gigi kamu sembuh dengan baik tanpa ke dokter maka kamu lakukan proses pengobatannya secara bertahap. Mulai dari menggunakan pijatan,  obat alami hingga menggunakan obat Apotik. Jika semuanya sudah dicoba dan tidak bagus, maka konsultasi ke dokter.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *