Ketahui 5 Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi!

Sumbersehat.com – Cara mengobati polip hidung bisa menggunakan dua metode yang ini pengobatan dokter maupun pengobatan alami. Polip hidung merupakan kondisi ketika ada jaringan yang tumbuh di dalam hidung dan sinus. Penderitanya kerap mengalami sakit kepala, hidung tersumbat, hingga nyeri pada gigi rahang atas.

Selain dengan operasi, tahukah anda bahwa ada cara mengobati penyakit polip secara alami. Jika anda tertarik untuk perawatan polip hidung secara alami dan tanpa operasi, anda bisa menggunakan cara mengobati polip hidung berikut!

Inilah Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

Ada beberapa perawatan polip hidung secara alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, diantaranya:

Gunakan tea tree oil

Bahan pertama yang bisa digunakan sebagai cara mengobati polip hidung secara alami ialah dengan memanfaatkan tea tree oil. Tea tree oil atau yang juga disebut dengan sebutan minyak pohon teh ini dipercaya dapat mengurangi rasa gatal. Yap, pada penderita polip hidup, rasa gatal memang sering kali menyerang.

Perawatan polip hidung dengan tea tree oil pun juga tergolong gampang dilakukan. Pertama, anda harus mencampurkan tea tree oil dengan air, kemudian tambahkan 3-5 tetes minyak pelarut. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond sebagai minyak pelarutnya.

Baca juga : 6 Cara Pencegahan Penyakit Batu Ginjal yang Tepat

Selanjutnya, aduk campuran ketiga bahan tersebut hingga teksturnya encer. Setelah mendapat tekstur encer, celupkan kapas bersih ke dalamnya, kemudian sapukan cairan tersebut di bagian hidung anda.

Manfaatkan bawang putih

Bahan kedua yang dapat digunakan sebagai cara mengobati polip hidup secara alami yaitu bawang putih. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak didapur, bawang putih memiliki khasiat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih ini sayang untuk dilewatkan lho, terutama bagi anda yang menderita polip hidung.

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan, melawan serangan infeksi akibat bakteri, serta mengurangi inflamasi. Untuk perawatan polip hidung dengan bawang putih adalah anda dapat mencampurkan 1-2 sdm bubuk bawang putih ke dalam masakan anda. Mudah dan praktis sekali, bukan?

Minum jahe

Punya kebiasaan minum jahe ternyata bagus untuk penderita polip hidung lho. Mengonsumsi jahe merupakan salah satu cara mengobati polip hidung secara alami. Hampir mirip dengan penggunaan bawang putih tadi, anda cukup membubuhkan bubuk jahe pada masakan anda.

Gunakan takaran yang sesuai ya supaya tidak kebanyakan atau kurang. Cara lain yaitu dengan menyeduh wedang jahe hangat. Cara tersebut dapat membantu mereduksi gejala polip hidung yang sedang anda keluhkan.

Coba hirup uap panas

Cara mengobati polip hidung yang selanjutnya ialah dengan menggunakan uap panas air. Kelembaban uap panas bisa mengencerkan dan mendorong ingus dan lendir keluar dari dalam hidung. Hal ini bisa meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala yang kerap menyertainya.

Baca juga : Mengenal 9 Penyakit Kelainan Darah, Simak Dengan Jelas!

Cara perawatan polip hidung dengan uap panas adalah merebus air hingga panas, kemudian memindahkannya ke dalam baskom. Dekatkan wajah anda ke atas permukaan baskom, kemudian tutup belakang kepala anda dengan handuk. Arahkan uap panas tersebut ke bagian anda.

Apabila anda punya kran air panas di rumah, anda juga bisa memanfaatkannya, lho. Anda cukup mandi menggunakan air panas.Selain itu, menggunakan pelembab ruangan juga dapat dipakai alternatif lain juga.

Atur pola makan

Terakhir, cara mengobati polip hidung secara alami yaitu dengan mengatur pola makan. Anda perlu tahu bahwa makanan tertentu mengandung nutrisi yang dapat mengatasi keluhan polip hidung anda, yaitu antara lain :

  • Makanan yang mengandung Bromelain, contohnya nanas.
  • Makanan yang mengandung Magnesium, contohnya pisang, alpukat, kacang hijau, brokoli, ikan tuna, ikan makarel, ikan salmon, dan sayur-mayur hijau.
  • Makanan yang mengandung Zinc, contohnya daging unggas, kacang kenari, ikan salmon, dan buncis
  • Makanan yang bersifat antiperadangan, contohnya kunyit.

Bagaimana? Ternyata banyak sekali ya alternatif perawatan polip hidung secara alami. Dari 5 cara mengobati polip hidung tanpa operasi di atas, mana yang paling ingin segera anda coba?

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan beragam penyakit serta cara pengobatannya dengan simak terus artikel-artikel dari Sumber Sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyakit pada hati

Kenali 6 Penyakit pada Hati yang Patut Diwaspadai

Sumbersehat.com – Penyakit pada hati harus di deteksi sejak dini karena hati atau lever termasuk organ tubuh manusia yang paling penting. Hati bertugas untuk membersihkan darah, menyimpan nutrisi, hingga membantu proses pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.