12 Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus Alami-Gaya Hidup Paling Mujarab

Diabetes melitus adalah penyakit yang sangat berbahaya. Jika dibiarkan begitu saja dan tak segera diobati, penyakit ini bisa merenggut nyawa kita dengan mudah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit diabetes melitus ini.

Secara sederhana, diabetes melitus jenis diabetes yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Kurangnya insulin ini membuat kadar gula dalam darah jadi tinggi. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit ini bisa berakibat fatal, yakni kematian. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mengobati penyakit diabetes melitus.

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengobati diabetes melitus ini. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Berikut ini adalah cara mengobati penyakit diabetes melitus dengan baik dan ampuh.

A. Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus Secara Alami

Cara paling aman untuk mengobati atau menangani diabetes melitus adalah dengan pengobatan secara alami. Pengobatan secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah ramuan atau obat herbal. Dari banyak penelitian, mengonsumsi obat herbal ternyata cukup ampuh dalam menyembuhkan diabetes melitus. Obat atau ramuan herbal alami yang bisa dicoba ada beberapa macam.

1. Makan Ikan

Salah satu cara alami untuk mengatasi diabetes melitus adalah dengan meningkatkan konsumsi ikan. Lemak ikan ternyata sangat berguna untuk mengontrol gula darah. Beberapa penelelitian menyebutkan jika kandungan lemak ikan mampu menyehatkan jantung. Mereka yang makan ikan secara teratur memiliki peluang yang lebih kecil untuk meninggal karena diabetes dan serangan jantung. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan antara lain; sarden, teri dan salmon.

 2. Ramuan Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes adalah kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan masak di Indonesia. Kunyit sendiri memiliki banyak khasiat penting untuk kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan tingkat gula darah. Ini berkat kandungan curcumin yang ada pada kunyit. Untuk membuat ramuan kunyit cukup mudah. Hancurkan kunyit hingga halus, kemudian campur ke dalam air untuk diminum.

3. Kacang-Kacangan

Mengonsumsi berbagai macam jenis kacang juga dipercay dapat menyembuhkan diabetes melitus. Kacang-kacangan mengandung banyak fiber dan rendah karbohidrat. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan secara teratus, asupan gula dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik. Beberapa jenis kacang yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi antara lain; almond, walnuts, dan hazelnuts.

4. Jus Brokoli

Brokoli memang dikenal sebagai sayuran yang punya banyak manfaat kesehatan. Karena itu, jangan heran jika brokoli kerap hadir di menu-menu orang yang bergaya hidup sehat. Dalam kaitannya dengan diabetes melitus, brokoli mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Kita bisa memakan brokoli langsung secara mentah untuk mendapatkan manfaatnya. Namun bisa juga dibuat jus supaya bisa langsung masuk ke dalam tubuh kita.

5. Strawberry

Buah berwarna merah ini disukai karena rasanya yang asam manis. Namun, di balik rasa uniknya tersebut, tersimpan khasiat luar biasa untuk mengobatai diabetes. Salah satu zat yang terkandung pada buah strawberry adalah antosianin. Zat tersebut terbukti nyata mampu menurunkan kolesterol dan level insulin pada tubuh. Karena itu, pilihlah strawberry sebagai makanan pencuci mulut utama.

6. Bawang Putih

Di Indonesia, bawang putih adalah bumbu atau bahan masakan utama. Namun, di sisi lain, bawang putih jga bermanfaat untuk mengatasi diabetes melitus. Di banyak penelitian tentang penyakit diabetes, bawang putih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Dengan konsumsi yang tepat, bawang putih ini dapat jadi senjata utama dalam mengalahkan diabetes melitus.

7. Jamur Shirataki

Jamur yang terkenal di Jepang ini juga punya manfaat besar dalam mengobati diabetes melitus. Jamur Shirataki ini sudah lama dikenal sebagai makanan untuk diet sehat. Ia punya kemampuan luar biasa dalam mengontrol gula darah. Dengan makan jamur shirataki, kita tak hanya kenyang tapi juga terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

B. Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus Melalui Terapi Medis

Selain konsumsi obat atau ramuan herbal, cara lain yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes melitus adalah dengan terapi. Untuk melakukan terapi diabetes melitus, kita wajib menghubungi dokter lebih dulu. Tunggu hingga dokter melakukan pemeriksaan. Jika sudah diperiksa, kita bisa mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk melakukan sejumlah terapi medis yang ada beberapa macamnya.

1. Terapi Obesitas

Diabetes melitus ini sangat berkaitan dengan obesitas. Umumnya, para penderita melitus ini mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan, bisa jadi menderita diabetes. Karenanya, muncul terapi obesitas yang biasa dikenal dengan obesiy clinic. Terapi ini sudah umum di berbagai rumah sakit di Indonesia. Para pasien akan diajak untuk melakukan sejumlah kegiatan yang berguna untuk menyembuhkan diabetes melitus.

2. Terapi Insulin

Dalam diabetes melitus, pankreas dari penderita tak bisa menghasilkan insulin sendiri. Karena itu, dibutuhkan sumber alternatif lain dalam menghasilkan insulin dalam tubuh. Berangkat dari hal tersebut, muncul terapi insulin. Terapi ini berguna untuk menjaga eksistensi kadar gula pada tubuh para penderita. Cara ini terbilang ampuh untuk mengobati diabetes melitus.

C. Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus Melalui Gaya Hidup Sehat

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab dari penyakit diabetes melitus adalah pola hidup yang tak sehat. Makan sembarangan, mengonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, hingga sering begadang jadi contoh gaya hidup tak sehat penyebab diabetes. Sekarang, saatnya merubah gaya hidup yang buruk tersebut dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Menjaga Pola Makan

Hal yang wajib dilakukan oleh para penderita dibates melitus adalah menjaga pola makan dengan sangat ketat. Ada banyak sekali pantangan makanan bagi para penderita diabetes melitus. Misalnya dilarang mengonsumsi makanan bersantan atau minum soda berkarbonasi. Jauhi makanan dan minuman yang menyebabkan penyakit diabetes itu jadi makin parah. Saatnya mengonsumi makanan yang baik bagi kesehatan.

2. Diet Vegetarian

Cara cepat untuk mengobati dan mengatasi diabetes melitus adalah menerapkan diet vegetarian. Dengan diet vegetarian kita bisa mengatur makanan apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh. Selama diet vegetarian, makanan dari hewan tak bisa masuk ke dalam tubuh. Hanya sayur dan buah yang bisa dimakan. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengobati diabetes melitus secara cepat.

3. Rajin Berolahraga

Terkadang, diabetes yang dialami seseorang disebabkan karena kurang bergerak dan aktivitas. Untuk mengatasinya kita perlu meningkatkan aktivitas di luar ruangan alias olahraga. Sempatkan untuk berolahraga meski hanya beberapa belas menit. Pastikan tubuh bergerak dan tak hanya diam saja. Dengan cara tersebut, badan bisa jadi lebih sehat dan berbagai penyakit tak mudah menyerang, termasuk diabetes melitus.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara mengobati penyakit diabetes melitus secara ampuh dan baik. Jika ingin mengobati dan menanggulangi penyakit diabetes melitus yang berbahaya, segera lakukan hal-hal tersebut. Jangan lupa juga untuk pergi ke dokter jika merasa mengalami gejala diabetes.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *