14 Cara Mengobati Penyakit Diabetes Insipidus Paling Ampuh, Anda Harus Coba!

Ada baiknya kita paham mengenai cara mengobati penyakit diabetes insipidus. Tipe diabetes ini memang berbahaya jika tak segera ditangani. Penyakit diabetes tipe ini dapat menyebabkan kematian. Oleh karenanya, penanganan secara cepat dan tepat mesti diketahui agar resiko berbahaya dari diabetes insipidus ini bisa dihindari.

Tipe diabetes insipidus ini disebabkan oleh produksi hormon antidiuretik yang terganggu. Lebih sederhananya lagi, diabetes insipidus ini akibat dari terganggunya fungsi ginjal dalam tubu. Gejalanya biasa ditandai dengan cepat haus dan sering buang air kecil. Jika mengalami hal seperti ini, baiknya kita berhati-hati.

Lalu, bagaimana cara mengobati diabetes insipidus ini? Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan dan terbukti ampuh. Berikut ini adalah cara mengobati penyakit diabetes insipidus dengan baik dan maksimal.

1. Cara Mengobati Penyakit Diabetes Insipidus dengan Obat Dokter

Jika mengalami gejala-gejala dari diabetes insipidus, segeralah konsultasi ke dokter. Dengan penanganan yang tepat, dokter akan memberikan sejumlah solusi untuk menyembuhkan diabetes insipidus. Biasanya, dokter akan memberikan beberapa jenis obat tertentu, sesuai dengan tipe diabetes yang dialami. Berikut ini adalah beberapa contoh obat untuk mengatasi diabetes insipidus.

Thiazide Diuretik

Obat satu ini biasa diberikan kepada penderita diabetes insipidus yang sudah akut. Cara kerja obat ini terbilang sederhana, yakni membuat urin atau air kencing jadi lebih pekat. Namun perlu waspada dengan obat satu ini karena ada beberapa macam efek samping yang bisa dirasakan. Mulai dari pusing, gangguan pencernaan, hingga masalah kulit.

Demopressin

Jenis obat diabetes insipidus yang pertama adalah demopressin. Jenis obat ini cukup ampuh dalam mengobati diabetes insipidus. Cara kerja demopressin ini terbilang sederhana. Penderita tinggal mengonsumsinya dengan cara diminum atau ditelan langsung. Obat ini berguna untuk menghentikan produksi urin atau air kencing berlebih.

2. Cara Mengobati Penyakit Diabetes Insipidus Secara Alami

Selain menggunakan obat-obat medis dari dokter, cara lain untuk mengobati diabetes insipidus adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada sejumlah bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar, yang terbukti ampuh dapat mengatasi diabetes insipidus. Apa saja jenis bahan-bahan alami tersebut?

Konusmsi Melon dan Semangka

Untuk mengatasi diabetes insipidus ini, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi. Contohnya adalah melon dan semangka. Kedua buah yang masih satu keluarga ini selain enak dan menyehatkan, juga memiliki kadar air yang tinggi. Ini sangat berguna bagi para penderita diabetes insipidus yang kerapkali kekurangan cairan dalam tubuh.

Kurangi Konsumsi Garam

Penderita diabetes insipidus juga sangat dilarang mengonsumi garam. Rasa asin pada garam yang terdapat pada makanan akan membuat kita jadi cepat haus. Selain itu, garam juga punya efek menaikkan darah. Jadi, sebaiknya para penderita diabetes insipidus membatasi konsumsi garam sehari-hari. Pelan-pelan, kurangi penggunaan garam hingga tak menggunakan bahan tersebut sama sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Minum Jus Jeruk

Selain melon dan semangka, buah yang mengandung banyak cairan adalah jeruk. Buah yang kaya akan vitamin C ini bisa dimasukkan ke dalam daftar buah layak konsumsi bagi para penderita diabetes insipidus. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah membuatnya jadi jus. Namun ingat, jangan tambahkan gula pada jus jeruk yang dibuat. Usahakan jus jeruk yang dibuat adalah alami tanpa pemanis tambahan.

Ekstrak Leunca

Di Indonesia, khususnya daerah Jawa Barat, ada sebuah sayuran berbentuk bulat yang biasa digunakan untuk lalapan. Namanya leunca. Sayuran ini dipercaya mampu menjadi obat ampuh bagi para penderita diabetes insipidus. Ekstrak sayuran leunca mengandung beberapa zat yang penting dalam upaya penyembuhan penyakit diabetes insipidus.

Paprika

Selain buah, ada pula jenis sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. Contohnya adalah paprika. Sayuran yang biasa dimasak ini juga sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes insipidus. Paprika memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu mengatasi diabetes insipidus.

Ramuan Daun Sirsak

Berbagai obat herbal bisa dicoba untuk mengatasi diabetes insipidus. Contohnya adalah ramuan dari daun sirsak. Daun sirsak menurut penelitian memiliki kandungan zat polifenol dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula darah yang tak terkontrol.

Rajin Minum Air Putih

Diabetes insipidus sangat berhubungan dengan kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, dibutuhkan asupan cairan yang tepat sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga. Bahan alami utama untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh terbaik adalah air putih. Sangat disarankan untuk setidaknya minum air putih 8 gelar per harinya. Jika mengonsumsi lebih dari 8 gelas tentu lebih baik. Intinya, perbanyak minum air putih.

3. Cara Mengobati Penyakit Diabetes Insipidus dengan Jaga Pola Hidup

Sama seperti penyakit dalam lainnya, cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi diabetes insipidus ini adalah dengan meningkatkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat merupakan cara ampuh untuk mengatasi aneka penyakit dalam berbahaya, khususnya diabetes insipidus. Apa saja tips pola hidup sehat yang dianjutkan untuk para penderita diabetes insipidus?

Mengurangi Konsumsi Gula dalam Minuman

Jika tak ingin terserang penyakit satu ini, jangan coba-coba untuk mengonsumsi minuman yang mengandung gula. Jika mau minum kopi atau teh, usahakan jangan menggunakan tambahan gula. Kalaupun ingin tetap merasakan yang manis-manis, gunakan gula khusus bagi para penderita diabetes.

Berhenti Minum Kopi

Para penderita diabetes insipidus dilarang mengonsumi kopi. Kopi mengandung kafein yang notabene adalah zat yang membuat penyakit diabetes insipidus jadi makin parah. Oleh karena itu, jangan lagi minum kopi. Perbanyak konsumsi air putih yang segar dan jangan lagi menyeruput kopi meskipun hanya secangkir.

Olahraga

Penyakit dalam seperti diabetes insipidus biasanya disebabkan oleh kurangnya aktivitas berbau olahraga. Maka dari itu, sebelum terlambat, mulailah berolahraga. Sediakan waktu beberapa puluh menit untuk olahraga secara tepat. Tentu tak sulit kan menyediakan beberapa puluh menit dari 24 jam untuk berolahraga. Pastikan olahraga dilakukan secara tepat sehingga manfaat yang baik pun bisa didapatkan.

Menjaga Makanan yang Dikonsumsi

Jika sudah terdiagnosa diabetes insipidus maka kebebasan dalam mengonsumsi makanan akan langsung terkekang. Kita tak diperbolehkan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat memperparah diabetes insipidus dalam tubuh kita. Untuk menyembuhkan diabetes insipidus, kita wajib menghindari makanan sampah dan makanan yang kolesterolnya tinggi.

Diet

Diet juga bisa jadi jawaban lain untuk terhindar dan sembuh dari diabetes insipidus. Banyak diet yang bisa dicoba untuk mengobati diabetes insipidus. Mulai dari diet keto, diet vegan, hingga diet OCD. Semua bisa dipilih sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing. Dengan pilihan diet yang tepat, penyakit diabetes insipidus bisa disembuhkan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengobati penyakit diabetes insipidus. Cara-cara tersebut sangat cocok digunakan bagi para penderita diabetes insipidus yang ingin segera menyembuhkan penyakit berbahaya tersebut. Jika dilakukan dengan baik, maka penyakit anda akan segera sembuh.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

Bukan hanya digunakan sebagai penyedap rasa bumbu dapur saja, ternyata garam dapat digunakan sebagai obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *