4 Cara Mengobati Luka Bernanah pada Penderita Diabetes

By

Sumbersehat.com – Cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes bisa dipelajari dan diterapkan bagi penderita yang mengalami luka. Penyakit diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kandungan gula darah yang tinggi.

Kondisi ini membuat peredaran darah tidak lancar dan merusak jaringan serta saraf tubuh. Akibatnya, bagian tubuh yang terluka tidak mendapatkan aliran darah. Padahal, dalam proses penyembuhan luka, butuh nutrien dan oksigen yang terdapat dalam darah. Berikut cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes!

Inilah Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Berikut beberapa cara mengatasi luka bernanah pada penderita diabates yang bisa dirawat sendiri di rumah, meliputi:

Membersihkan Luka

Cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes yang pertama adalah membersihkan luka. Luka dibersihkan dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan cairan antiseptik secara perlahan dengan kain kasa.

Keringkan luka dengan kain kasa kering dengan dilap pelan-pelan pada area luka dan sekitar luka. Setelah kering, luka tidak diperban melainkan dibiarkan terkena udara sehingga luka tidak basah karena terpapar dengan udara.

Bersihkan luka dengan teratur pada pagi, sore, dan malam hari sebelum tidur dengan cara yang sama. Jangan tutup luka dengan kain kasa atau kain jenis lain karena dapat membuat luka membusuk. Hal ini karena luka yang tertutup dalam kondisi lembab  memungkinkan luka terkena infeksi bakteri.

Tidak Menekan Luka

Menghindari tekanan pada luka merupakan cara mengatasi luka bernanah pada penderita diabetes. Menekan luka misalnya dengan menggunakan pakaian ketat terutama pada area luka. Pakaian yang menekan luka menyebabkan tidak adanya sirkulasi udara.

Saat ada agenda keluar rumah, perban luka dengan tidak terlalu kencang. Namun, sebaiknya Anda menggunakan pakaian longgar dengan adanya celah udara mengenai luka agar luka tetap kering.

Apabila luka diabetes Anda pada telapak kaki, gunakan bantalan yang empuk yang memberikan keamanan pada luka. Hindari benturan luka dengan benda keras agar luka tidak menyebar ke area lain. Hindari penggunaan alasa kaki yang terlalu keras dan menyusahkan saat berjalan. 

Mengontrol Kadar Gula Darah dengan Pola Makan  Sehat

Ketahui kadar gula darah saat sebelum makan dan setelah makan adalah cara mengobati luka bernanah pada penderita diabates yang efektif. Batasi jumlah makanan yang mengandung gula karena kebanyakan gula adalah penyebab diabetes.

Ubah konsumsi nasi putih dengan nasi merah yang memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah. Penuhi kebutuhan nutrien lain pada tubuh Anda terutama protein yang membantu pembentukan jaringan baru.

Selain itu, ada kebutuhan mineral. lemak, dan vitamin yang juga harus terpenuhi agar tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya. Ketahui semua kandungan gula dalam makanan meskipun pada buah sekali pun karena buah mengandung gula yang cukup tinggi

Periksakan ke Dokter

Cara mengatasi luka bernanah pada penderita diabates yang terakhir adalah memeriksakan diri ke dokter. Tingkat luka akibat penyakit diabetes tiap oang berbeda-beda tergantung sistem imunitas tubuh. Daya tahan tubuh manusia yang semakin melemah membuat luka memburuk bahkan menyebar ke area lain.

Kondisi ini bahkan bisa terjadi dalam jangka waktu lama secara berturut-turut. Jadi, apabila luka Anda tidak kunjung memberikan respon baik, maka segera periksakan ke doker.

Semakin cepat penanganan maka semakin cepat luka teratasi. Sebaiknya, Anda memeriksakan diri ke dokter jika dalam waktu 48 jam kondisi luka tidak memberikan tanda-tanda adanya perbaikan.

Itulah cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes yang dapat Anda lakukan di rumah. Lakukan secara rutin sehingga luka tidak semakin buruk mulai dari membersihkan dengan kain kasa hingga memeriksakan ke dokter.

Jaga kondisi kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan sehat, berolahraga, dan istirahat cukup. Anda bisa mengonsumsi beberapa obat herbal diabetes untuk menunjang pengobatan dokter. Sebagai penderita diabates, anda harus pintar mengelola kadar gula dalam darah.

Buat daftar makanan sehat bagi penderita diabates, bisa menjadi cara mengatasi diabetes yang efektif. Semoga, cara mengobati luka bernanah pada penderita diabetes ini bermanfaat bagi anda, terutama penderita.

Tinggalkan komentar