8 Cara Mengobati Gangguan Pencernaan dengan Menggunakan Obat-obatn dan Bahan Alami

8 cara mengobati gangguan pencernaan dengan Menggunakan Obat-obatan dan Bahan Alami. Masalah pencernaan memang menjadi salah satu masalah yang umum bagi sebagain besar orang. Namun masalah pencernaan juga tidak dapat Anda anggap sebagai masalah yang sepele, karena dengan pencernaan yang terganggu akan memberikan masalah yang lebih serius. Banyak dari orang-orang yang tidak sadar akan bahaya gangguan ini, banyak faktor yang menjadi penyebab terjandinya gangguan pencernaan, hal ini bisa dari jenis makanan yang anda makan, pola hidup yang salah juga menjadi salah satu faktor dari penyakit ini.

Berbagai obat baik herbal maupun obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati masalah pada pencernaan sekarang ini banyak yang sudah tersedia di toko obat maupun apotek. Bahan herbal juga sebenarnya banyak yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati pencernaan. Dengan pemanfaatan bahan herbal sekarang ini banyak juga peminatnya disamping minim efek samping menggunakan bahan herbal juga mudah didapatkan. Namun jika kondisi kesehatan Anda sudah semakin tidak baik ada baiknya anda memeriksakan ke dokter yang lebih tahu tentang kondisi kesehatan.

cara mengobati gangguan pencernaan
cara mengobati gangguan pencernaan

Beberapa Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Cara Alami

Bahan alami yang banyak digunakan unuk mengatasi gangguan pencernaan beberapa diantaranya menggunakan bahan yang biasa ditemukan sehari-hari. Bahan ini tentunya juga dapat Anda konsumsi sebagai terapi sehari-hari yang pastinya akan meminimalisir efek samping yang ada. Simak beberapa cara mengobati ganguan pencernaan.

Makan Makanan Berserat

Konsumsi makanan yang berserat tinggi akan mengurangi masalah pada sistem pencernaan anda. Awal mula masalah pencernaan timbul karena pola makanan yang tidak sehat. Dengan pola makan yang sembarangan ini mimicu masalah pencernaan apalagi bagi Anda yang sering mengkonsumsi alkohol dan rokok pasti sering merasakan berbagai masalah yang timbul di pencernaan. Anda dapat memulai mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat, ini mangapa karena dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat akan melancarkan kerja di usus besar dan sistem pencernaan.

Dengan mengkonsumsi serat alami ini diharapkan mampu memberikan terapi yang baik bagi organ pencernaan. Serat alami ini dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi papaya, alpukat, sayuran hijau, dan buah buahan yang lain. Cara mengobati gangguan pencernaan dengan menggunakan serta alami ini juga dirasa efekif sebagai terapi mengembalikan sistem pencernaan yang mulai terganggu.

Minum Teh Chamomile

Teh chamomile siapa yang tidak tahu tentang khasiat teh herbal satu ini, dengan mengkonsumsi secara rutin banyak manfaat yang didapat dari teh ini. Kandungan pada teh chamomile mampu meredakan sakit diare, kram perut dan teh ini mempunyai sifat menenangkan jadi dapat mngurangi sakit nyeri pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh tegangnya otot-otot halus. Teh ini juga dapat Anda konsumsi setiap hari sebagai pengganti teh biasa, dengan melihat manfaat yang segudang terapi teh chamomile juga sebagai cara mengobati ganguan pencernaan yang baik.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, bahan satu ini memang banyak digunakan sebagai salah satu bahan herbal yang dimanfaatkan untuk mnggobati beberapa keluhan kesehatan. Salah satu manfaat jahe adalah mampu meredakan masalah pada saluran pencernaan. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi jahe juga selain dapat membuat hangat suhu tubuh mampu dimanfaatkan sebagai terapi berbagai masalah kesehatan. Senyawa yang terkandung pada jahe yaitu fenolat juga dipercaya mampu meredakan iritasi pada saluran pencernaan.

Namun untuk penggunaan jahe tidak dapat digunakan jumlah besar pada ibu hamil. Hal ini karena sifat jahe yang panas dapat meningkatkan kontraksi pada perut dan dimungkinkan tidak disarankan dikonsumsi berlebih pada ibu hamil muda takutnya nantinya kaan menimbulkan keguguran pada janin. Jadi sebaiknya jika dirasa cara mengobati ganguan pencernaan dengan menggunakan jahe ini sudah dilakukan beberapa hari dan belum mengalami perubahan yang signifikan, Anda dapat memeriksakannya pada dokter.

Cara Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Obat-Obatan yang Ada Di Toko

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengobati ganguan pencernaan anda juga dapat menggunkan obat-obatan yang tersedia di toko. Ini juga harus seesuai dengan resep dokter. Beberapa obat yang biasanya digunakan sebagai obat pencernaan simak ulasanya sebagai berikut.

Obat Antasida

Obat dengan jenis antasida ini biasanya digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan  pada lambung, kasus yang sering terjadi adalah untuk meredakan asam lambung. Beberapa obat ini memang bisa dibeli tanpa mengunakan resep dokter.. Kandungan pada obat antasida ini adalah kalsium, aluminium magnesium yang jika digunakan dapat membantu menetralkan asam lambung yang sedang naik. Penggunaan obat antasida ini juga sering digunakan sebagai salah satu cara pmengobati ganguan pencernaan pada asam lambung yang sedang tinggi.

Obat PPI

Obat jenis PPI adalah jenis obat yang daapat mengobati kelebihan asam lambung atau biasa obat ini sering digunakan untuk obat maag. Obat jenis PPI ini meliputi omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, pantoprazole, esomeprazole beberapa obat ini merupakan jenis obat PPI. Namun dalam penggunaan obat ini harus menggunakan resep dokter dikarenakan obat ini termasuk obat keras. Anda hanya bisa meminumnya satu jam sebulum makan untuk mengatasi masalah asam lambung yang naik.

Obat Pencahar

Obat pencahar ini biasanya digunakan sebagai salah satu cara mengobati gangguan pencernaan pada sembelit. Karena sifat obat ini berkontraksi dengan usus agar mudah mengeluarkan fases dan melunakkanya maka dalam penggunaan obat ini haruslah lebih hati-hati. Obat ini banyak dijual di apotek namun anda juga harus memperhatikan cara pakai dan aturan yang berlaku agar tidak timbul masalah baru. Karena obat pencahar memiliki sifat mengeluarkan kotoran yang ada jangan sampai dengan mengkonsumsi obat ini dengan cara yang salah anda malha akan terkena diare.

Suplement Probiotic

Supplement probiotik digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan akibat dari bakteri. Penggunaan obat jenis probiotik ini digunakan untuk menyeimbangkan bakteri yang baik dalam tubuh. Selain sebagai penyeimbang bakteri baik suplemen probiotik ini juga digunakan untuk menangkal racun dan digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Gangguan pencernaan yang dapa diobati dengan menggunakan supplement probiotik ini adalah diare, IBS, dan Sembelit. Banyak makanan yang mengandung bakteri baik alami yaitu diantaranya kefir, Yogurt, kimchi.

Simak artikel info kesehatan lainnya disini.

Antibiotik

Penggunaan antibiotik ini digunakan sebagai salah satu cara mengobati gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri misalnya diare, muntaber, mual-mual, demam dan sebagainya. Penggunaan natibiotik ini juga harus dengan menggunakan resep dokter, karena sifat dan cara kerja antibiotic juga disesuaikan dnegn kondisi kesehatan Anda. anda wajib berkonsutasi pada dokter jika ingin menggunakan antibiotik sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Banyak cara mengatasi gangguan pencernaan baik dengan cara herbal alami maupun dengan resep dokter. Ada baiknya jika anda mengalami gangguan pencernaan anda dapat mengkonsultasikan pada dokter sehingga masalah pencernaan anda jelas penyebabnya apakah infeksi bateri apa hanya disebabkan karena hal lain. Karena kesehatan mahal hargaya maka dari itu ada baiknya wajib untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

 

About Ibnu Khamill

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *