Ikuti 5 Cara Mengkonsumsi Lidah Buaya Sebagai Obat Herbal

sumbersehat – Cara mengkonsumsi lidah buaya tidak bisa langsung dimakan sembarangan. Terdapat beberapa langkah yang harus anda lakukan supaya dapat dikonsumsi dengan aman. Lidah buaya mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Walaupun tidak memiliki aroma yang kuat, tetapi manfaat lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai tambahan berbagai masakan. Karena lidah buaya jika dikonsumsi akan memberikan tekstur dan nutrisi terhadap masakan. Lalu, bagaimana cara mengkonsumsi lidah buaya yang aman dan tepat? Simak ulasan di bawah ini!

cara mengkonsumsi lidah buaya
cara mengkonsumsi lidah buaya

Tentang Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah sejenis tumbuhan yang memiliki daging yang tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini berasal dari Jazirah Arab dan bersifat menahun. Bahkan tanaman liarnya sudah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Pada umumnya, lidah buaya dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias. Manfaat lidah buaya juga sering ditemukan dalam produk kecantikan, obat luar, dan minuman. Walaupun lidah buaya sering digunakan sebagai obat herbal, tetapi belum dapat dipastikan aman dan efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Manfaatnya juga tergantung cara mengkonsumsi lidah buaya yang benar.

Tanaman lidah buaya memiliki bentuk yang sangat unik karena tidak memiliki batang atau berbatang pendek. Tingginya hanya sekitar 60-100 cm dan berkembang biak dengan tunas. Daunnya berwarna hijau atau hijau keabu-abuan dan berdaging tebal. Pinggiran daunnya berbentuk seperti gergaji dengan gerigi berwarna putih.

10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyakit

Berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu :

  1. Membantu melancarkan sistem pencernaan.
  2. Membantu menyembuhkan luka bakar.
  3. Menjaga kesehatan rongga mulut.
  4. Mengatasi gejala asam lambung.
  5. Membantu menurunkan kadar gula darah.
  6. Mengatasi peradangan pada gusi.
  7. Meredakan sariawan
  8. Mengobati jerawat.
  9. Melembabkan kulit.
  10. Mencegah iritasi pada kulit.

Dari sekian banyak manfaat lidah buaya yang diberikan, tentu saja tumbuhan ini memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter jika ingin mengonsumsi lidah buaya.

Supaya tahu berapa porsi yang aman untuk dikonsumsi dan meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi. Termasuk jika anda ingin menggunakan sebagai obat luar. Jika kulit menunjukkan alergi segera hentikan penggunaan lidah buaya supaya tidak semakin parah.

Cara Mengolah Lidah Buaya yang Benar

Sekarang anda sudah tahu manfaat lidah buaya yang sangat beragam mulai dari kesehatan dan kecantikan. Lalu, bagaimana cara mengolah lidah buaya yang aman? Berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat!

1. Mencuci lidah buaya

Pada dasarnya, lidah buaya aman dikonsumsi jika dipersiapkan dengan langkah yang benar. Membeli lidah buaya di supermarket tidak selalu aman dikonsumsi. Jika ingin membeli tanaman lidah buaya disarankan yang berukuran besar dan membelinya di toko bahan makanan organik.

Cara mengolah lidah buaya untuk obat juga memperhatikan teknik mencucinya yang benar. Seperti tanaman lainnya, lidah buaya harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah. Cara mencucinya juga tidak sembarangan, terdapat langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu :

  • Cuci lidah buaya menggunakan air yang mengalir untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.
  • Bersihkan juga lendir yang menempel pada permukaan lidah buaya supaya teksturnya tidak lengket.

2. Memotong lidah buaya

Jika sudah dicuci hingga bersih, anda dapat memotongnya. Cara memotong lidah buaya yang benar, yaitu :

  • Siapkan daun lidah buaya yang sudah bersih.
  • Kemudian potong lidah buaya menjadi beberapa bagian dengan bentuk horizontal selebar 8-10 cm.
  • Setelah itu, buang bagian ujung lidah buaya yang tajam. Anda hanya perlu membuang bagian ujung daun yang tajam sehingga tidak perlu memotong terlalu banyak.
  • Kupas kulit daun lidah buaya yang berwarna hijau dan berpenampang datar. Perhatikan, salah satu sisi daun lidah buaya mempunyai tekstur permukaan yang lebih datar dibandingkan sisi lainnya.
  • Kupas secara perlahan bagian kulit pada sisi sampai terlihat daging lidah buaya yang transparan di dalamnya.
  • Setelah dikupas, kerok dengan sendok bagian gel lidah buaya yang berwarna transparan. Lalu, simpan gel tersebut di dalam wadah tertutup.

Berikut adalah langkah-langkah mengolah lidah buaya yang benar sebelum dikonsumsi. Gel lidah buaya yang disimpan bisa langsung dikonsumsi atau dipakai sebagai bahan masakan atau obat alami. Jika tidak ingin dikonsumsi, lidah buaya juga dapat gunakan sebagai lotion, krim cukur, atau obat luar lainnya.

Cara Mengkonsumsi Lidah Buaya

Jika anda sudah menyiapkan lidah buaya sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan, saatnya anda mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi lidah buaya. Berikut ini adalah cara mengolah lidah buaya menjadi beberapa sajian, diantaranya :

1. Cara mengkonsumsi lidah buaya secara mentah.

Lidah buaya tidak mempunyai rasa dan aroma yang kuat sehingga dapat dikonsumsi secara langsung. Selain itu, lidah buaya juga dapat dijadikan camilan ringan yang sehat. Anda dapat mencocol lidah buaya yang sudah bersih dan dipotong bersama dengan hummus.

2. Cara mengkonsumsi lidah buaya dengan cara diminum.

Gel yang terdapat pada lidah buaya dapat anda gunakan sebagai minuman. Mengonsumsi gel lidah buaya dapat melancarkan sistem pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, lidah buaya juga dapat menjadi obat herbal untuk penyakit diabetes dan iritasi usus besar.

Cara mengolah lidah buaya untuk minuman juga sangat praktis. Lidah buaya tidak memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga bisa diminum langsung tanpa campuran apa pun.

3. Cara mengkonsumsi lidah buaya menjadi campuran smoothie.

Cara mengolah lidah buaya untuk minuman selanjutnya adalah dengan menjadikannya tambahan dalam membuat smoothie. Anda dapat mencampurkan gel atau potongan kecil daun lidah buaya untuk memberikan tesktur pada smoothie.

4. Cara mengkonsumsi lidah buaya menjadi saus

Tidak hanya diolah menjadi minuman, manfaat lidah buaya yang lainnya juga bisa diolah menjadi saus. Cara mengolahnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan daun lidah buaya yang sudah dipotong dan dicuci bersih. Lalu siapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat saus.

Bahan tersebut seperti tomat, daun ketumbar, garam, perasan lemon, dan bawang putih. Lalu, masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender dan haluskan. Blender hingga teksturnya seperti saus pasta yang sedikit kental. Kemudian, saus dengan campuran lidah buaya bisa langsung dinikmati.

5. Cara mengkonsumsi lidah buaya menjadi masakan

Manfaat lidah buaya juga dapat diolah menjadi masakan sederhana, contohnya seperti sup. Siapkan lidah buaya yang sudah bersih dan potong menjadi beberapa bagian secukupnya. Lalu rendam terlebih dahulu lidah buaya selama kurang lebih 10 menit untuk melakukannya supaya mudah dikonsumsi.

Jika sudah lunak, anda dapat langsung mencampurkannya ke dalam sup yang sudah hampir matang. Kombinasi antara sayuran lain dan lidah buaya akan memberikan nutrisi baik yang beragam pada makanan anda.

Demikian informasi mengenai cara mengkonsumsi lidah buaya yang bisa anda coba di rumah. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *