Ikuti 15 Cara Menghilangkan Stres Pikiran Agar Cepat Tenang dan Bahagia

sumbersehat.com – Cara menghilangkan stres pikiran merupakan hal yang harus diketahui oleh semua orang. Hal ini mengingat stres yang bisa menyerang atau dialami oleh siapa saja. Penyebab stres pun bisa berupa banyak hal. Mulai dari masalah di sekolah, tempat kerja, rumah tangga, hingga hal-hal lainnya. Karena penyebab stres yang dialami oleh seseorang akan berbeda dengan yang lainnya.

Maka dari itu, Anda harus paham betul mengenai cara mengatasi stres pikiran agar bisa mengatasinya. Stres ini ternyata dapat berdampak pada berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi, depresi, hingga penyakit jantung. Dampak ringannya bisa berupa gangguan nafsu makan, sakit kepala, nyeri otot, dan sulit berkonsentrasi. Di bawah ini adalah cara mengatasinya.

cara menghilangkan stres pikiran
cara menghilangkan stres pikiran

Inilah Cara Menghilangkan Stres Pikiran yang Paling Ampuh

Cobalah cara-cara di bawah ini agar stres yang Anda alami dapat berangsur hilang, diantaranya adalah:

1. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang dinilai ampuh untuk dilakukan. Lakukanlah gerakan olahraga sederhana di saat Anda memiliki banyak pikiran. Contoh olahraganya bisa berupa jogging, berenang, dan bersepeda mengelilingi komplek rumah. Selain menghilangkan stres yang ada dalam pikiran Anda, olahraga juga mampu membuat tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat.

2. Menjalani Hobi yang Menyenangkan

Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan melakukan hobi yang menyenangkan. Setiap orang pastilah memiliki kesenangan yang sering dilakukan. Kesenangan itu bisa berupa membaca buku, menulis, berbelanja, jalan-jalan, memasak, berkebun, dan lain-lain. Jika Anda sedang mengalami stres pikiran dan ingin menghilangkannya, maka cobalah menjalani hobi tersebut. Hal ini mungkin akan membuat Anda terbebas dari stres tersebut.

3. Sharing dengan Orang Terdekat

Dengan menceritakan hal yang dialami kepada orang terdekat, hal ini mungkin bisa menghilangkan stres yang Anda alami. Hal inilah yang menjadikannya sebagai cara mengatasi stres pikiran. Utarakanlah apa yang Anda rasakan sehingga hal tersebut bisa menenangkan hati dan pikiran. Jika perlu, hubungi psikolog untuk saran yang lebih baik.

4. Memulai untuk Berkebun

Salah satu alternatif dari cara menghilangkan stres pikiran adalah dengan berkebun. Berkebun dapat mengisi waktu luang dan juga memelihara tanaman yang ada di rumah. Hal ini juga dinilai efektif dalam menghilangkan stres yang Anda alami. Dengan berkebun, konsentrasi Anda akan teralihkan dari masalah kepada para tanaman. Anda juga bisa memulai berkebun dengan menanam tunas kecil, hingga membesar, berbunga, dan juga menghasilkan buah.

5. Mencoba Tertawa

Dengan tertawa, sebenarnya Anda telah melakukan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang sedang dialami. Hal ini dapat membuat Anda mengubah sistem dalam tubuh dan juga mengurangi stres untuk jangka yang panjang. Dengan begitu, kadar hormon stres yang Anda alami dapat berkurang dan juga dapat mengubah cara pandang. Untuk tertawa, Anda dapat mencoba untuk menonton film bergenre komedi, bermain dengan anak kecil, dan juga menonton video lucu.

6. Mengunyah Permen Karet

Selain cara yang telah disebutkan sebelumnya, mengunyah permen karet juga merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang bisa dilakukan. Mengemil permen karet dapat mengurangi kecemasan yang Anda miliki sehingga rasa stres oun akan berkurang. Oleh karena itu, cobalah untuk mengunyah permen karet saat Anda mengalami stres.

7. Menggambar

Tidak ada yang tahu bahwa menggambar juga merupakan salah satu cara mengatasi stres pikiran. Hal ini disebabkan oleh menggambar diyakini dapat menenangkan pikiran secara efektif bagi Anda yang sedang memiliki banyak pikiran. Untuk melakukannya pun Anda hanya perlu memiliki pulpen dan secarik kertas, jika sudah begitu, Anda dapat mulai menggambar atau sekadar mencoret-coret di atas kertas.

8. Menari

Bagi Anda yang hobi menari, maka menari merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang paling dianjurkan. Dengan menari, Anda akan menjadi lebih tenang. Pikiran Anda pun akan teralihkan dari berbagai masalah sehingga pikiran Anda akan terlihat lebih fokus dan bisa berpikir jernih. Oleh karena itu, saat Anda merasa stres, cobalah untuk menari untuk menenangkan pikiran.

9. Berenang

Cara menghilangkan stres pikiran yang selanjutnya adalah dengan berenang atau berendam. Dengan berenang, Anda bisa mendapatkan relaksasi tubuh, dan membantu menekan tingkat hormon yang memicu stres. Jika tidak ada kolam renang, maka berendamlah di dalam bak kamar mandi yang ditemani dengan lilin aromaterapi. Aromaterapi tersebut dapat menghilangkan stres yang Anda miliki.

10. Berkomunikasi dengan Hewan Peliharaan

Berkomunikasi dengan hewan peliharaan juga mampu menjadi cara menghilangkan stres pikiran. Hal ini tidak lain adalah karena hewan peliharaan, terutama kucing, mampu menjadi hewan terapi dan juga tempat mencurahkan kasih sayang. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka agar stres yang dialami dapat cepat hilang.

11. Memiliki Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat juga merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang dinilai ampuh. Karena jika Anda memiliki menu makan yang tidak sehat serta pola makan yang tidak teratur, maka hal ini bisa menambah stres pikiran Anda. Jika perlu, sediakan bekal makanan dari rumah dan juga berbelanja bahan masakan. Dengan begitu Anda akan merasa senang dan stres yang ada dalam pikiran Anda akan segera berangsur hilang.

12. Mencari Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan yang mendukung juga sangat dibutuhkan saat Anda merasakan stres pikiran. Dukungan di sini maksudnya adalah dukungan positif yang bisa membuat Anda bangkit dari keterpurukan. Carilah teman dan lingkungan yang berpotensi membuat Anda terbebas dari stres. Karena jika Anda terus memilih untuk menyendiri, maka stres pikiran itu tidak akan pernah benar-benar hilang.

13. Menyeimbangkan Waktu Bekerja dan Keluarga

Tidak menutup kemungkinan bahwa penyebab stres yang Anda alami adalah masalah di kantor atau pekerjaan. Jika betul begitu, maka solusinya adalah milikilah keseimbangan dengan waktu Anda bersama keluarga. Hal ini dinilai efektif dan ampuh karena Anda mungkin bisa bersenang-senang bersama keluarga untuk menghilangkan stres pikiran. Anda dapat memanfaatkan waktu bersama keluarga untuk mengobrol santai ataupun menonton televisi bersama.

14. Mengonsumsi Cokelat

Mengonsumsi cokelat juga mampu membantu Anda dalam menghilangkan stres pikiran. Rasa cokelat yang manis dan lezat ini ampuh sekali dalam menghilangkan stres. Kandungan kakao di dalamnya pun dipercaya mampu memberikan energi positif ada Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsinya saat Anda dilanda stres pikiran.

15. Meminum Teh Hijau

Meminum teh hijau juga merupakan salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang Anda alami. Hal ini tidak lain adalah karena nutrisi yang dikandung oleh teh hijau. Selain itu, untuk mengembangkan kemampuan, Anda dapat mengolah teh hijau ke dalam beberapa olahan. Beberapa contohnya adalah green tea, matcha cheese cake, matcha gelato, dan matcha cheese tea.

Itulah cara menghilangkan stres pikiran yang dapat Anda lakukan. Cara-cara tersebut terbilang sederhana karena masih bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Oleh karena itu, jika Anda sedang dilanda stres pikiran, maka mulailah untuk melakukan hal-hal tersebut di atas.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *