11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa orang. Hal ini bisa saja disebabkan oleh hanya beberapa orang yang mengalami sesak di dada. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahuinya. Tujuannya adalah agar dapat menolong orang-orang di sekitar Anda yang mengalami keadaan tersebut.

Sesak di dada bisa saja diobati oleh obat-obatan, bahkan hingga bantuan yang diberikan oleh tim medis. Namun, ada juga cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sesak dada tersebut secara alami. Sehingga efek samping yang nantinya akan muncul tidak terlalu parah. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai cara menghilangkan sesak di dada yang sehat dan juga ampuh.

cara menghilangkan sesak di dada
cara menghilangkan sesak di dada

Inilah Cara Menghilangkan Sesak di Dada

Lakukanlah cara-cara di bawah ini untuk menghilangkan sesak di dada:

1. Duduk dengan Posisi Badan Sedikit Membungkuk

Cara menghilangkan sesak di dada yang pertama adalah dengan merelaksasi tubuh Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan duduk. Posisikan badan untuk sedikit membungkuk. Cara ini pun telah dipraktikkan oleh praktisi pengobatan alternatif. Caranya adalah duduklah di kursi dengan telapak kaki berada di lantai dan dada sedikit membusung ke depan. Bungkuklah hingga siku dan lutut saling bersentuhan. Jika sudah begitu, mulailah untuk bernapas secara perlahan. Tariklah napas dalam-dalam kemudian keluarkan sedikit demi sedikit.

2. Mengatur Pernapasan Diafragma

Selanjutnya, cara menghilangkan sesak di dada yang kedua adalah dengan bernafas menggunakan diafragma. Hal ini berarti seseorang harus bernapas dengan menggunakan otot perut. Metode pernapasan ini dipercaya mampu menghilangkan sesak napas. Caranya pun terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Duduklah di atas kursi dengan posisi lutut, leher, bahu, dan kepala dalam keadaan yang rileks. Satu tangan disimpan di perut, satu tangan lainnya bisa diletakkan di area dada. Kemudian mulailah untuk menarik napas dengan menggunakan hidung. Kencangkanlah otot perut sambil membuang napas melalui mulut dengan perlahan.

3. Melapangkan Dada dengan Melakukan Pursed Lip Breathing

Pursed lip breathing atau yang disebut juga dengan teknik bernapas sederhana menggunakan mulut ini juga diklaim efektif sebagai cara menghilangkan sesak di dada. Metode ini mampu memperlambat laju pernapasan dan membuatnya lebih efektif. Seseorang dapat melakukan metode ini di mana saja, apalagi jika mengalami rasa sesak.

Caranya sangatlah mudah. Relaksasikanlah otot bahu dan leher. Selanjutnya, tarik napas dengan menggunakan hidung dengan perlahan. Hitunglah sampai hitungan ketiga dan buang napas tersebut melalui celah mulut hingga mengerucut.

4. Memposisikan Tubuh untuk Bersandar ke Dinding

Cara menghilangkan sesak di dada yang lainnya adalah dengan bersandar ke dinding. Metode yang satu ini biasanya digunakan oleh para tim medis dan para tentara di dunia dalam menghadapi panic attack, Cara untuk melakukannya pun terbilang sangat mudah. Anda bisa bersandar pada dinding dengan pinggul yang turut menempel.

Pastikan bahwa ada jarak yang cukup antara kedua kaki selebar bahu dan simpanlah tangan di samping kedua paha. Relaksasikan tubuh Anda dengan mencondongkannya ke depan dan tariklah napas dalam-dalam. Buanglah napas tersebut selama tiga detik. Lakukanlah sebanyak 10 kali agar cara ini bisa efektif diterapkan.

5. Berbaringlah di Lantai

Selanjutnya, cara menghilangkan sesak di dada yang bisa dilakukan adalah dengan berbaring di lantai. Cara ini bisa dilakukan ketika seseorang mengalami keadaan sesak napas dan tidak memiliki tenaga untuk berdiri. Cobalah untuk berbaring miring dengan bantal di antara dua paha dan tempatkan kepala di posisi yang lebih tinggi.

Selanjutnya, luruskan punggung dan ambil napas dalam-dalam, kemudian buang napas secara perlahan. Lakukanlah cara ini dalam keadaan terlentang dengan bantal yang cukup tinggi di bawah kepala. Kemudian, tekuklah lutut dan tarik nafas sambil melemaskan otot perut.

6. Carilah Udara yang Bersih

Banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab dari sesak di dada. Salah satunya adalah stres. Selain itu, pola makan yang tidak sehat, tersedak, dan udara di sekitar juga memengaruhi keadaan pernapasan seseorang. Jika rasa sesak di dada tersebut kambuh, maka cobalah untuk keluar ruangan dan mencari udara yang bersih.

Cara menghilangkan sesak di dada dengan metode ini adalah seseorang harus menghindari daerah-daerah yang berpolusi. Hal tersebut karena polusi dapat memperparah rasa sesak yang dialami. Cobalah untuk mengunjungi daerah yang memiliki banyak pepohonan yang rindang. Hal tersebut mampu mengeksekusi rasa sesak yang sedang dialami.

7. Menggunakan Tanaman Jahe

Banyak sekali khasiat yang dimiliki oleh tanaman jahe. Beberapa manfaat diantaranya adalah untuk mengobati demam, batuk-batuk, infeksi, peradangan, dan juga perawatan kanker. Jahe juga ternyata mampu menjadi alternatif dari cara menghilangkan sesak di dada. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur potongan jahe ke dalam teh hangat atau merebus potongan jahe dengan madu.

8. Menggunakan Kopi

Kopi menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai aroma jahe. Cara menghilangkan sesak di dada dengan menggunakan kopi ini adalah cara yang juga dinilai efektif. Kafein di dalam kopi ini berperan untuk mengurangi kelelahan pada otot saluran pernapasan. Fungsi dari kafein ini juga mampu membantu penderita penyakit asma. Namun, jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan detak jantung tinggi dan tidak terkendali.

9. Cobalah Metode Pijat Sesak Napas

Cara menghilangkan sesak di dada yang terakhir adalah dengan mencoba melakukan pijat sesak napas. Pijat sesak napas ini dinilai tepat dalam meredakan sesak di dada. Bahkan, metode ini dapat dilakukan oleh diri sendiri sehingga tidak mengharuskan seseorang untuk pergi ke dokter atau tenaga medis. Fokuskanlah proses pemijatan tersebut pada tiga titik inti di dalam tubuh, yaitu leher, belakang leher, dan kaki.

– Pijat Sesak Napas pada Dada

Cara untuk memijatnya terbilang mudah. Anda hanya perlu menekan bagian tengah dada yang sejajar dengan puting susu sebanyak tiga puluh kali. Tunggulah hingga dada terasa lebih lega dan sudahi pijatannya.

– Pijat Sesak Napas di Kaki

Dalam memijat kaki, Anda dapat menepuk-nepuk atau memberi pijatan memutar pada area yang terletak di pertengahan antara tempurung lutut dan mata kaki bagian luar. Lakukanlah cara ini hingga rasa sesak di dada Anda menghilang.

– Pijat Sesak Napas di Belakang Leher

Cobalah untuk memegang leher bagian belakang saat merasakan sesak di dada. Carilah area perbatasan pundak dengan leher. Berilah pijatan sebanyak 30 kali dengan tekanan tepat di belakang leher. Lakukanlah dengan membaginya sebanyak tiga kali. Jadi, Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali dengan 10 tekanan.

Itulah beberapa cara menghilangkan sesak di dada yang bisa Anda lakukan di rumah. Caranya pun terbilang mudah dan Anda tidak perlu pergi ke tenaga medis. Namun, jika sesak napas tersebut belum saja mereda setelah melakukan cara-caranya, alangkah baiknya untuk pergi ke dokter. Sehingga tidak ada hal yang perlu untuk dikhawatirkan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *