5 Cara Menghilangkan Sariawan Pada Bayi Secara Alami

By

Sumbersehat.com – Cara menghilangkan sariawan pada bayi bisa dilakukan sendiri di rumah maupun dengan pengobatan medis. Namun, anda perlu berhati-hati saat mengobati sariawan pada bayi anda. Perhatikan dosisnya dan bagaimana efek obatnya, bila menimbulkan alergi, maka jangan dilanjutkan.

Sariawan pada bayi disebabkan oleh jamur candida albicans yang bersarang di mulut. Jamur ini membuat luka, lesi putih dan benjolan di lidah maupun mulut. Ada beberapa penyebab sariawan pada bayi yang perlu diketahui para ibu, terutama ibu muda dan sedang menyusui. Nah, berikut ini penyebab dan cara mengatasi sariawan pada bayi!

Faktor Penyebab Sariawan Pada Bayi

Ada beberapa penyebab sariawan pada bayi yang harus diketahui ibu-ibu agar bisa waspada, diantaranya:

Antibiotik

Sama seperti tubuh orang dewasa, tubuh bayi memiliki keseimbangan mikroorganisme alami yang membuat kita tetap sehat. Saat membicarakan tentang bakteri, identik dengan kata buruk. Padahal ada pula bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan saat menggunakan obat antibiotik, membeda-bedakan.

Semua, bakteri dibasmi oleh antibiotik. Sehingga, bisa dikatakan antibiotik sebagai penyebab sariawan pada bayi. Lalu, cara menghilangkan sariawan pada bayi adalah dengan berhenti memberikan antibiotik pada bayi anda. Sebab, mengganggu keseimbangan flora alami dan membuat kita lebih rentan terhadap sariawan.

Sistem Kekebalan Tubuh Bayi yang Lemah

Jika Anda atau bayi tidak pernah menggunakan antibiotik, ada faktor penyebab sariawan pada bayi. Melemahnya sistem kekebalan tubuh ini bisa terjadi karena terkena penyakit, pola makan yang buruk, terpapar bahan kimia atau kurang tidur. Jika seperti ini, cara menghilangkan sariawan pada bayi adalah dengan mengetahui dulu kondisi si kecil.

Cara Menghilangkan Sariawan Pada Bayi Secara Alami

Setelah mengetahui penyebab sariawan pada bayi, anda pun wajib tahu cara mengatasi sariawan pada bayi, berikut caranya:

Probiotik

Jika bayi Anda masih terlalu muda untuk mengonsumsi yogurt, ada probiotik yang aman untuk bayi yaitu ASI. ASI sebenarnya mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi anda. ASI merupakan asupan yang sangat tepat bagi bayi anda, oleh karena itu sebaiknya buat ASI anda keluar setelah melahirkan.

Dengan memberikan ASI yang cukup, tidak hanya sebagai cara menghilangkan sariawan pada bayi saja, tapi meningkatkan kesehatan bayi secara keseluruhan. Berikan ASI setidaknya sampai si kecil berumur 6 bulan atau jika masih cukup, berikan sampai 2 tahun.

Mengurangi Asupan Gula

Cara menghilangkan sariawan pada bayi secara alami kedua adalah mengurangi asupan gula. Jika Anda seorang ibu menyusui, mengurangi asupan gula sangat penting, karena diet manis dapat memperburuk gejala sariawan. Memang makanan manis enak bagi bayi, tapi keefektivitasan pengobatan sariawan pada bayi berkurang.

Ekstrak Biji Anggur

Perlu anda ketahui bahwa ekstrak biji anggur juga bisa menyembuhkan sariawan pada bayi. Cara menghilangkan sariawan pada bayi dengan ekstrak biji anggur yaitu mencampurnya dengan air putih. Ekstrak biji anggur merupakan senyawa antimikroba spektrum luas yang dibuat dari biji dan pulp anggur.

Dosis yang disarankan adalah 10 tetes dicampur dengan satu ons air atau sesuai dengan ajuran pakai. Aplikasikan ramuan ini pada puting susu ibu dan mulut lembut bayi sebelum menyusui, seperti rekomendasi dengan probiotik.

Gentian violet

Gentian violet adalah obat alami sariawan yang cukup populer. Obat ini adalah pewarna antiseptik yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur. Namun, saat menggunakan obat ini, mulut bayi anda akan berwarna ungu. Tapi, itu aman untuk bayi atau jika khawatir minta penjelasan dokter.

Aplikasikan Minyak Kelapa Murni

Jika anda mempunyai minyak kelapa murni atau VCO bisa digunakan untuk mengobati sariawan pada bayi. Cara menghilangkan sariawan pada bayi dengan VCO adalah mengoleskannya pada bibir si kecil yang sariawan. Aplikasikan secara rutin setiap hari sampai sariawan hilang.

Mencegah Bayi Sariawan

Sekarang, anda sudah tahu cara mengobati sariawan pada bayi, selanjutnya lakukan langkah pencegahan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kalau anda menyusui, maka konsumsilah makanan fermentasi yang mengandung probiotik alami seperti yogurt, kefir, kombucha, asinan kubis, kimchi, dll.
  • Hentikan konsumsi junk food, gula, dan soda.
  • Konsumsi buah dan sayur setiap hari atau jika bayi anda sudah masa MPASI, buatkanlah makanan yang mengandung buah dan sayur.

Itulah cara menghilangkan sariawan pada bayi secara alami termasuk penyebab dan cara mencegahnya. Ikuti terus artikel kami untuk mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan penyakit.

Tinggalkan komentar