8 Cara Menghilangkan Sakit Maag secara Alami, Terbukti Ampuh!

By

Gejala penyakit maag memang sangat menyebalkan, apalagi muncul di saat pekerjaan padat. Tentunya, anda tidak mau pekerjaan terbengkalai bukan? Jika begitu, anda harus tahu cara menghilangkan sakit maag yang cepat.

Selain dengan obat, ada cara mengatasi penyakit maag agar tidak kambuh lagi secara alami juga. Cara ini lebih aman dan terbukti ampuh, tapi mungkin memerlukan waktu yang lebih lama dan harus rutin dikonsumsi.

Penyebab mag beragam, seperti pola makan sembarangan, gaya hidup yang tidak sehat, hingga sering mengonsumsi makanan pedas dan alkohol. Bagi yang mau tahu cara menghilangkan sakit maag secara alami dan ampuh, simak penjelasan di bawah ini!

Inilah 8 Cara Menghilangkan Sakit Maag Secara Alami

Setidaknya, ada 8 cara menyembuhkan penyakit maag secara total dengan bahan-bahan alami, diantaranya:

Konsumsi ekstrak bawang putih

Cara yang pertama adalah dengan rajin mengonsumsi ekstrak bawang putih. Hal ini karena bawang putih mampu menangkal bakteri Helicobacter pylori. Bakteri tersebut sebenarnya terdapat dalam lambung manusia dan menjadi penyebab timbulnya mag.

Karena itulah, bawang putih bagus sebagai makanan untuk sakit maag. Anda dapat menggerus bawang putih hingga halus lalu memakannya. Jika tidak ingin repot, anda bisa juga membeli produk ekstrak bawang putih yang dijual di supermarket.

Perbanyak asupan prebiotik

Prebiotik adalah bakteri baik yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Cara menghilangkan sakit maag dengan prebiotik adalah dikonsumsi. Anda bisa memilih produk-produk yang mengandung prebiotik, seperti yogurt, kefir, oatmeal, dan buah beri.

Bakteri baik yang terkandung dalam prebiotik bisa mencegah penyebar bakteri Helicobacter pylori serta membantu proses penyembuhan pada pencernaan. Bagi yang sering mengalami gejala penyakit maag, sediakan makanan untuk sakit maag ini.

Minum secangkir teh hijau dan madu

Menyeruput secangkir teh hijau hangat dengan tambahan madu tidak hanya membuat tubuh rileks, tetapi juga baik untuk pencernaan. Terdapat antioksidan dalam teh hijau yang bisa melindungi lambung anda. Madu juga memiliki berbagai manfaat baik seperti antibakteri, antiinflamasi, dan juga kaya antioksidan.

Sehingga, bisa dijadikan cara mengatasi penyakit maag agar tidak kambuh lagi. Namun, anda harus mengonsumsinya secara rutin agar hasilnya maksimal dan maag takkan muncul lagi.

Gunakan sari lidah buaya

Lidah buaya yang terkenal bisa menjaga kesehatan rambut dan wajah ternyata juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit maag, lho. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok sari lidah buaya dengan air hangat. Anda bisa minum 1-2 gelas per hari.

Lidah buaya memiliki zat yang mampu meredakan iritasi lambung, menghambat tumbuhnya bakteri, dan mengurangi pembengkakan lambung. Jadi, makanan untuk sakit maag ini bagus sekali dikonsumsi.

Manfaatkan jahe

Jahe dikenal sebagai tumbuhan yang punya khasiat antibakteri dan antiinflamatori. Mengonsumsi jahe dapat mengurangi iritasi yang terjadi pada lambung. Anda bisa langsung mengunyah satu ruas jahe atau merebusnya bersama susu dengan rasio 1:5.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa jahe baik bagi penderita maag. Banyak yang mengira jahe dapat memperparah penyakit asam lambung. Jika anda belum yakin dengan cara menghilangkan sakit maag menggunakan jahe, bisa konsultasikan pada dokter.

Memakai air dan minyak kelapa

Buah dengan 1000 manfaat ini bisa digunakan untuk meredakan sakit maag, lho. Anda bisa mengonsumsi air kelapa atau minyak kelapa. Masing-masing memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan tinggi yang dapat menurunkan peradangan lambung.

Anda bisa meneguk 2 – 3 sendok teh minyak kelapa setiap hari secara rutin. Selain itu, anda juga bisa meminum air kelapa setiap hari sebagai cara menyembuhkan penyakit maag secara total.
Seduh air rebusan kunyit

Berikutnya, cara menghilangkan sakit maag dengan bahan alami adalah menyeduh air rebusan kunyit. Kunyit merupakan bahan alami dengan beragam khasiat. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur.

Mengonsumsi air rebusan kunyit secara rutin mampu mengurangi iritasi yang terjadi pada saluran pencernaan yang diakibatkan maag. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur satu sendok bubuk kunyit dengan air panas, kemudian meminumnya.

Baca juga : Ini Dia 6 Gejala Penyakit Maag yang Perlu Anda Tahu

Maksimalkan dengan gaya hidup yang sehat

Cara mengatasi sakit maag agar tidak kambuh lagi yang terakhir adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Akan sia-sia apabila anda tetap sering mengonsumsi makanan pedas/asam, minum alkohol, merokok, dan tidak menjaga pola makan.

Olahraga teratur juga dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Sebenarnya ada banyak gerakan untuk meredakan sakit maag. Anda bisa mempelajarinya nanti di artikel kami selanjutnya.

Nah, itu tadi 8 cara menghilangkan sakit maag secara alami. Anda bisa memilih bahan-bahan yang mudah didapatkan dan jangan lupa untuk mengonsumsinya secara rutin, ya!

Tinggalkan komentar