8 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah Kiri dengan Ampuh dan Mudah

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri banyak dicari karena di era globalisasi ini banyak yang mengalami sakit kepala. Ada banyak sebab, mengapa sakit kepala sebelah kiri sering terjadi. Sakit kepala jenis ini tidak hanya dialami oleh satu dua orang, melainkan banyak orang.

Tidak hanya menyerang area kepala, sakit kepala sebelah kiri sampai ke mata dan telinga. Penyebabnya sakit kepala sebelah kiri macam-macam, salah satunya adalah stress. Ketika stress, tubuh akan melepaskan suatu bahan kimia yang bersifat “fight or fight.” Akibatnya, otot-otot menjadi tegang serta aliran darahnya menyebabkan sakit kepala.

cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri
cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Harus Anda Ketahui

Sebelum membahas cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri, kita bahas dulu tentang penyebabnya. Berikut penyebab sakit kepala sebelah kiri, di antaranya:

– Karena Terlalu Sering Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri yang paling cepat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Seperti halnya aspirin, naproxen, ibuprofen dan lain-lain yang dianggap cepat menghilangkan sakit kepala. Kebiasaan seperti ini kurang dianjurkan, apalagi jika mengonsumsinya dengan cara berlebihan.

Dalam jangka panjang, Anda akan bergantung terhadap obat-obatan tersebut ketika sakit kepala menyerang. Awalnya, Anda akan mengonsumsi dalam dosis yang kecil, tapi lambat laun dosis yang Anda minum akan terus bertambah. Jika terpaksa harus meminum obat-obatan tersebut, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

– Stocksy/Salah Posisi Tidur

Salah posisi ketika tidur menjadi salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri yang dialami kebanyakan orang. Terlihat sederhana dan sepele, tapi hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Ciri-ciri ketika Anda salah posisi tidur adalah rasa nyeri di leher ketika bangun pagi.

Otot leher yang tegang di bagian kiri menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah kiri. Untuk menghindari sakit kepala sebelah kiri, mulailah dengan mengatur posisi bantal Anda dengan baik dan nyaman. Agar ketika bangun pagi tidak merasakan sakit kepala dan badan terasa segar.

– Gaya Hidup

Selain kedua penyebab sakit kepala sebelah kiri di atas, ada penyebab lain yaitu gaya hidup. Keseharian Anda sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Cobalah cek, apakah Anda melakukan beberapa gaya hidup di bawah ini:

  • Terlambat makan dan jam makan yang berantakan
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
  • Terlalu sering mengonsumsi daging dan makanan berpengawet
  • Jarang olahraga
  • Kurang tidur dan jam tidur yang tidak teratur
  • Mengenakan penutup kepala yang terlalu ketat

Jika ada salah satu atau beberapa poin di atas yang masih Anda lakukan, alangkah baiknya dikurangi mulai sekarang. Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri berkaitan dengan hal ini tentu Anda harus merubah gaya hidup. Dengan demikian, sakit kepala sebelah kiri tidak mudah menyerang dan badan selalu sehat.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Beberapa cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri ini sangat mudah untuk dipraktekkan, di antaranya:

1. Tenangkan Diri dengan Rebahan atau Duduk

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang pertama adalah dengan rebahan atau duduk. Ketika sakit kepala tiba-tiba menyerang, segeralah mencari tempat untuk duduk atau rebahan. Tujuannya adalah agar Anda dapat menenangkan diri serta melemaskan bagian kepala dan pundak.

Jangan biarkan tubuh Anda dalam keadaan berdiri ketika sedang sakit kepala. Apalagi jika sudah merambah hingga mual dan ingin muntah. Ketika orang yang sedang terserang sakit kepala dibiarkan berdiri, tubuh akan lebih cepat lemas. Bahkan bisa saja limbung dan tidak sadarkan diri/pingsan.

Dalam memilih tempat untuk rebahan atau duduk, usahakan adalah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Tempat yang tenang akan membuat sakit kepala kita lebih cepat reda. Sementara tempat yang bising dan terlalu ramai akan membuat sakit kepala semakin parah.

2. Pijat Kepala Secara Perlahan dengan Konstan

Yang dirasakan ketika pusing adalah sakit kepala sebelah kiri berdenyut-denyut. Maka dari itu, cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri adalah dengan memijatnya secara konstan. Tidak harus lama, Anda cukup melakukan pijatan selama 7-15 detik saja. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa meminta bantuan teman untuk memijatkan.

3. Atur Pernapasan dengan Baik Ketika Sakit Kepala Menyerang

Seperti yang kita ketahui, stress merupakan salah satu pemicu sakit kepala sebelah kiri. Mengambil napas dalam-dalam merupakan salah satu cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Kemudian menghembuskannya secara perlahan, dan ulangi beberapa kali hingga merasa tenang. Dengan metode ini kita akan merasa lebih tenang dan sakit kepala akan lebih cepat hilang.

4. Lakukan Peregangan untuk Mengurangi Rasa Sakit

Selain mengatur pernapasan, cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri adalah dengan melakukan peregangan. Cobalah melakukan peregangan pada bagian leher dan juga pundak secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit kepala sebelah kiri dan melemaskan otot.

5. Segeralah Kompres dengan Menggunakan Air Dingin Maupun Panas

Sakit kepala sebelah kiri berdenyut-denyut menjadi hal yang paling tidak nyaman dirasakan. Untuk itu, cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri adalah dengan mengompresnya. Anda bisa mengompres dengan menggunakan air panas maupun air dingin. Tidak ada patokan khusus mana yang paling ampuh antara kompres dengan air panas atau air dingin. Setiap orang memiliki cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri dengan cara yang berbeda-beda. Dengan mengompres belakang leher dan kening, niscaya otot-otot yang kaku menjadi lebih rileks.

6. Perbanyak Minum Air Putih Sangat Dianjurkan Ketika Sakit Kepala Sebelah Kiri Menyerang

Bukan hal yang asing lagi, jika kegiatan sederhana ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Yaitu meminum air putih, bahkan menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Usahakan meminum air putih hangat, bukan air putih dari dalam freezer yang cenderung dingin.

7. Mengoleskan Minyak Esensial

Mengoleskan minyak esensial merupakan salah satu cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri. Anda cukup mengoleskannya di bagian leher dan area samping mata. Oleskan sembari memijatnya dengan perlahan untuk meredakan rasa sakit kepala.
Minyak esensial biasanya dikemas dalam bentuk botol kecil yang praktis dibawa ke manapun kita pergi. Sakit kepala sebelah kiri sering terjadi secara tiba-tiba dan tidak terprediksi. Dengan membawa minyak esensial kemanapun Anda pergi akan sangat membantu mengobati sakit kepala.

8. Jauhkan Gadget Sementara Waktu dari Mata Kita

Tidak banyak yang tahu, jika sakit kepala akan bertambah parah ketika kita memaksakan mata untuk terus bermain gadget. Untuk itu, sangat penting menjauhkan mata dari jangkauan gadget ketika sedang sakit kepala.

Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri yang dapat Anda terapkan. Selain menghilangkan, hal yang lebih baik untuk dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga dan memperbanyak minum air putih.

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kiri di atas sangat mudah untuk dilakukan bukan? Namun jika ternyata sakit kepala sebelah kiri tak kunjung sembuh, jangan Anda biarkan begitu saja. Segeralah ke dokter atau puskesmas terdekat untuk ditangani dengan tepat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *