7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah Kanan dengan Mudah dan Cepat

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan pada umumnya dengan berbagai resep dokter maupun pertolongan utama menuju Unit Gawat Darurat apabila sudah sangat parah. Akan tetapi, sakit kepala tersebut juga dapat dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah Anda jumpai di lingkungan rumah.

Sebelum itu, ada baiknya Anda juga mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Bisa jadi, sakit kepala tersebut bukanlah migrain biasa, melainkan suatu gejala penyakit serius. Berikut terdapat ulasan secara mendalam mengenai sakit kepala sebelah kanan yang perlu Anda ketahui.

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan
Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Terdapat beberapa kemungkinan yang harus Anda cermati sebelum menemukan cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan. Jangan sampai sakit kepala yang Anda alami menimbulkan reaksi tubuh terhadap suatu penyakit serius, berikut penyebabnya
Migrain atau sakit kepala kronis.

Jangan remehkan migrain bila Anda sudah sering sekali mengalami hal ini sewaktu-waktu dengan jarak yang cukup dekat. Beberapa gejala yang ditimbulkan seperti nyeri berlebihan pada kepala bagian kanan (terutama), kiri, atau bahkan tengah. Selanjutnya, mata anda akan lebih sensitif terhadap berbagai cahaya atau suara. Pada tingkat parah, Anda juga kemungkinan akan merasakan mual berlebihan pada saat mengalami migrain.

Cluster

Cluster adalah salah satu penyebab sakit kepala sebelah kanan yang perlu Anda perhatikan. Efek yang ditimbulkan pun bukan main; telinga Anda akan mengalami kemerahan parah, hidung yang tersumbat, serta mata berair dengan pupil yang mengecil. Biasanya cluster ditimbulkan sebagai efek samping penggunaan rokok yang berlebihan, alkohol, sampai aroma parfum yang terlalu menyengat.

Pusing berkepanjangan (Hemicrania Continua)

Terakhir, hemicrania continua atau yang sering disebut pusing berkepanjangan, merupakan sebuah penyakit migrain jangka panjang yang mungkin hampir setiap hari Anda rasakan. Gejala ini tentu sangat mengganggu aktivitas Anda karena membuat tubuh begitu lemas disertai hidung yang tersumbat. Terdapat banyak indikasi yang mungkin ditimbulkan dari penyakit ini, bisa jadi adanya kerusakan pada beberapa jaringan otak sampai yang paling parah adalah sinus, tumor, dan kanker otak.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah Kanan secara Medis

Salah satu cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan adalah mengkonsultasikannya langsung kepada dokter terkait atau rumah sakit terdekat pada saat Anda mengalami migrain. Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa obat yang dapat dijumpai di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Deretan obat tersebut di antaranya:

1. Aspirin

Obat pertama yang sering dikonsumsi sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan dan cukup ampuh adalah aspirin. Obat ini dapat Anda beli secara bebas di apotek terdekat. Biasanya, orang-orang mengonsumsi aspirin sesaat setelah mengalami mabuk parah untuk mengurangi efek pusing yang ditimbulkan setelah mabuk. Aspirin juga dapat membantu Anda untuk mengurangi demam atau rasa sakit yang mungkin saja ditimbulkan.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ketahui saat ingin mengonsumsi aspirin, usahakan Anda meminumnya setelah makan sesuatu (mungkin makanan berat atau roti sebagai pengganti nasi). Hal ini dikarenakan aspirin menimbulkan gejala sakit maag pada tubuh Anda. Sehingga konsumsi aspirin sesaat setelah makan sangat direkomendasikan; tunggulah sekitar selama 10 menit setelah makan. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsinya dengan cara ditelan dengan air putih secara utuh, bukan dengan cara digigit apalagi dikunyah.

2. Ibuprofen

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan yang lain adalah menggunakan ibuprofen untuk meredakan nyeri pada kepala yang ditimbulkan akibat sakit kepala sebelah kanan. Anda pastinya sering menjumpai ibuprofen pada banyak jenis obat, seperti pereda nyeri haid, obat sakit gigi, dan lain-lain. Ibuprofen juga mengandung paracetamol yang dapat membantu mengurangi demam pada tubuh Anda.

Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui saat hendak mengonsumsi ibuprofen, yakni efek samping yang ditimbulkan jauh lebih banyak daripada paracetamol dalam menurunkan panas. Salah satunya, ibuprofen menyebabkan gangguan ginjal pada Anda yang sering mengonsumsi alkohol, hingga penggunaan yang harus dibatasi pada ibu hamil dan juga penderita penyakit jantung.

3. Acetaminophen

Acetaminophen adalah satu-satunya cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan yang sangat cepat nan efektif, khususnya bagi Anda yang sibuk bekerja dan diharuskan kembali beraktivitas secepat mungkin. Seperti penghilang nyeri pada umumnya, acetaminophen dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada sakit gigi, demam, sampai nyeri akibat haid. Namun, kebanyakan masyarakat mengenal acetaminophen sebagai kandungan untuk meredakan sakit kepala sebelah kanan dengan ampuh.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan dengan Bahan Alami

Selain berbagai cara di atas; mulai dari mengonsumsi beberapa obat hingga konsultasi ke dokter, Anda juga dapat meredakan sakit kepala sebelah kanan dengan menggunakan bahan alami secara berkala. Nantinya, sakit kepala tersebut dapat menghilang seiring Anda rutin melakukan cara-cara alami ataupun mengonsumsi bahan-bahan alami ini secara rutin.

1. Tidur di tempat yang gelap

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan yang pertama adalah tidur di tempat yang gelap. Langkah satu ini dapat dengan mudah Anda lakukan tanpa perlu menggunakan berbagai bahan maupun obat. Hal ini dapat Anda lakukan bila memiliki waktu luang yang cukup banyak. Namun, Anda juga dapat mengkombinasikan kegiatan ini dengan mengonsumsi obat atau bahan alami.

2. Kompres dengan air hangat

Cara alami selanjutnya, Anda dapat menggunakan air hangat untuk mengompres bagian kepala Anda yang mengalami migrain. Pastikan air yang digunakan adalah hangat dan tidak terlalu panas.

3. Konsumsi teh atau daun mint

Bahan alami sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan yang cukup terkenal adalah daun mint. Air rebusan atau teh dari daun mint adalah obat alami sakit kepala sebelah kanan yang bekerja membantu mengurangi efek pusing dan nyeri. Tak hanya itu, beberapa gejala seperti mual juga dapat dengan mudah Anda atasi melalui konsumsi air rebusan atau teh daun mint ini.

4. Gunakan kayu putih atau aromaterapi

Selanjutnya, obat alami sakit kepala sebelah kanan yang dapat Anda gunakan adalah minyak kayu putih atau lilin aromaterapi. Minyak ini akan membantu merelaksasikan tubuh dan pikiran Anda. Seperti diketahui, seringkali migrain disebabkan akibat tekanan atau stress berlebihan sehingga cara mengatasi yang tepat adalah membuat tubuh serta pikiran Anda beristirahat dan berelaksasi selama beberapa saat.

5. Konsumsi kentang

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan yang satu ini dapat Anda lakukan bila gejala yang ditimbulkan cenderung masih ringan dan masih dapat Anda atasi dari hari ke hari. Perlu Anda ketahui, kentang yang harus dikonsumsi bukanlah kentang goreng ataupun kentang cepat saji, melainkan kentang yang bisa Anda rebus. Untuk hasil optimal, konsumsilah kentang rebus setiap pagi hari atau sehari sekali.

Nah, di atas adalah beberapa cara menghilangkan sakit kepala sebelah kanan baik secara alami maupun resep dokter. Sebagai saran tambahan, Anda juga bisa mencegah sakit kepala sebelah kanan dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti tidur cukup yang berkualitas, berolahraga rutin, serta mengatur pola makan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *