9 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Setelah Ganti Karet Behel Ampuh dan Wajib dicoba

By

Bagi sebagian orang penampilan merupakan hal yang nomor satu dan harus terjaga agar tetap terlihat tampil menarik di depan orang lain. Maka dari itu terkadang hampir beberapa orang rela melakukan sebuah perawatan untuk mengubah penampilannya tersebut. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sebuah behel. Ada beberapa cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel yang biasanya sering terjadi. Mau tahu cara menghilangkah rasa nyerinya?

A. Trik cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel

Saat pemasangan sebuah kawat behel tentunya Anda sudah harus memahami bahwa ada beberapa risiko yang akan Anda hadapi ketika memasang kawat tersebut. Salah satunya yaitu sakit Gigi akibat pergantian kawat behel. Terkadang hal ini juga membuat para pemakainya tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Maka dari itu Anda dapat memahami beberapa hal berikut ini mengenai sebuah cara menghilangkan sakit gigi saat melakukan pergantian kawat behel.

1. Mengunyah secara perlahan

Hal ini juga bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel. Anda bisa mengunyah makanan tersebut secara perlahan jika tidak maka Anda akan mengalami rasa sakit pada gigi yang sedang Anda pasangkan behel tersebut. Hal ini yang terkadang kurang diperhatikan oleh setiap orang yang menggunakan behel tersebut.

2. Mengkonsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu

Saat pemasangan kawat behel ini Anda tentunya akan di sarankan untuk mengkonsumsi makanan ringan atau yang mudah untuk ditelan. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi bubur dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan sakit gigi yang berlebih ketika Anda harus mengkonsumsi makanan yang berat.

3. Menggunakan sebuah odol khusus untuk gigi behel

Bagi Anda yang menggunakan sebuah gigi behel pasti akan disarankan oleh dokter untuk menggunakan sebuah odol khusus. Hal ini karena terdapat beberapa kandungan yang berbeda dibandingkan odol pada umumnya. Salah satunya yaitu untuk meredakan nyeri akibat kawat gigi behel. Hal ini biasanya akan menimbulkan Anda sulit untuk mengkonsumsi makanan yang bersifat keras. Hal ini juga sebuah cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel.

4.  Menghindari makanan yang bersifat asam

Selain mengkonsumsi makanan yang lunak Anda  juga diwajibkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang  memiliki rasa asam. Hal ini akan menimbulkan sebuah efek samping pada behel ketika Anda tetap mengkonsumsi makanan tersebut. Oleh karena itulah tidak mudah untuk melakukan perawatan gigi behel tersebut.

5. Melakukan pengompresan Menggunakan es batu

Jika Anda merasakan ngilu pada bagian gigi maka bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan mengompres gigi tersebut dengan es batu. Hal ini bertujuan agar rasa sakit yang dirasakan tersebut dapat disembuhkan dengan es batu tersebut. Bahkan tidak hanya itu saja pengompresan juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa ngilu pada bagian gusi ataupun gigi yang di behel.

6. Melakukan kumur-kumur dengan menggunakan garam

Air garam dipercaya dapat membantu Anda dalam meredakan rasa ngilu pada gigi. Hal ini karena ada kandungan di dalam garam tersebut yang dapat membunuh kuman di dalam mulut. Anda cukup mencampurkan satu sendok garam dengan air hangat dan kemudian Anda bisa lakukan kumur-kumur tersebut. Baik di pagi hari atau pun saat Anda sedang mengalami nyeri pada bagian gigi tersebut.

7. Menggunakan sikat gigi khusus

Ketika Anda sedang menggunakan perawatan gigi dengan menggunakan behel. Maka sikat gigi yang Anda gunakan pun harus dirubah dengan menggunakan sikat gigi khusus. Sikat gigi tersebut biasanya memiliki sebuah tekstur yang lembut. Sehingga tidak akan membuat gigi Anda terasa sakit ataupun luka akibat kawat dari behel tersebut. Hal ini adalah sebuah cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel.

8.   Mengurangi konsumsi makanan cokelat

Biasanya konsumsi coklat tersebut dilarang untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang melakukan perawatan gigi dengan menggunakan behel. Hal ini dilakukan agar makanan tersebut tidak menempel pada kawat gigi behel tersebut karena jika makanan tersebut menempel maka akan menimbulkan sebuah efek samping.

9. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Selain beberapa hal di atas Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel. Hal ini bisa Anda gunakan untuk meringankan sakit gigi tersebut. Obat tersebut dapat Anda konsumsi ketika sakit gigi yang Anda rasakan bertambah parah. Sehingga biasanya dokter akan membuat sebuah resep untuk obat pereda nyeri tersebut. Obat ini akan memiliki sebuah fungsi sebagai obat tidur agar Anda tidak merasakan nyeri tersebut.

B. Cara melakukan perawatan gigi behel

Bagi Anda yang menggunakan gigi behel maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Agar tidak terjadi ngilu pada gigi saat menggunakan behel tersebut. Maka Anda perlu melakukan beberapa perawatan di bawah ini. Agar tidak menimbulkan sebuah efek samping dari penggunaan gigi behel tersebut yang biasanya dirasakan oleh beberapa orang.

1. Melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi

Tahapan selanjutnya yaitu Anda bisa melakukan pemeriksaan secara rutin ke sebuah dokter gigi untuk melihat keadaan behel yang Anda gunakan. Biasanya akan ada jadwal pembersihan behel dan juga penggantian kawat behel. Jadi, hal tersebut harus Anda catat agar tidak terjadi sebuah infeksi akibat kurangnya perawatan pada kawat behel tersebut.

2. Membersihkan gigi secara rutin

Agar behel yang Anda gunakan tidak rusak ataupun berkarat. Maka Anda perlu melakukan sikat gigi secara rutin berbeda dengan biasanya. Hal inilah yang terkadang sulit untuk dilakukan oleh setiap orang yang menggunakan behel tersebut. Cara ini juga dilakukan agar sisa makanan yang Anda konsumsi tidak meninggalkan bekas disela-sela kawat ataupun gigi.

3. Membersihkan behel menggunakan benang

Biasanya para dokter gigi akan menyuruh Anda selain menyikat gigi secara rutin juga membersihkan sisa makanan dengan menggunakan sebuah benang. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi yang terkadang dapat menimbulkan kerusakan pada gigi Anda. Terkadang hal kecil inilah yang harus dicegah mulai dari sedini mungkin agar tidak menimbulkan sebuah efek samping yang lebih serius.

4. Mengganti kawat behel sesuai jadwal

Mengganti kawat pada behel juga merupakan sebuah cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel. Memang awalnya akan terasa sakit namun hal tersebut biasanya akan Anda rasakan di awal saja. Sama hal nya seperti sedang melakukan  pemasangan behel di awal pemakaian. Jadi, hal tersebut bisa Anda lakukan dan jangan sampai terlewat batas karena akan menimbulkan sebuah efek samping.

Kesimpulan

Penggunaan kawat gigi memang akhir-akhir ini sedang menjadi sebuah perbincangan publik. Banyak orang yang ingin menggunakannya. Namun Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai sebuah cara menghilangkan sakit gigi setelah ganti karet behel yang terkadang banyak orang yang tidak memahami permasalahan kecil tersebut.

Tinggalkan komentar