11 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Paling Direkomendasikan!

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit merupakan hal yang penting sekali untuk diketahui oleh semua orang. Hal ini tidak lain adalah karena sakit gigi bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Banyak sekali hal yang berpotensi menyebabkan seseorang terserang sakit gigi. Di antara faktor tersebut adalah memakan makanan manis yang berlebihan, gigi berlubang, dan memakan es batu yang menyebabkan gigi terasa ngilu.

Sakit gigi tersebut tentunya dapat dengan mudah untuk diobati, bahkan hanya dalam waktu yang singkat, yaitu lima menit saja. Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit ini juga cocok untuk diterapkan saat Anda mengalami sakit gigi. Sehingga rasa sakit yang timbul akibatnya dapat segera diatasi. Simaklah pembahasan di bawah ini.

cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit
cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Inilah Cara Mengatasi Sakit Gigi dalam 5 Menit

Berikut ini merupakan pemaparan yang lengkap mengenai cara-caranya:

1. Meminum Air Garam Hangat

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang paling sederhana adalah dengan meminum air garam yang hangat. Caranya pun sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, aduklah hingga garam tersebut menjadi larut. Jika cara tersebut sudah dilakukan, maka oleskan cairannya pada gigi yang terasa sakit, hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan.

2. Memanfaatkan Bawang Putih

Bawang putih juga ternyata dapat digunakan sebagai alternatif untuk cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu menghancurkan sesiung bawang putih. Setelah itu, gunakanlah langsung pada gigi yang terasa sakit. Sifat analgesik dan antiseptik yang dimiliki bawang putih inilah yang mampu meredakan sakit gigi yang Anda rasakan.

3. Mengompres dengan Air Dingin

Tidak hanya dapat diobati dengan air hangat, sakit gigi juga dapat diobati dengan bantuan air dingin. Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit menggunakan air dingin juga diklaim sangatlah mudah. Anda hanya perlu menaruh es batu pada kain kasa. Jika sudah begitu, maka kompreslah pipi Anda yang merasakan sakit gigi.

Alasan kuat dari cara ini adalah karena es batu mampu mendinginkan area gigi yang terasa sakit. Dengan begitu, rasa sakit dari gigi tersebut dapat diminimalisir. Namun, jangan sekalipun untuk menaruhnya pada gigi yang sakit secara langsung. Hal ini tentu saja dikhawatirkan dapat memperburuk keadaan sakit gigi yang Anda alami.

4. Menggunakan Cengkeh ataupun Minyak Cengkeh

Cengkeh juga ternyata dipercaya sebagai salah satu obat dari cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda danya perlu mengoleskan atau juga meneteskan minyak cengkeh pada gigi yang terasa sakit. Namun, jangan sampai untuk menelannya.

5. Mengunyah Daun Jambu Biji

Selanjutnya, cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang dapat Anda praktikkan adalah mengunyah daun jambu biji. Sifat antimikroba, antiradang, dan analgesik yang dimilikinya mampu menghilangkan nyeri pada gigi Anda. Cara menggunakannya pun cukuplah mudah sehingga dapat Anda praktikkan di rumah.

Lipat atau gulunglah 1-2 lembar daun jambu kemudian kunyah hingga ekstrak air daunnya dapat keluar. Oleskan sari dari daunnya pada gigi yang terasa sakit menggunakan lidah Anda. Anda juga dapat merebus 4-5 lembar daun jambu dengan ditambah sejumput garam. Jika sudah begitu, maka berkumurlah menggunakan air campuran tersebut.

6. Menggunakan Jahe

Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh rempah-rempah yang satu ini. Sehingga jahe dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang dapat dilakukan di rumah. Hal ini disebabkan oleh jahe yang memiliki antibiotik dan mampu membunuh kuman yang ada di dalam gigi. Tumbuklah satu siung jahe dan tempelkan pada gigi yang terasa sakit, kemudian tunggu hingga rasa sakitnya menghilang.

7. Berkumur Menggunakan Cuka

Cuka juga dipercaya mampu menjadi alternatif dari cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Hal ini tidak lain karena sifat antibakteri dan antimikroba yang dimilikinya. Cuka yang bisa Anda gunakan saat mengalami sakit gigi adalah jenis cuka apel dan juga cuka dapur.

Ingatlah untuk tidak berkumur dengan cuka murni karena asam dari cukanya mampu merusak lapisan enamel gigi. Untuk itu, maka larutan lah 1 ½ sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Jika sudah, maka Anda dapat berkumur menggunakannya selama 30 detik dan membuang air kumur setelahnya. Alternatif lainnya adalah meneteskan cuka pada kapas kemudian menempelkannya ada gigi Anda yang terasa sakit.

8. Mengangkat Kepala

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang satu ini dinilai efektif untuk beberapa kasus. Hal ini dapat Anda lakukan jika terserang sakit gigi di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur. Gunakanlah tambahan bantal saat Anda hendak tidur karena kepala yang terangkat dapat mencegah peningkatan tekanan. Dengan begitu, rasa sakit akan terasa lebih ringan dan nyeri pada gigi pun akan berkurang.

9. Menggunakan Kantong Teh Peppermint

Menurut beberapa penelitian, peppermint ini memiliki kandungan senyawa mentol. Kandungan dari senyawa inilah yang mampu menjadi alternatif dari cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Hal ini disebabkan oleh adanya antibakteri dan antioksidan di dalam peppermint tersebut. Mentol yang di dalamnya pun mampu meringankan rasa nyeri pada gigi Anda.

Untuk Anda yang ingin mencoba alternatif ini, gunakanlah kantong teh peppermint yang sebelumnya digunakan. Pastikanlah bahwa suhu yang dimilikinya tidak terlalu panas sehingga dapat diaplikasikan pada gigi yang terasa sakit. Anda juga dapat memasukkannya pada freezer sehingga dapat meredakan nyeri pada gigi sebelum Anda berkonsultasi ke dokter.

10. Menggunakan Lidah Buaya

Tak banyak yang tahu bahwa gel lidah buaya juga mampu menjadi cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Hal ini terjadi karena gel yang dimilikinya mampu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit pada gigi Anda. Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat meletakkan gel lidah buaya secara langsung pada gigi yang terasa sakit. Pijatlah secara perlahan sehingga rasa sakit yang dialami berkurang dan bawalah ke dokter jika sakit belum mereda.

11. Menggunakan Bawang Merah

Setelah bawang putih, bawang merah juga menjadi alternatif dari cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit. Bawang merah juga ternyata memiliki antiseptik dan anti mikroba di dalamnya sehingga mampu mengendalikan rasa nyeri pada gigi Anda. Anda dapat mengunyahnya secara langsung dan rasa sakit pada gigi Anda akan segera reda. Atau Anda juga dapat menghaluskannya kemudian menempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

Itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang dapat Anda aplikasikan saat di rumah dan sebelum pergi ke dokter. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun dapat dengan mudah ditemukan di rumah sehingga benar-benar memudahkan. Namun, jika rasa sakitnya belum saja mereda setelah diobati, maka alangkah lebih baik untuk membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Dokter akan mengidentifikasi lebih lanjut menggunakan peralatan-peralatan yang lebih akurat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *