11 Cara Menghilangkan Sakit Dada yang Efektif dan Cepat Menyembuhkan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sakit dada harus Anda ketahui karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit serius. Jangan diabaikan begitu saja nyeri dada tersebut. Setelah bisa mengatasi nyeri dada, Anda pun harus segera check up kondisi keseluruhan. Sehingga, bisa mengetahui penyebab sakit dada yang Anda alami.

Nyeri di bagian dada lebih sering dialami oleh orang dewasa, di kalangan anak-anak juga ada tapi sangat jarang. Tidak hanya dikarenakan adanya masalah jantung, nyeri di dada juga bisa merupakan indikasi masalah pencernaan, otot dan sebagainya. Kecuali jika memang ada riwayat penyakit jantung dan terasa begitu berat di bagian jantung, segeralah periksakan diri ke dokter.

Cara menghilangkan sakit dada
Cara menghilangkan sakit dada

Inilah Cara Menghilangkan Sakit Dada yang Bisa Anda Lakukan

Sebelum meminta bantuan medis, alangkah baiknya Anda mencoba beberapa cara mengatasi sakit dada sebagai berikut:

1. Minumlah Minuman Panas

Cara menghilangkan sakit dada yang pertama bisa Anda coba adalah dengan meminum air panas/hangat. Usahakan air putih saja, bukan minuman manis atau bergula. Dengan meminum air hangat dapat membantu menghilangkan gas di dada jika nyeri itu disebabkan oleh gas. Manfaat lain dari meminum air hangat yaitu dapat membantu melancarkan pencernaan.

2. Mengonsumsi Bawang Putih

Selain meminum air hangat, cara mengatasi sakit dada adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih telah diteliti bahwasanya dapat membantu mengatasi penyakit jantung. Yang lebih menakjubkannya lagi, ternyata bawang putih juga dapat mengurangi penumpukan plak di arteri.

Sebelum Anda mencari obat nyeri dada di apotik, ada baiknya cobalah mengonsumsi bawang putih terlebih dahulu. Karena mengonsumsi bawang putih menjadi salah satu obat alami yang minim resiko. Kecuali jika memang obat nyeri dada di apotik tersebut adalah rekomendasi dari dokter.

3. Posisi Berbaring yang Tepat Ketika Sakit Dada

Berbaring adalah salah satu cara menghilangkan sakit dada yang harus segera dilakukan. Posisi yang tepat adalah kepala lebih ditinggikan di atas tubuh bukan direndahkan. Hal ini dikarenakan dapat membantu mengurangi nyeri dada yang diakibatkan oleh refluks.

4. Mengonsumsi Almond

Mengonsumsi almond bertujuan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan rutin mengonsumsi almond, maka akan terhindar dari penyakit serangan jantung. Karena makanan yang satu ini dipercaya sangat baik untuk membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Sehingga nyeri atau sakit dada pun dapat diatasi dengan rutin mengonsumsinya.

5. Gunakanlah Cold Pack

Ketegangan pada otot merupakan salah satu penyebab adanya nyeri atau sakit dada. Otot menjadi tegang dikarenakan aktivitas yang berlebihan, tekanan ataupun trauma akan suatu hal. Cara menghilangkan sakit dada yang diakibatkan oleh ketegangan otot adalah dengan menggunakan cold pack.

Dengan menggunakan cold pack, akan membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, dia juga berfungsi untuk menghentikan rasa sakit di dada. Jadi, segera gunakan cold pack ketika sakit di dada tiba-tiba menyerang.

6. Mengonsumsi Jahe

Efek anti-inflamasi dimiliki oleh herbal yang satu ini, yakni jahe. Cara mengatasi sakit dada dengan herbal tidak bisa jauh-jauh dari jahe. Dalam sebuah penelitian, jahe dapat membantu meringankan masalah pada perut. Cara menghilangkan sakit dada menggunakan jahe cukup mudah.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa ruas jari jahe dan mencucinya bersih. Kemudian potong menjadi bagian-bagian kecil dan masukkan ke dalam segelas air panas. Aduk perlahan dan tunggu hingga hangat, kemudian barulah siap diminum.

7. Mengonsumsi Susu Kunyit

Solusi kali ini sangat cocok bagi Anda yang kurang menyukai minuman jahe, yaitu dengan mengonsumsi susu kunyit. Selain jahe, kunyit juga memiliki anti-inflamasi yang berguna untuk menghilangkan nyeri di dada. Manfaat lain dari kunyit adalah dapat mengurangi kolesterol.

Susu yang dipadukan dengan kunyit menjadi salah satu cara menghilangkan sakit dada yang direkomendasikan. Anda cukup menyiapkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan secangkir susu hangat. Aduk hingga merata dan dapat Anda minum menjelang tidur di malam hari.

Meminum susu kunyit sebelum tidur dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri di dada. Bahkan, jika Anda menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, ada banyak manfaat yang didapatkan. Salah satunya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan sekaligus mencegah dari penyakit jantung.

8. Mengonsumsi Jus Lidah Buaya

Memperkuat kardiovaskular dan mengatur kolesterol dengan baik adalah manfaat dari lidah buaya. Maka tidak heran, jika cara menghilangkan sakit dada berikutnya adalah dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Manfaat lain dari lidah buaya adalah untuk menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi tekanan darah. Cara menghilangkan sakit dada menggunakan lidah buaya adalah dengan cara:

  • Siapkan 2 batang lidah buaya, kemudian bersihkan dan iris tipis-tipis
  • Siapkan satu gelas air matang
  • Blender lidah buaya bersama segelas air
  • Jus lidah buaya siap diminum

9. Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga dipercaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang berfungsi meredakan nyeri di dada. Penyebab umum dari nyeri dada adalah dikarenakan refluks asam. Sehingga cuka sari apel sangat berguna untuk mengurangi refluks asam tersebut.
Cara menghilangkan sakit dada menggunakan Cuka Sari Apel adalah dengan:

  • Siapkan 1 sendok makan cuka sari apel
  • Siapkan 1 gelas air putih
  • Campurkan cuka sari apel dengan segelas air putih tersebut
  • Aduk hingga merata dan siap untuk diminum

Anda bisa meminum minuman ini kapan saja, terutama ketika nyeri atau sakit dada menyerang

10. Menggunakan Kompresan Es

Ketegangan otot-otot di area dada menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri dan sakit dada. Angkat besi atau beban yang terlalu berat dapat menjadi penyebab munculnya ketegangan otot. Untuk itu, cara menghilangkan sakit dada juga bisa dengan cara mengompres menggunakan air es. Ketika sakit dada menyerang, Anda dapat langsung mengompresnya menggunakan air es untuk melemaskan otot yang tegang. Pengompresan ini dilakukan untuk meredakan rasa nyeri sehingga sakit dada berkurang.

11. Mengonsumsi Obat Medis

Beberapa obat medis yang dapat dikonsumsi untuk mengobati sakit dada adalah:

  • Aspirin: obat ini biasanya diberikan dokter untuk penderita sakit dada yang disebabkan oleh gangguan jantung.
  • Pengencer darah: salah satu penyebab adanya sakit dada yaitu dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah. Oleh sebab itu, dokter akan merekomendasikan obat pengencer darah untuk melancarkan kembali aliran darah.
  • Terapi trombolitik: terapi ini bertujuan untuk menghancurkan gumpalan yang menyumbat pembuluh darah.
  • Obat Nitrogliserin: obat yang satu ini juga bertujuan untuk mengendurkan pembuluh darah.
  • Antasid (obat penurun asam lambung): sakit dada yang diakibatkan oleh refluks biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk meminum obat ini.
  • Obat Antidepresan: sakit dada juga bisa dikarenakan adanya gangguan psikologis. Selain mengonsumsi obat ini, Anda juga dianjurkan untuk pergi ke psikiater atau psikolog untuk menjalani perawatan lebih intensif.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan sakit dada yang dapat Anda lakukan dan praktekkan. Khusus untuk beberapa obat kimia, alangkah baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Meskipun Anda mengetahui beberapa obat dan fungsinya, akan tetapi bisa saja itu bukan merupakan obat yang tepat.

Jika dengan beberapa langkah sederhana saja dapat menghilangkan rasa sakit, maka cukup lakukan hal tersebut. Namun jika dirasa sakit dada tak kunjung sembuh, segera periksakan diri Anda ke dokter. Atau bisa juga lebih spesifik ke dokter bagian penyakit dalam, agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat teh mahkota dewa

15 Manfaat Teh Mahkota Dewa Sebagai Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat teh mahkota dewa ternyata ada banyak sekali. Selain segar untuk diminum, tanaman ini untuk kesehatan juga sangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *