13 Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Paling Efektif, Sudah Tahu?

sumbersehat.com – Cara menghilangkan rasa cemas merupakan hal yang bisa dilakukan ketika rasa cemas menyerang. Rasa cemas ini bisa dialami oleh setiap orang. Penyebab dari rasa cemas itu sendiri bisa sangat beragam setiap orangnya. Hal ini karena setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda-beda. Rasa cemas ini sangat berpotensi menguras energi, bahkan bisa saja orang yang mengalaminya kehilangan semangat untuk menjalani hidup.

Gangguan yang ditimbulkan biasanya berupa pola tidur yang tidak teratur, nafsu makan berkurang, adanya sakit kepala, hingga daya tahan tubuh yang semakin lama semakin melemah. Sehingga memungkinkan penderitanya jatuh sakit. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, seseorang perlu mengetahui cara menghilangkan rasa cemas yang paling efektif.

cara menghilangkan rasa cemas
cara menghilangkan rasa cemas

Inilah Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Anda Alami

Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengalami rasa cemas:

1. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Jika Anda mengalami rasa stres dan cemas yang berlebihan, maka cobalah untuk berolahraga secara rutin. Cara mengatasi rasa cemas yang satu ini dinilai efektif karena dengan berolahraga, pikiran Anda akan terasa lebih rileks. Sehingga hal-hal yang tidak perlu dipikirkan secara berlebihan dapat berkurang bahkan hilang dengan sendirinya. Lakukanlah olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau berjalan santai keliling komplek.

2. Mengonsumsi Suplemen

Cara menghilangkan rasa cemas yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan meminum suplemen. Hal ini bisa Anda lakukan jika memang dibutuhkan dan telah dikonsultasikan dengan dokter atau pihak yang bertanggung jawab. Namun, terdapat juga suplemen alami seperti teh hijau, omega-3, valerian, dan lemon balm.

3. Mengurangi Asupan Kafein

Beberapa minuman berkafein seperti kopi, cokelat, teh, dan minuman berenergi lainnya yang memiliki dosis yang tinggi ternyata dapat menyebabkan rasa cemas. Oleh karena itu, cara mengatasi rasa cemas dalam hal ini adalah mengurangi asupan kafein. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh mengonsumsinya, tetapi kadar yang dikonsumsinya yang dikurangi agar tetap dalam keadaan aman.

4. Menggunakan Lilin Aromaterapi

Cara menghilangkan rasa cemas yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak esensial atau menyalakan lilin beraroma terapi. Hal ini dipercaya mampu mengurangi tingkat stres dan juga rasa cemas yang sedang Anda alami. Anda dapat dengan mudah menemukannya karena sudah banyak yang menjual jenis aromaterapi yang akan Anda gunakan. Bahkan Anda dapat memilih varian aromanya seperti mawar, lavender, neroli, kayu cendana, jeruk, dan bergamot.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga termasuk ke dalam salah satu cara mengatasi rasa cemas yang Anda alami. Hal ini tentu saja sangat mudah untuk dilakukan karena permen karet sangat mudah untuk ditemukan. Dengan mengunyah permen karet, Anda akan merasakan tubuh yang lebih rileks sehingga rasa cemas pun akan berangsur hilang. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi permen karet, hal ini dapat meningkatkan aliran darah menuju otak, sehingga prosesnya akan berjalan dengan lancar.

6. Mengasah Hobi

Mengasah hobi yang Anda miliki juga merupakan bagian dari cara menghilangkan rasa cemas yang sedang dialami. Hal ini bisa dilakukan karena dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, Anda akan menemukan ketenangan dan juga rasa nyaman. Sehingga, rasa cemas yang Anda miliki bisa berangsur menghilang. Salah satu hobi yang bisa dikembangkan adalah menulis. Catatlah hal-hal apa saja yang membuatmu bahagia sehingga hal-hal buruk lainnya bisa Anda lupakan.

7. Menghabiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Salah satu alternatif dari cara mengatasi rasa cemas adalah dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Hal ini karena adanya dukungan sosial dari orang terdekat atau keluarga mampu membantu Anda melewati masa-masa yang penuh dengan tekanan. Dengan bermain bersama anak-anak atau orang terdekat, Anda dapat melepaskan oksitosin, yaitu pereda stres dan rasa cemas yang alami. Dengan begitu, maka kecemasan pun akan berkurang dan menghilang secara sendirinya.

8. Jangan Menunda Suatu Hal

Cara menghilangkan rasa cemas yang lainnya adalah dengan membuat prioritas dan berhenti untuk menunda melakukan suatu hal. Jika Anda menunda suatu hal, ada kemungkinan hal tersebut Anda akan menyebabkan stres dan rasa cemas. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada kesehatan dan juga kualitas tidur yang Anda miliki.

Cobalah untuk membuat to-do list yang disusun berdasarkan prioritas yang Anda miliki. Setelah itu, selesaikanlah berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Hal ini dipercaya mampu menangkan rasa stres dan cemas yang Anda rasakan.

9. Mencoba untuk Melakukan Yoga

Dengan melakukan yoga, Anda telah melakukan bagian dari cara menghilangkan rasa cemas yang sedang dialami. Selain itu, Anda juga dapat menghilangkan stres yang juga sedang dialami. Yoga ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran tubuh dan juga pernapasan. Selain itu, dengan melakukan yoga, Anda dapat menurunkan hormon stres dan tekanan darah yang Anda miliki.

10. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik juga merupakan alternatif dari cara menghilangkan rasa cemas yang Anda alami. Dengan mendengarkan musik, Anda akan merasakan relaksasi ada tubuh Anda. Apalagi jika Anda mendengarkan musik instrumental yang mampu menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta hormon stres. Tidak hanya itu, suara alam juga mampu menenangkan rasa cemas dan stres yang sedang dialami.

11. Mengatur Napas Dalam

Jika Anda mengalami stres atau dalam keadaan rasa cemas, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda. Hal ini karena hormon stres yang ada di dalam tubuh Anda dapat dilepaskan dengan hal tersebut. Pengaturan bernapas ini bertujuan untuk memfokuskan kesadaran saat bernapas dan membuat Anda mendapatkan relaksasi pada tubuh Anda. Sehingga, dengan begitu Anda telah melakukan salah satu cara menghilangkan rasa cemas pada diri Anda.

12. Menghabiskan Waktu dengan Hewan Peliharaan

Jika Anda telah mencoba untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat, tidak ada salahnya jika Anda menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan yang Anda miliki. Cara menghilangkan rasa cemas yang satu ini dipercaya mampu membantu melepaskan oksitosin, yaitu zat kimia otak yang mempromosikan suasana hati yang positif.

Rasa cemas yang berlebihan pun dapat dikurangi dengan melakukan komunikasi bersama hewan peliharaan. Oleh karena itu, cobalah untuk habiskan waktu bersama dengan hewan peliharaan. Sehingga rasa stress dan cemas yang Anda miliki dapat berangsur berkurang.

13. Latihan Mindfulness

Cara menghilangkan rasa cemas yang terakhir adalah dengan berlatih mindfulness. Hal ini dipercaya mampu menurunkan gejala kecemasan dan juga depresi. Hal juga dipercaya mampu memberikan efek yang merangsang kecemasan dari pikiran negatif. Sehingga, bagi Anda yang sedang mengalami rasa cemas, dianjurkan untuk melakukan Latihan ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa cemas yang bisa Anda lakukan saat mengalaminya. Selain dinilai ampuh, cara-cara tersebut juga sangat mudah untuk dilakukan sehingga Anda dapat melakukannya di rumah. Anda pun tidak perlu pergi ke dokter untuk mengobatinya. Namun, jika dirasa hal tersebut tidak dapat ditangani oleh diri sendiri, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk menghubungi dokter agar mengetahui lebih jelas apa yang harus dilakukan selanjutnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *