Ketahui 7 Cara Menghilangkan Pedas Di Tangan, Gak Pake Ribet!

sumbersehat.com – Cara menghilangkan pedas di tangan menjadi bekal yang wajib diketahui, terutama bagi Anda yang gemar berkutat dengan cabai. Bahan pangan yang dapat dikategorikan sebagai bumbu dapur, sayur ataupun buah ini banyak diolah menjadi berbagai sajian masakan. Sifat panas yang ditimbulkan cabai mampu memberikan sensasi pedas pada lidah ketika dikonsumsi, tak jarang pula terasa panas hingga ke perut.

Bersentuhan dengan kulit cabai bagian luar mungkin akan terasa baik – baik saja. Namun, cairan yang tak sengaja terpercik ke kulit akan mengakibatkan tangan panas seperti terbakar, betul? Maka dari itu, berhati – hatilah ketika mengiris atau menghaluskan cabai, okay? Bagi anda yang sudah terlanjur mengeluh tentang rasa pedas di tangan akibat cabai, tak perlu khawatir. Yuk, simak cara menghilangkan pedas di tangan berikut!

cara menghilangkan pedas di tangan
cara menghilangkan pedas di tangan

Inilah Cara Mengatasi Pedas di Tangan dengan Bahan Alami

Selain mudah diperoleh, cara mengatasi tangan panas dengan bahan – bahan di bawah ini akan sangat mudah dipraktikkan, diantaranya adalah :

1. Manfaatkan Garam Dapur

Masakan yang berhubungan dengan cabai biasanya didominasi rasa asin, umumnya digunakan untuk lauk atau pendamping olahan makanan pokok. Selain berguna sebagai pemberi rasa asin masakan, garam dapur juga memiliki peran dalam cara menghilangkan pedas di tangan, loh! Sifat basa yang dimiliki garam dipercaya secara kimiawi mampu menetralisir rasa pedas atau panas dari cabai yang notabene bersifat asam.

Sifat asam yang terkandung dalam cabai berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi dalam bahan pangan favorit ini. Jadi, Anda dapat mencoba menggunakan garam sebagai cara mengatasi pedas di tangan. Caranya adalah dengan melarutkan garam dalam air hangat dengan takaran secukupnya. Lebih baik gunakan air hangat yang cenderung panas, kemudian aduk dan basuh pada tangan yang panas selama beberapa saat.

2. Basuh Tangan dengan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan pedas di tangan selanjutnya menggunakan sabun cuci piring. Bahan ini menjadi sangat mudah ditemukan dan pasti ada di setiap rumah. Ketika tangan terasa panas atau pedas akibat bersentuhan secara langsung dengan bahan makanan yang mengandung cabai, segeralah menuju wastafel. Silahkan tuang sabun cuci tangan yang biasanya berbentuk likuid secukupnya, gunakan air untuk membuatnya berbusa.

Biarkan sabun berbusa tersebut menyelimuti tangan Anda sembari diusap – usap merata untuk cara mengatasi pedas di tangan agar lebih efektif. Mengapa sabun cuci piring? Hal ini sebenarnya berhubungan dengan sumber panas cabai yang diperoleh, yang mana biasanya berasal dari makanan berminyak, betul? Entah sambal atau sayur pedas lainnya. Sabun cuci piring ampuh untuk meluruhkan minyak, so, related bukan?

3. Gunakan Alkohol

Tips kali ini mungkin akan sedikit dipraktikkan oleh sebagian dari Anda, karena alkohol tidak selalu disiapkan di dalam rumah. Tapi tidak apa, cara menghilangkan pedas di tangan yang satu ini juga perlu Anda ketahui. Ketika rasa panas atau pedas sudah mulai terasa, silahkan oleskan alkohol 70 persen yang umumnya digunakan untuk membersihkan luka. Anda dapat menggunakan kapas atau tisu sebagai media serap alkohol sebelum diaplikasikan ke tangan.

Penjelasan yang mungkin akan lebih mudah dipahami adalah kemampuan alkohol dalam melarutkan capsaicin. Capsaicin yang merupakan bahan aktif alami pemberi rasa panas dan pedas pada cabai ini sesungguhnya memiliki manfaat baik dalam beberapa hal. Namun, jika pemanfaatannya tidak pada tempat yang tepat maka akan menimbulkan efek tidak nyaman. Jadi, yuk waspada dan sediakan alkohol di rumah!

4. Oleskan Minyak Pada Pemukaan Kulit

Ada beberapa pendapat juga yang menyatakan bahwa minyak sebaiknya dibalurkan pada tangan sebelum beraktivitas dengan cabai. Namun demikian, praktik ini mungkin akan sedikit mengganggu kelihaian tangan Anda dalam mengeksekusi cabai. Maka dari itu, membalurkan minyak pada tangan adalah pilihan. Hendaknya berhati – hati ketika mengolah cabai, usahakan untuk meminimalisir cairan yang terciprat mengenai tangan.

Bagaimana jika terlanjur terasa panas atau pedas? Andai demikian, maka cara menghilangkan pedas di tangan menggunakan minyak juga adalah satu dari sekian solusi. Setelah aktivitas memasak cabai selesai, bersihkan tangan Anda menggunakan air dan keringkan. Selanjutnya silahkan lumasi tangan Anda dengan minyak, baik minyak kelapa, VCO, ataupun minyak zaitun. Setelah terbalur merata, tunggu saja beberapa saat hingga rasa panas berangsur membaik.

5. Coba Gunakan Baking Soda

Berikutnya, cara menghilangkan pedas di tangan adalah dengan baking soda. Kembali pada bahasan sifat bahan, yang mana baking soda ini memiliki sifat berlawanan dengan cabai. Anda sudah mengetahui bahwa baking soda ini bersifat sangat basa, bukan? Nah, perannya dalam cara menghilangkan kecabean dengan cepat adalah dengan menetralisir sifat asam pada cabai yang kaya akan vitamin C.

Langkah – langkah untuk mengatasi masalah tangan panas akibat cabai sangatlah sederhana. Anda hanya perlu melarutkan sejumlah baking soda pada air, sehingga terbentuk pasta. Pasta yang kental ini selanjutnya dibalurkan pada seluruh tangan yang bertanya – tanya berapa lama panas cabai hilang. Mohon diamkan selama beberapa saat, ya. Biarkan pasta kering, lalu yang terakhir adalah dibilas menggunakan air bersih.

6. Siapkan Susu Cair

Tips cara menghilangkan pedas di tangan kali ini mungkin juga jarang digunakan. Susu yang merupakan sumber protein padat nutrien ini tidak selalu dikonsumsi oleh setiap keluarga. Sebagian dari mereka mungkin lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan protein, lemak dan kalsium dari bahan pangan lainnya. Tahukan Anda bahwa susu berperan dalam mengatasi rasa pedas akibat panas yang ditimbulkan oleh cabai?

Yap, banyak dari Anda tentu sudah tahu bahwa ketika kita mengkonsumsi makanan pedas, maka minuman selain air hangat yang mampu meredakannya adalah susu. Susu juga ternyata memiliki khasiat dalam cara menghilangkan pedas di tangan. Bagaimana caranya? Tidak sulit, kok. Cobalah untuk merendam tangan panas Anda pada susu cair yang telah disediakan dalam jumlah secukupnya.

7. Manfaatkan Air Bekas Cucian Beras

Sebelum mengolah masakan yang mengandung cabai, cobalah untuk menyimpan air bekas cucian beras. Oh iya, jangan yang bilasan pertama, ya. Hal ini untuk berjaga – jaga saja jikalau ada kotoran tak kasat mata pada hasil pencucian pertama. Maka dari itu, sisihkan saja air bilasan kedua dalam sebuah wadah yang cukup. Cairan ini dipercaya mampu menjawab pertanyaan cara menghilangkan pedas di tangan.

Sebagian dari Anda mungkin tak asing lagi dengan kebiasaan masyarakat di daerah tertentu yang menggunakan masker beras untuk melindungi wajah. Cahaya matahari yang terkadang menyengat menjadikan orang – orang tersebut memanfaatkan beras sebagai masker. Sensasi dingin dan sejuk yang ditimbulkan merupakan salah satu alasan kuat bagi mereka untuk melakukannya.

Pernyataan di atas mendasari tips cara menghilangkan pedas di tangan menggunakan air cucian beras. Sensasi dingin pada cairan ini dipercaya mampu mengatasi keluhan tangan yang panas akibat cabai. Maka dari itu, air bekas cucian beras yang Anda sisihkan pada saat awal memasak tadi dapat digunakan untuk meredakan pedas di tangan nantinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *