3 Tahapan Cara Menghilangkan Nanah di Kepala dengan Benar Tanpa Efek Samping

By

Apakah Anda pernah merasakan atau mengalami sebuah luka di kepala yang membuatnya bernanah. Hal ini biasanya sering terjadi akibat adanya luka di kepala yang terkena sebuah iritasi dan lain sebagainya. Ada beberapa cara menghilangkan nanah di Kepala yang cocok untuk Anda. Maka dari itu Anda bisa memperhatikannya agar dapat mempraktikkannya di rumah.

A. Pengobatan di Rumah cara menghilangkan nanah di kepala

Bagi Anda yang terkena sebuah luka di kepala maka Anda akan mendapatkan sebuah penanganan yang cepat untuk menghilangkan luka yang ada di kepala tersebut. Mungkin bagi sebagian orang yang melihatnya akan panik. Namun Anda bisa menanggapinya dengan beberapa cara berikut ini yang bisa Anda lakukan di rumah.

1.  Cara pertama membersihkan luka

Hal yang bisa Anda lakukan pertama yaitu membersihkan luka yang ada di kepala Anda. Hal ini bisa dilakukan agar tidak menjadi sebuah infeksi yang lebih berbahaya lagi. Maka dari itu Anda bisa melakukan pengobatan pertama dengan menggunakan cara ini. Selain untuk membersihkan nanah dan juga bisa untuk mengetahui seberapa parah luka tersebut.

2. Cara kedua membersihkan dengan obat antiseptik

Cara yang kedua yaitu setelah membersihkan luka menggunakan air mengalir. Anda bisa menyiapkan sebuah air hangat yang sudah diberikan sebuah antiseptik. Hal ini dilakukan agar luka Anda tidak mengalami sebuah iritasi pada kulit kepala. Maka dari itu tahapan awal luka tersebut yaitu dapat mengurangi sebuah bekas dari luka tersebut sehingga ketika akan diobati dengan antiseptik. Nanah tersebut sudah mulai tidak ada lagi dalam luka tersebut.

3. Cara ketiga memberikan obat merah pada luka

Setelah dibersihkan Anda bisa menggunakan obat merah untuk mengobati luka tersebut. Cara menghilangkan nanah di kepala ini bisa Anda terapkan agar luka tersebut dapat tertutup dan nanahnya tidak akan keluar kembali. Hal ini merupakan sebuah cara seseorang untuk mengobati luka di kepala tersebut agar tidak menjalar kemana-mana.

4.  Menutup luka agar tidak terjadi infeksi berlebih

Kemudian setelah melakukan beberapa tahapan i proses selanjutnya yaitu Anda bisa menutup luka tersebut dengan sebuah kasa. Namun perlu Anda ketahui yaitu untuk tidak menggunakan kapas pas di atas luka tersebut. Hal ini untuk mencegah luka agar tidak terjadi sebuah infeksi yang membuatnya akan menimbulkan sebuah efek samping yang berlebih.

B.     Pengobatan di rumah sakit cara menghilangkan nanah di kepala

Ketika luka di kepala yang Anda miliki tersebut terlalu parah. Maka akan disarankan untuk menuju ke rumah sakit agar mendapatkan sebuah penanganan medis lebih lanjut. Agar hal tersebut tidak semakin parah bahkan menimbulkan luka lainnya. Berikut ini adalah pengobatan cara menghilangkan nanah di kepala pada sebuah tenaga medis.

 1. Cara pertama dengan melakukan operasi kecil

Jika luka tersebut tidak terlalu besar maka tim medis pun akan melakukan sebuah tindakan operasi kecil untuk membersihkan nanah yang ada di kepala tersebut. Tim akan mulai membuka luka tersebut dengan sebuah pisau kecil dan mulai menyayatnya. Hal ini dilakukan untuk melakukan pembersihan nanah yang sudah mulai infeksi. Biasanya tim medis juga akan menutup luka tersebut dengan menjahitnya.

2.  Cara kedua dengan melakukan operasi besar

Jika luka tersebut sudah mulai menyebar ke seluruh bagian kepala maka hal tersebut akan harus dilakukan sebuah tindakan operasi yang besar. Tim medis tentunya akan melihat letak luka pertama kali muncul tersebut. Setelah hal tersebut terlihat kemudian sang dokter pun akan mengambil tindakan pada luka pertama tersebut. Hal ini karena biasanya luka pertama lah yang mengakibatkan adanya luka lainnya.

C. Pengobatan herbal cara menghilangkan nanah di kepala

Selain kedua cara diatas Anda juga bisa mengobatinya dengan cara herbal yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini dilakukan agar luak tersebut bisa segera pulih dengan hanya menggunakan bahan-bahan herbal. Oleh karena itu Anda perlu menyimak dibawah ini cara menghilangkan nanah di kepala dengan tanaman herbal.

1.  Menggunakan tanaman herbal dari kunyit

Pengobatan herbal yang pertama yaitu dengan menggunakan sebuah kunyit. Caranya adalah sebagai berikut yaitu siapkan satu sendok bubuk kunyit yang telah halus. Kemudian tambahkan cuka secukupnya agar kunyit tersebut mengental seperti pasta. Setelah itu Anda bisa menaruhnya di atas kepala yang terdapat luka tersebut. Kemudian diamkan hingga beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Menggunakan garam Inggris

Hal yang selanjutnya cara menghilangkan nanah di kepala yaitu dengan menggunakan sebuah garam. Caranya Anda perlu menyiapkan satu sendok garam Inggris di taruh dalam wadah. Kemudian tambahkan dua sendok teh air hangat. Aduk hingga merata dan menjadi seperti pasta dengan kekentalan yang pas. Kemudian siapkan kapas dan di celupkan ke dalam adonan tersebut. Lalu, kompres dengan menggunakan kapas tersebut. Diamkan selama dua puluh menit kemudian bersihkan.

3. Menggunakan sebuah salep untuk luka

Hal yang terakhir cara menghilangkan nanah di kepala yaitu dengan menggunakan sebuah salep. Ada beberapa salep yang bisa Anda gunakan untuk mengobati luka tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengeringkan luka tersebut agar tidak bernanah kembali. Namun Anda harus mengetahui beberapa salep yang cocok untuk luka tersebut agar mendapatkan sebuah pengobatan yang benar. Jika Anda melakukan pengobatan yang salah maka akan mengakibatkan luka tersebut tidak sembuh melainkan akan timbul nanah kembali.

D. Pencegahan timbulnya nanah

Ada beberapa hal penyebab timbulnya nanah di kepala tersebut sehingga akhirnya menimbulkan sebuah nanah yang keluar dari luka tersebut. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya nanah di kepala agar tidak menimbulkan sebuah infeksi yang berlebih.

1. Tidak menggaruk luka

Saat terjadi sebuah luka pada bagian kepala maka hal yang harus Anda lakukan yaitu untuk tidak menggaruk nya. Hal ini karena jika Anda menggaruk luka tersebut maka akan timbul sebuah nanah dan luka tersebut akan menimbulkan sebuah infeksi. Jadi, cara menghilangkan nanah di kepala hanya dengan tidak  menggaruk luka. Agar tidak menimbulkan sebuah nanah dan menyebar ke seluruh kulit kepala lainnya.

2. Langsung memberikan pengobatan pertama

Setelah Anda mengetahui terdapat sebuah luka di bagian kepala maka hal pertama Anda lakukan yaitu harus mengobatinya. Langkah awal ini merupakan sebuah pencegahan Agar luka tidak menimbulkan sebuah nanah dan juga infeksi yang berlebih. Ketika Anda tidak memberikan pertolongan pertama. Maka luka tersebut akan menimbulkan sebuah infeksi dan bernanah.

Kesimpulan

Cara menghilangkan nanah di kepala merupakan sebuah hal yang tidak mudah. Tentunya ada beberapa luka yang memang dapat diatasi dengan pengobatan biasa. Namun juga ada beberapa luka yang harus mendapatkan sebuah penanganan khusus. Terlebih lagi jika luka tersebut telah menimbulkan luka serius seperti bernanah.

Tinggalkan komentar