8 Cara Menghilangkan Mata Sembab karena Menangis dengan Cepat dan Mudah

sumbersehat.com – Cara menghilangkan mata sembab karena menangis bukanlah hal yang sulit bagi Anda yang mengetahui trik maupun tips di baliknya. Sebagai sebuah bentuk emosi manusia, menangis adalah tindakan yang wajar dilakukan. Mungkin menangis tidak semata-mata terjadi akibat kesedihan semata, melainkan meluapkan berbagai emosi seperti kemarahan atau bahkan kebahagiaan.

Namun, beberapa orang memilih untuk menyimpan tangisan itu sendiri. Sehingga seringkali dijumpai berbagai cara untuk menghilangkan mata yang sembab akibat menangis. Sementara itu, tak semua cara dapat menghilangkan mata sembab dengan cepat. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa cara menghilangkan mata bengkak habis menangis dengan cepat dan tepat.

cara menghilangkan mata sembab karena menangis
cara menghilangkan mata sembab karena menangis

Penyebab Mata Sembab

Sebelum mengetahui cara menghilangkan mata bengkak menangis, Anda perlu mengetahui penyebab mata yang bengkak atau sembab setelah menangis. Menurut para dokter, pada saat menangis, air mata yang dikeluarkan cenderung lebih besar daripada saat marah atau terharu. Sehingga, dorongan air mata dengan skala besar ini membuat jaringan di sekitar mata yang memiliki kandungan garam lebih tinggi akan menyerap air mata yang keluar secara berlebihan. Setelahnya, hal ini menyebabkan pembengkakan di area mata.

Inilah Cara Menghilangkan Mata Bengkak karena Menangis

Ada beberapa cara menghilangkan mata sembab karena menangis yang bisa Anda lakukan dengan cepat. Caranya adalah:

1. Gunakan air dingin

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah Anda dapat mengompres mata dengan menggunakan air dingin. Berikut cara menghilangkan mata sembab karena menangis dengan air dingin :

  • Siapkan sapu tangan atau handuk (pastikan handuk tersebut kering)
  • Lalu masukkan handuk ke dalam air dingin
  • Kompres mata Anda selama 2 menit
  • Kemudian ulangi selama 2-3 kali pada masing-masing mata
  • Apabila penggunaan air dingin sudah tidak memberikan efek, maka Anda dapat menggantinya menggunakan es batu. Pertama, ambil es batu (usahakan gunakan 1 es batu ukuran kecil sampai sedang). Setelahnya, balut es batu menggunakan handuk atau sapu tangan. Diamkan selama 2-3 menit pada masing-masing mata.

2. Cara menghilangkan mata sembab karena menangis dengan timun dingin

Cara selanjutnya adalah menggunakan timun yang ada di kulkas Anda. Selain bermanfaat untuk tubuh, timun juga mampu meredakan mata sembab akibat menangis. Ditambah lagi, timun yang biasanya digunakan pada saat facial ini juga akan membantu mengurangi kantung mata. Berikut langkahnya:

  • Ambil timun yang berukuran sedang atau sesuai dengan kelopak mata anda
  • Selanjutnya, cuci dengan bersih timun di bawah air mengalir
  • Potong timun secara horizontal, pastikan timun yang anda potong tidak terlalu tipis
  • Apabila timun yang digunakan kurang dingin, Anda dapat memasukkannya terlebih dahulu ke dalam freezer atau merendamnya dengan air dingin.

3. Gunakan sendok

Cara menghilangkan mata sembab karena menangis dapat dengan mudah dihilangkan hanya dalam waktu 1-2 menit saja. Tips ini sangat cocok bagi Anda yang sedang terburu-buru menghadiri sebuah acara, walaupun habis menangis.

  • Anda hanya memerlukan sendok makan, kemudian cuci dengan bersih
  • Masukkan sendok ke dalam freezer selama kurang lebih 2-3 menit
  • Ambil sendok, gunakan ujung sendok (bagian untuk makan) kemudian tempelkan pada kelopak mata
  • Diamkan selama 1-2 menit
  • Cara ini tak hanya ampuh untuk menghilangkan mata bengkak menangis, tetapi juga ampuh bagi Anda yang memiliki kantung mata, meski diakui hasilnya tidak terlalu memuaskan.

3. Cara menghilangkan mata sembab karena menangis dengan teh hijau

Sebenarnya tidak harus menggunakan teh hijau untuk menghilangkan mata yang sembab. Namun, akan lebih maksimal apabila Anda menggunakan teh hijau kantong atau disebut teh seduh.

  • Pertama, siapkan kantong teh yang telah diseduh
  • Diamkan selama beberapa saat sampai mulai dingin
  • Kemudian kompres mata Anda menggunakan kantong teh selama kurang lebih 3-5 menit saja

4. Tidur dengan posisi kepala diangkat

Cara menghilangkan mata sembab karena menangis berikutnya tidak berkaitan dengan segala sesuatu yang dikompres, melainkan cukup posisi tidur saja. Ini memang bukanlah cara menghilangkan mata bengkak habis menangis dengan cepat, tetapi cukup membantu untuk mengurangi bengkak mata.

Hal ini cukup mudah dilakukan, Anda tinggal tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh, persis seperti saat Anda mengalami mimisan. Anda dapat menggunakan 2 bantal untuk menyangga bagian tubuh.

5. Menggunakan minyak witch hazel

Tahukah Anda, minyak witch hazel adalah sebuah produk kecantikan yang berasal dari berbagai macam tanaman herbal. Tanaman ini bermanfaat untuk menghilangkan bekas atau ruam kemerahan sampai peradangan pada kulit. Sehingga tepat bila Anda gunakan sebagai cara menghilangkan mata sembab karena menangis.

Sehingga minyak witch hazel juga dapat digunakan untuk mengatasi mata bengkak akibat menangis. Caranya cukup mudah, Anda dapat menggunakan kapas yang telah dioleskan minyak witch hazel kemudian letakkan pada area mata bengkak selama 5 sampai 10 menit.

6. Pijat secara perlahan

Salah satu cara menghilangkan mata sembab karena menangis yang cukup mudah dilakukan tanpa bahan apapun adalah dengan memijat secara perlahan. Namun, pemijatan yang dilakukan pun tidak sembarangan karena dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah di sekitar mata.

Maka dari itu, berikut ada beberapa tata cara yang dapat anda lakukan. Pemijatan ini tak hanya bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada mata saja melainkan juga merelaksasi area sekitar mata setelah seharian penuh bekerja, khususnya di depan layar laptop atau pc.

Anda dapat melakukan pijatan dengan lembut di area sekitar alis selama beberapa detik menggunakan jari telunjuk. Arah pemijatan berasal dari dalam mata menuju luar. Setelahnya, Anda beralih ke area hidung di dekat mata. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah. Pemijatan dapat dilakukan ke arah luar.

Terakhir, Anda dapat menekan secara lembut area bawah mata. Anda cukup melakukan ‘tap-tap’ pada area tersebut.
Selain itu, apabila Anda memiliki rol mata, Anda juga dapat memanfaatkan rol mata tersebut untuk mempermudah pemijatan yang akan Anda lakukan.

7. Gunakan air mawar atau lidah buaya

Cara menghilangkan mata sembab karena menangis selanjutnya dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dijangkau. Umumnya setiap wanita memiliki air mawar yang memiliki beragam manfaat bagi wajah. Salah satunya adalah mengurangi pembengkakan pada mata. Selain itu, apabila Anda memiliki tanaman lidah buaya, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk meredakan mata sembab. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan air mawar atau lidah buaya (dalam bentuk cairan atau gel lebih baik)
  • Tuang air mawar ke dalam kapas
  • Kemudian kompres mata selama 5-7 menit saja
  • Sementara itu, apabila menggunakan lidah buaya, cukup oleskan gel lidah buaya di area bawah mata
  • Sebelumnya pastikan kulit anda tidak sensitif terhadap lidah buaya. Hal ini dikarenakan beberapa pengguna seringkali tidak menyadari bahwa kulitnya sensitif terhadap lidah buaya.

8. Gunakan Make Up

Cara menghilangkan mata sembab karena menangis yang terakhir adalah menggunakan make-up khususnya concealer. Anda dapat memanfaatkan concealer untuk mengurangi pembengkakan pada mata. Cara ini hanya dianjurkan untuk Anda yang sangat terburu-buru untuk pergi atau menghadapi suatu acara setelah menangis.

Nah, di atas adalah beberapa cara menghilangkan mata sembab karena menangis dengan mudah dan cepat. Tentunya menangis adalah hal wajar, tetapi bila Anda mengalami gejala kesedihan secara terus-menerus sehingga menyebabkan Anda menangis dalam jangka waktu lama maka segera periksakan diri ke dokter.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *