5 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis Dengan Mudah

Menangis adalah satu peristiwa alami manusia yang ditandai dengan keluarnya air mata baik sedikit maupun hingga bercucuran. Sekalipun ini hal yang wajar tetapi jika terlalu berlebihan juga bisa membuat mata bengkak yang parah. Untuk mengatasinya diperlukan cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang aman.

Namun sebelum dijelaskan tips yang bisa dilakukan, pembaca harus tahu dulu kalau ada persepsi yang salah terkait dengan menangis ini. Pasalnya ada yang mengatakan kalau menangis karena sedih yang membuat mata bengkak sedangkan menangis karena alasan lainnya tidak akan terjadi pembengkakan.

Menangis Itu Apa Sih?

Secara umum menangis adalah keluarnya air mata yang mengucur dengan deras maupun hanya berupa tetesan saja. Jika menangis karena sedih biasanya disertai dengan isak yang lebih disebabkan oleh suasana hati dan pikiran karena dipaksa berpikir hal yang menyedihkan.

Padahal menangis tidak hanya disebabkan oleh rasa sedih dan bahagia saja. Ada juga menangis yang terjadi akibat mata panas karena keseringan memotong bawang atau karena kelilipan benda asing.

Apapun jenis penyebab keluarnya air mata (menangis) maka potensi mata mengalami inflamasi atau pembengkakan sangat besar. Apalagi jika peristiwa ini terjadi terus menerus. Tidak percaya? silakan kupas bawang berjam-jam dijamin beberapa saat kemudian mata akan memerah dan membengkak.

Bahaya Mata Bengkak karena Menangis

Mata bengkak karena terlalu banyak menangis bisa memicu terjadinya masalah yang fatal. Oleh sebab itu harus dilakukan tindakan pencegahan dan penyembuhan secepatnya agar inflamasi atau peradangan menjadi hilang. Untuk lebih jelasnya berikut bahaya mata bengkak karena banyak menangis:

Membuat Mata Iritasi

Bahaya yang pertama adalah mata akan mengalami iritasi yang parah. Pasalnya jika pembengkakan sedang terjadi kelopak mata akan terbuka lebar. Ini yang berpotensi mata dimasuki zat asing ke dalamnya.

Jika yang masuk adalah sejenis hewan kecil tentu ia akan mengiritasi mata dengan gerakan-gerakan yang intens. Pasalnya hewan ini akan bergerak untuk melepaskan diri dari cairan mata yang menjeratnya.

Bagi mata sendiri akan terlihat memerah dan perih. Rasanya seperti yang sedang kelilipan saja dan jika dikucek tentu masalah pembengkakan akan semakin parah. Bahkan hewan kecil tersebut akan masuk lebih dalam lagi.

Akan Mengganggu Penglihatan

Bahaya mata bengkak sehingga perlu diterapkan cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis adalah karena akan mengganggu penglihatan. Jika mata bengkak tentu yang nyaman adalah saat terpejam karena ini yang bisa meredakan rasa berat bahkan nyeri karenanya.

Jika pun dipaksa untuk membelalak, pandangan terlihat buram karena dipenuhi dengan bias-biar air. Sesungguhnya ini adalah reaksi kimiawi ketika mata sedang terganggu.

Nah bias air inilah yang menghalangi pandangan sehingga suasana sekitar tidak lagi terlihat terang melainkan rabun. Bahkan di beberapa kasus, pandangan juga terlihat ganda.

Memicu Sakit Kepala yang Kronis

Mengapa ketika mata bengkak lebih nyaman saat berbaring dan terpejam, karena sesungguhnya ada hubungan antara mata dengan otak yang jika dalam posisi sejajar akan menumbuhkan relaksasi yang bagus. Jika demikian berarti ada kemungkinan juga, jika mata bengkak maka akan timbul sakit kepala.

Ini juga bahaya yang tidak boleh disepelekan kecuali memang Anda tidak ingin beraktivitas dengan nyaman akibat sakit kepala yang luar biasa. Oleh sebab itu silakan atasi bengkak sekarang juga sebelum ukurannya semakin besar.

Sebab jika kadarnya sudah terlalu besar proses penyembuhan menjadi lebih sulit. Bahkan Anda tidak akan bisa melihat sama sekali karena bola mate terhalangi oleh kelopak mata yang semakin lama semakin naik ke atas.

Terjadi Rasa Gatal Ekstrim di Sekitar Mata

Ada sebagian kasus dimana mata yang bengkak karena terlalu lama menangis juga menimbulkan rasa gatal di sekitar mata. Ini terkadang memicu keinginan untuk menggaruk mata padahal sangat berbahaya apalagi kalau inflamasi ikut tertekan.

Ini yang akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan jika jaringan kelopak mata yang ikut tertekan, potensi merusak sel bawah mata sangat besar. Resikonya adalah Anda akan mengalami gangguan penglihatan yang fatal.

Oleh sebab itu hentikan kebiasaan menggaruk mata yang bengkak sekalipun rasa gatalnya sangat mengganggu. Lebih baik didiamkan sembari mencari teknik pengobatan dan penyembuhan yang lebih aman.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak setelah Menangis

Nah, setelah mengetahui bahaya mata bengkak karena menangis yang sudah dijelaskan di atas sekarang waktunya pembaca mengetahui cara menghilangkannya. Ini dia cara atau tips yang bisa dicoba:

Kompres dengan Air Dingin

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang pertama adalah mengompres dengan menggunakan air dingin. Ini tidak hanya membantu merelaksasi sel tetapi juga menurunkan inflamasi yang membuat pembengkakan semakin menipis.

Selain itu jika mata bengkak disertai dengan rasa nyeri biasanya air dingin bisa sedikit meredakannya. Paling tidak efek kebas dari air dingin membuat rasa nyeri hilang sekalipun beberapa saat kemudian akan muncul kembali.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil maksimal silakan lakukan kompres secara teratur. Minimal tiga kali sehari atau sampai gejala peradangan pada mata mulai berkurang.

Kompres dengan Kantong Teh

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang berikutnya adalah kompres mata bengkak dengan menggunakan kantong teh hijau. Dari beberapa riset dibuktikan kalau teh hijau mengandung senyawa anti inflamasi yang bagus untuk peradangan alias pembengkakan.

Caranya juga cukup mudah. Kantong teh cukup ditempelkan saja pada kelopak mata yang bengkak tiga kali sehari. Lakukan dengan lembut dan pastikan kalau kantong teh tidak panas melainkan hangat-hangat kuku saja.

Oleh sebab itu jika mata bengkak jangan buang kantong teh setelah habis digunakan. Tetapi silakan ambil kembali lalu tempelkan pada kelopak mata. Pastikan Anda melakukannya dengan teratur jika ingin mendapatkan hasil yang manjur.

Gunakan Irisan Mentimun

Tips menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang berikutnya adalah mengompres dengan menggunakan irisan mentimun. Ini cara alami yang aman karena tidak akan menimbulkan efek samping jenis apapun.

Malahan mata terasa sejuk dan dingin karena sudah terjadi relaksasi yang intensif. Jika mata yang bengkak ditempeli irisan mentimun, jaringan yang ada di dalamnya akan menipis sehingga peradangan pun bisa dihilangkan.

Silakan pakai irisan mentimun jika dirasa mata bengkak sudah mengganggu. Jika selama tiga hari pemakaian mata bengkak tetap tidak hilang segera bawa ke dokter. Karena dikhawatirkan ada masalah lain yang mengganggu.

Istirahat yang Cukup

Jika mata bengkak tidak juga hilang coba tingkatkan durasi istirahat Anda. Jika sebelumnya tidak pernah tidur siang coba untuk melakukannya dengan rutin. Begitu juga di malam hari, istirahat harus cukup dan berhentilah bergadang.

Ketika berbaring rasa berat pada mata yang bengkak akan terasa lebih ringan. Bahkan jika seharian Anda menjaga durasi tidur dengan maksimal keesokan harinya mata bengkak akan sedikit berkurang.

Makanya jika mata bengkak ingin segera sembuh pastikan durasi istirahat maksimal. Silakan tidak masuk ke kantor dulu jika kelopak mata yang bengkak berukuran besar dan terasa tidak nyaman.

Cuci Muka dengan Rutin

Cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang terakhir adalah selalu cuci muka dengan rutin. Hawa dingin dari air yang mengaliri kelopak mata akan membuat rasa perih lebih ringan dan lama kelamaan mata yang bengkak juga akan menipis dengan sendirinya.

Namun jangan memasukkan air ke dalam mata secara paksa. Karena itu justru akan membuat rasa perih yang semakin parah. Bahkan mata akan berwarna merah yang akan membuat Anda lebih khawatir karenanya.

Jadi mata bengkak harus diobati dengan cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang aman. Jika tidak, segala macam bahaya bisa mengancam yang salah satunya adalah pandangan ganda.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara menghilangkan tahi lalat

12 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Ampuh, Harus Dicoba!

sumbersehat.com – Cara menghilangkan tahi lalat pasti banyak dicari karena tahi lalat beresiko untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *